Mari Menganalisa Kerusakan pada Speaker Ponsel OPPO Mirror 5 A51W




Di kesempatan kali ini, kita akan membagi tentang bagaimana cara untuk menganalisa kerusakan speaker atau buzzer di ponsel Oppo Mirror 5 A51W, namun sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu istilah speaker, buzzer, earphone dan mic. Berikut Penjelasannya ; Speaker merupakan output suara di nada dering, media musik dan suara yang ada pada percakapan telepon pada saat diaktifkan loud speakernya. Sedangkan Ear Piece merupakan output suara yang diterima pada saat sedang melakukan panggilan telepon atau percakapan. Saat ini kita sedang ada garapan servis ponsel Oppo Mirror 5 A15W dengan kasus suara pada speaker/buzzer tidak keluar, sementara itu suara pada ear piece, mic saat menggunakan headset normal. Untuk analisa awal coba di cek komponen speaker atau buzzer dengan menggunakan multitester. Setting multitester pada skala X1 lalu hubungkan probe multitester yang (-) ke satu pad speaker dan yang (+) ke pada speaker satunya lagi.

Baca Juga


Jika speaker/buzzer mengeluarkan suara kresek-kresek hal tsb berarti masih dalam kondisi baik, namun jika tidak mengeluarkan suara berarti sudah dapat dipastikan speaker/buzzer sedang mengalami kerusakan. Di dalam kasus ini, speaker/buzzer masih dalam kondisi baik. Dikarenakan speaker dipastikan masih baik, maka analisa berikutnya dengan mengukur jalur speakernya, pad interface di jalur speaker terletak di bagian flexyble bagian bawah, setelah diukur ternyata jalurnya juga bagus dan tidak ada yang putus. Di dalam skematik yang terlihat bahwa pada ponsel ini terdapat audio codecnya yang dapat diatur secara langsung oleh IC Power PM8916 Kode Komponen U2101 di dalam skematik.



Namun di dalam speker, selain diatur oleh IC power, dia pun melewati komponen IC PA Speaker untuk memboosting IC YDA 145 dengan kode komponen U3202 dalam skematik, dikarenakan pada pengecekan dan analisa sebelumnya dapat dipastikan suara lain selain speaker baik, kemudian jalur dan speakernya juga harus dalam kondisi bagus maka analisa akan lebih mengerucut pada IC YDA145, dikarenakan Codec nya bermasalah biasanya yang kena imbas rusak bukan hanya pada speakernya saja, namun bisa jadi mic, ear piece dan bahkan suara yang ada di dalam headset juga bermasalah. Dan ternyata benar, pada saat IC YDA145 dilihat secara fisik ternyata nampak terjadi keretakan pada pin jalur enablenya maka IC YDA145 tidak dapat berfungsi kembali. Kebetulan saja setelah dilakukan pengecekan stok sparepart, IC nya tidak ada karena stoknya habis. Kebetulan juga ada mesin R813k sedang rusak, dan dapat dilihat dalam skema ponsel itu pun menggunakan komponen YDA145 juga, Akhirnya IC nya menggunakan mesin R813k, setelah terpasang dan ditest untuk memainkan musik, pengaturan volume, nada dering, system, dan media lainnya telah kembali normal. Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk menganalisa secara mendalam dalam hal penanganan sebuah kasus, dikarenakan gejala kerusakan yang sama mungkin saja penanganannya akan berbeda. Demikianlah analisa singkat ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat mengembangkan skill dan pengalaman servis ponsel anda.