Gunakan Cara Ini agar Baterai Smartphone OPPO kamu Semakin Awet dan Tahan Lama!




Oke, di kesempatan artikel kali ini, admin akan membagi cara agar baterai smartphone Oppo kamu dapat semakin awet dan tahan lama. Terkadang pengguna Oppo dihadapi dengan kendala bertemu dengan baterai kw pada saat pertama kali membeli baterai baru. Baterai pada Hp umumnya yang dapat kita temukan di pasaran ialah baterai kw, bermerk dan satunya lagi yang original punya.

Baca Juga

Sangat tidak disarankan bagi pengguna Oppo untuk tidak membeli baterai kw karena ketiga jenis baterai ini umumnya kapasitasnya jauh dibawah baterai original bawaan dan terkadang tidak disertai ic protector. Baterai yang paling bagus adalah baterai original. Akan tetapi, baterai original Oppo saat ini sangat susah untuk didapatkan dan mahal harganya. Hati-hati dengan penjual di counter-counter hape, toko aksesoris hape maupun toko online yang menawarkan baterai original ke Anda.


Ada banyak counter hape, toko aksesoris hape maupun toko online yang menjual baterai kw yang diberi label oleh mereka sebagai baterai Oppo original demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dan ada sebagian lagi menjual baterai original second atau telah terpakai lama yang kapasitasnya tentu telah berkurang banyak, sehingga dayanya sudah berkurang banyak bila dibandingkan dengan baterai baru original Oppo. Apabila Anda ingin membeli baterai Oppo original, admin menyarankan Anda untuk membeli secara langsung di Service Center Resmi Oppo di kota Anda.

Apabila Anda kesusahan mendapatkan baterai original di kota anda, Admin menyarankan Anda untuk membeli baterai bermerk saja sebagai pilihan alternatif kedua. Baterai Oppo bermerk lebih terjamin kualitasnya bila dibandingkan dengan baterai kw maupun original second. Bahkan ada sebagian merk yang kapasitas baterainya jauh lebih besar dibandingkan baterai Oppo original bawaan sehingga lebih tahan lama bila dibandingkan dengan baterai original bawaan. Bagaimanapun sang pemilik merk baterai berkualitas akan menjaga nama dan kualitas baterai mereka.


Banyaknya merk hp yang beredar di pasaran membuat pelanggan bingung memilih manakah merk yang benar-benar berkualitas. Disini admin memberikan tips & trik dalam memilih baterai Oppo yang benar-benar berkualitas.

1. Utamakan untuk membeli baterai dengan merk besar, ternama dan sudah dikenal dalam waktu minimal 5tahun ke atas. Pemilik merk besar akan menjaga nama baik dan kualitas produk mereka. Tidak disarankan membeli baterai dengan merk yang belum terkenal, karena banyak ditemukan baterai seperti itu dengan kualitas yang sangat jelek dengan kapasitas yang sangat rendah dan tidak disertai ic protector yang dapat membahayakan ponsel.

2. Harga menentukan kualitas. Harga merk baterai berkualitas selalu lebih mahal daripada merk baterai berkualitas jelek.

3. Jangan memilih baterai dengan label kapasitas yang jauh lebih besar daripada baterai original bawaan. Banyak sekali beredar baterai dengan ukuran yang sama dengan baterai original bawaan, akan tetapi di labelnya kita menemukan kapasitas baterai yang jauh lebih tinggi dari label baterai original. Importir baterai tersebut sengaja mencetak label dengan kapasitas yang tinggi dengan tujuan untuk memikat pembeli dengan iming-iming baterai mereka berkapasitas yang tinggi dan akan lebih tahan dari baterai original, sedangkan kenyataannya baterai tersebut biasanya berkapasitas di bawah baterai original. Beberapa merk baterai yang dengan sembarangan mencantumkan kapasitas baterai yang jauh lebih besar, dipastikan tidak melewati uji standarisasi baterai. Hati-hati dengan bahaya kerusakan yang bisa ditimbulkan baterai yang tidak berstandar, yang dapat mengganggu penggunaan smartphone Oppo Anda, bahkan yang lebih parahnya lagi bisa meledak. Mari kita menggunakan baterai bermerk yang aman dengan kapasitas sebenarnya.



4. Pilihlah merk baterai yang banyak mendapatkan testimoni dari pengguna, liat profil penjualnya.

5. Pilihlah merk baterai yang berani memberikan garansi. Garansi yang dimaksud disini bukan cuma jangka waktu garansi, melainkan sistem garansi. Artinya apabila baterai yang kita beli tidak tahan, akankah kita dipersulit untuk mengganti ataupun mengembalikan baterai yang kita beli.




Baca Juga

Setelah kita mengulas sedikit mengenai tips & trik dalam memilih baterai yang benar-benar berkualitas. Berikutnya Cara untuk mengkalibrasi baterainya disini ada dua, dengan atau tanpa menggunakan aplikasi. Simak ulasannya dibawah ini!

Cara Pertama ; dengan Menggunakan Bantuan Aplikasi.
Pertama, install terlebih dahulu aplikasi yang bernama Battery Dr Saver yang dapat anda download di Google Play Store.
Kedua, Setelah proses instalasi berlangsung, cas hp smartphone Oppo kamu hingga mencapai 100 %
Ketiga, Jangan dicabut dulu Hp Oppo kamu hingga prosesnya selesai. Lalu akan muncul notifikasi. Lakukan hal ini sebanyak 6-10 hari kedepan, jika dirasa mencukupi, maka cara ini dapat dilakukan satu sebulan.

Cara Kedua ; dengan Tanpa Bantuan Aplikasi
Pertama, habiskan kapasitas daya baterai smartphone Oppo kamu hingga tersisa kira-kira 1 %
Kedua, Matikan terlebih dahulu HP nya, lalu lakukan pengecasan hingga penuh. Lakukan pengecasan pada malam hari, selama 3-5 hari kedepan.
Ketiga, Cara pengecekan baterai apakah telah terkalibrasi ialah dengan cara pada saat baterai dalam keadaan penuh, lalu cabut dan tancapkan lagi. Jika muncul notifikasi charging dan bukan notifikasi baterai full, maka baterai tersebut belum terkalibrasi dengan baik.
Keempat, Jika belum terkalibrasi dengan baik, disarankan untuk mencobanya lagi hingga 6-10 hari kedepan.

Sebagai catatan, bahwa tutorial ini berlaku untuk semua jenis Hp OPPO F1s, OPPO F1 Plus FCB Edition, Oppo F1 Plus, Oppo F1, Oppo R7s, Oppo Neo 7, Oppo R7 Lite, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo R7, Oppo Neo 5, Oppo Joy Plus, Oppo R1x, Oppo U3, OPPO Mirror 3, Oppo N3, Oppo R1S, Oppo R5, Oppo N1 mini, Oppo Find 7, Oppo Find 7a, Oppo Joy R1001, Oppo YoYo R2001, Oppo Neo 3 R831K, Oppo R1 R829T, Oppo N1, Oppo Find Way S, Oppo Find 5 Mini R827, Oppo Find Way U7015, Oppo Find Piano R8113, Oppo Find 5, Oppo Find 5 Midnight, Oppo Find Muse R821, Oppo Find Mirror R819, dan Oppo Find Clover R815.

Demikian, semoga bermanfaat!