Bagaimana Teknik Dasar Fotografi Landscape menggunakan Hp Kamera OPPO? Pelajari Tipsnya disini




Kali ini admin ingin berbagi teknik dasar fotografi landscape yang dapat dipergunakan oleh pengguna Oppo saat menikmati liburan akhir tahun nanti sambil cari tempat yang indah untuk mempraktekkannya dengan menggunakan Hp kamera Oppo. Adapun cara atau teknik yang akan dibeberkan dapat disimak dibawah ini ;


Baca Juga

1. Memaksimalkan Depth of Field ; merupakan sebuah foto yang memiliki rentang jarak untuk menghasilkan variasi ketajaman atau focus yang dihasilkan sebuah foto. Salah satu dari faktor yang mempengaruhi sebuah Depth of Field ialah Aperture dari kamera. Aperture sendiri memiliki peran di dalam proses fotografi, komponennya yang dapat mengatur akomodasi cahaya yang tertangkap oleh sensor kamera serta dapat mengatur focal point/titik fokus yang dapat berpengaruh terhadap Depth of Field di dalam proses pengambilan gambar. Dengan lensa yang besar, maka semakin besar pula akomodasi cahaya yang diterima oleh sensor kamera tersebut. Perlu dicatat bahwa Depth of Field akan semakin besar jika angka/nomor yang tercantum pada setting kamera pun juga besar, misalkan jika kamera dengan aperture f/2.0 Depth of Field nya lebih kecil daripada kamera ber aperture f/2.2



2. Mencari Focal Point atau Titik Fokus ; menjadi hal yang perlu untuk dilakukan saat ingin pengambilan foto pemandangan yang membuatnya tidak hanya bagus, namun juga hidup. Titik fokus ini juga berfungsi untuk mengarahkan setiap orang yang memandangi foto tersebut ingin selalu mengarah ke bagian gambar yang ingin di tonjolkan oleh fotografer. Pemilihan focal point yang tepat dapat menghasilkan gambar yang berkualitas dan selalu enak untuk dilihat, dikarenakan titik fokus itulah yang memang sengaja diincar untuk dijadikan sebagai daya tarik fotografer. Untuk memudahkan seorang fotografer di dalam menentukan dan mencari titik fokus ini, ada yang dikenal dengan nama Rule of Third, jadi hal tersebut merupakan sebuah metode yang dapat membagi sebuah pemandangan yang tertangkap lensa kamera menjadi 3 bagian vertikal dan horizontal. Sebagai contoh misalkan dapat dilihat garis merah pada gambar diatas. Setelahnya dapat ditentukan titik fokus (terdapat 4 titik fokus) sesuai posisi objek dengan mengaturnya secara manual dengan cara menekan layar untuk mengatur fokus manual. Ada juga contoh lain yang ditunjukkan berupa garis kuning pada gambar diatas.


3. Utamakan Objek Daratan ; Yang dimaksudkan ialah agar fotografer dapat memberi ruang terhadap daratan agar tampak pada gambar, setidaknya sepertiga dari porsi gambar yang tertangkap kamera merupakan sebuah daratan, dengan tujuan dapat memberikan efek kedalaman pada hasil foto yang didapat menggunakan hp kamera Oppo.


4. Liat Kondisi Langit Pada Hari Itu ; Sama pentingnya seperti daratan, penampakan langit pada saat pengambilan gambar akan membantu meningkatkan kualitas foto yang diambil. Namun, ada syarat-syarat tertentu untuk menambahkan elemen alam tersebut, jika langit cerah namun terlihat kosong karena tidak ada elemen lain seperti awan, bulan, bintang, petir, dll maka posisikan langit hanya mendapat seperempatnya atau seperlimanya saja.

Baca Juga



Lalu jika langit memiliki elemen yang dapat memberikan efek dramatisir hasil gambar seperti awan, bulan, bintang, atau perpindahan sekumpulan burung, maka posisikan langit mendapatkan porsi gambar sebesar sepertiga atau bahkan setengah dari ruang gambar yang didapat dengan menggunakan hp kamera Oppo.


5. Tambahkan Sebuah Garis ; Terkadang kita pernah mengalami kejenuhan ketika mendapatkan sebuah gambar landscape yang hanya berupa lurus horizontal saja, adakalanya kita ingin mengambil dari sudut pandang yang berbeda, disinilah peran dari ditambahkannya sebuah garis atau line pada suatu karya fotografi. Pastikan kita sudah memperhatikan terhadap garis yang menjadi cakupan gambar yang ditangkap tersebut, seringkali yang dipergunakan untuk mempertegas hasil gambar, bisa juga berfungsi sebagai bingkai foto.


6. Menangkap Momentum Langka ; Mendapatkan gambar yang cukup distraksi bagi para fotografer merupakan tantangan tersendiri, apalagi aperture kamera mereka sebatas yang ada pada perangkat smartphone. Saat sedang mempraktekkan teknik dasar fotografi ini kita sering mempertanyakan dimana letak titik fokus objek yang ditangkap, seperti menangkap momen ketika arus laut yang dapat menimbulkan gelombang yang mendorong air laut ke bibir pantai, atau saat akan menangkap objek pepohonan saat diterpa angin sehingga membuat ranting pohon patah dan dedaunan ikut bergerak searah dengan hembusannya. Sehingga membuat fotografer menjadi bias terhadap foto yang akan diambil, namun hal tersebut malah merupakan suatu momentum tersendiri yang dapat meningkatkan kualitas foto yang dapat memberi kesan yang lebih nyata dan hidup pada foto atau gambar yang diambil.


7. Manfaatkan Waktu Emas ; Teknik Landscape kali ini dengan memanfaatkan waktu emas, yang dimaksudkan disini ialah sama seperti nomor 6 yang melihat kearah momentum juga, seperti saat fajar dan matahari sedang terbit dari ufuk timur, dan memunculkan bentuk warna merah dan mega sehingga dapat memberikan kesan dramatisir pada gambar tersebut. Karakteristik alam yang seperti itu dapat menghidupkan nuansa alam pada gambar yang ditangkap. Nah keberhasilan dari ke tujuh teknik ini tentunya juga tidak terlepas dari kecanggihan fitur kamera Oppo itu sendiri.

Baca Juga

Tutorial teknik dasar fotografi ini dapat diterapkan pada jenis Hp OPPO F1s, OPPO F1 Plus FCB Edition, Oppo F1 Plus, Oppo F1, Oppo R7s, Oppo Neo 7, Oppo R7 Lite, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo R7, Oppo Neo 5, Oppo Joy Plus, Oppo R1x, Oppo U3, OPPO Mirror 3, Oppo N3, Oppo R1S, Oppo R5, Oppo N1 mini, Oppo Find 7, Oppo Find 7a, Oppo Joy R1001, Oppo YoYo R2001, Oppo Neo 3 R831K, Oppo R1 R829T, Oppo N1, Oppo Find Way S, Oppo Find 5 Mini R827, Oppo Find Way U7015, Oppo Find Piano R8113, Oppo Find 5, Oppo Find 5 Midnight, Oppo Find Muse R821, Oppo Find Mirror R819, dan Oppo Find Clover R815.

Demikian, semoga bermanfaat!