Sering mengalami Hang/Lag/Lemot di Hp Android OPPO kamu? Atasi dengan Cara Ampuh Berikut Ini




Saat pertama kali memilih smartphone android OPPO sebagai gadgetnya, pastinya pengguna menginginkan fitur hp yang baik dan prima, mulai dari performa RAM, Processor, Memori Internal, dan Responsivitas Smartphone tersebut. Akan tetapi, setelah beberapa lama pemakaian muncullah kendala seperti sering error, lag, hang, atau bahkan restart sendiri. Terutama bagi ponsel Oppo yang memiliki spesifikasi yang kurang mumpuni, ditambah lagi kapasitas baterainya yang kecil. Lalu apa sih penyebabnya? Ada banyak yakni;



1. Pengguna terlalu banyak menginstal aplikasi yang dirasa kurang diperlukan dan jarang dipakai.



2. Kapasitas memori internalnya sudah penuh, sehingga pengguna Oppo harus rajin-rajin membersihkan cache sesaat setelah membuka browser, setelah bermain game, membuka aplikasi, dan sebagainya. Dikarenakan cache dapat menyebabkan ruang di memori menumpuk, serta file-file yang sifatnya junk lainnya. Rajin-rajinlah untuk menghapus cache serta cookies di Hp Oppo anda dengan mengikuti caranya disini. Anda pun dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk membantu melakukan perawatan pada Hp Oppo anda secara rutin dan berkala, aplikasi tersebut dapat anda download disini.

Baca Juga



3. Memori RAM yang sudah penuh, cara mengatasinya dengan memperbarui dan merefresh status RAM di Android Oppo anda sehingga kemampuan RAM dapat meningkat, ikuti tutorialnya disini.

4. ROM yang ada di dalam devicemu tidak stabil, terdapat Bug. Oleh karena itu, ganti saja dengan ROM yang baru, atau Downgrade saja ROM Oppo yang lama, jika dirasa masih terlalu berat dan lemot. Gunakan ROM yang cocok dan dapat menstabilkan ponsel Oppo anda.

5. Demikian, tutorial singkat mengenai cara mengatasi hang/lag/lemot di Hp Android Oppo, semoga bermanfaat!