Hindari Penipuan dengan Mengetahui Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu Berikut Ini!




Dengan banyaknya beredar produk smartphone Oppo dari berbagai vendor, anda wajib harus mengetahui hal-hal apa saja yang harus anda cek untuk mengetahui apakah Oppo tsb asli atau palsu. Produk oppo yang dapat anda lakukan pengecekan dengan menggunakan cara ini yakni Oppo F5, Oppo F5 Plus, Oppo F5 Youth, Oppo F3, Oppo F3 Plus, Oppo F3s, OPPO F1s, OPPO F1 Plus FCB Edition, Oppo F1 Plus, Oppo F1, Oppo R7s, Oppo Neo 7, Oppo R7 Lite, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo R7, Oppo Neo 5, Oppo Joy Plus, Oppo R1x, Oppo U3, OPPO Mirror 3, Oppo N3, Oppo R1S, Oppo R5, Oppo N1 mini, Oppo Find 7, Oppo Find 7a, Oppo Joy R1001, Oppo YoYo R2001, Oppo Neo 3 R831K, Oppo R1 R829T, Oppo N1, Oppo Find Way S, Oppo Find 5 Mini R827, Oppo Find Way U7015, Oppo Find Piano R8113, Oppo Find 5, Oppo Find 5 Midnight, Oppo Find Muse R821, Oppo Find Mirror R819, dan Oppo Find Clover R815.

Baca Juga


Memang sebagai pengguna Oppo, anda harus jeli melihat kemungkinan akan adanya produk oppo palsu yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Dengan mengetahui cara cek Hp Oppo asli atau palsu berikut ini anda dapat terhindar dari penipuan dan tidak menjadi sebuah penyesalan jika salah membeli produk Hp oppo. Baiklah berikut ini kita bagikan cara cek keaslian Hp Oppo ;

1. Sebelum memutuskan untuk membeli Hp Oppo pastikan anda membaca spesifikasi Hp Oppo tersebut, ini merupakan salah satu cara cek Hp Oppo apakah asli atau palsu. Membaca secara rinci spesifikasi dari smartphone Oppo yang akan anda beli, sebaiknya di cek jaringan internetnya, jika di spesifikasi Oppo asli memiliki jaringan 4G namun disaat anda membelinya hanya terdapat jaringan 3G saja, anda sudah sepatutnya harus curiga dikarenakan spek produk tidak sesuai dan sudah pasti itu palsu.

Selain jaringan 4G, spek processor yang digunakan juga harus dapat dijadikan acuan, RAM dan ROM juga patut dipertimbangkan, apabila produk Oppo asli terdapat RAM 2 GB, namun bila produk oppo palsu hanya menggunakan RAM 1 GB bahkan ada yang 512 MB, hal tsb dikarenakan untuk mengurangi kapasitas RAM sehingga mereka dapat menjual produk lebih murah dan mendapatkan banyak keuntungan. Tidak hanya itu saja, dari segi kualitas kamera utama dan kamera depan pun harus diperhatikan fitur-fitur yang didukungnya. Biasanya kamera pada produk oppo palsu lebih buram dan tampak pula noise. Berikutnya berat dari Hp Oppo itu sendiri perlu dicek, bahan layar yang digunakan, keberadaan fitur Wifi dan Hotspot serta Bluetooth hingga baterai harus perlu dicek dengan baik agar barang tersebut sesuai dengan spesifikasi yang anda baca di kotak Hp atau media terpercaya lain mengenai Hp Oppo tersebut.

2. Kerapatan pixel pada bentang layar Hp Oppo menentukan tingkat ketajaman serta kejernihannya. Umumnya produk Oppo palsu memiliki kerapatan pixel yang rendah sehingga layar terlihat buram saat mengambil foto atau sedang memutar video. Jika anda pengguna Oppo, anda patut berhati-hati jika akan memilih Hp Oppo untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari. Karena bila kualitas layarnya saja tidak layak, anda pasti akan menyesal dikarenakan objek foto yang anda ambil dengan menggunakan Hp Oppo anda akan selalu tampak buram dan tidak jernih.

3. Kemudian cara cek Oppo asli atau palsu dapat melakukan perbandingan performa perangkatnya antara yang asli dengan yang palsu untuk memastikan bahwa yang asli harus tetap menjadi pemenangnya. Oppo palsu pasti memiliki akses dan pengoperasian perangkat lebih lambat dan tentunya membutuhkan banyak kesabaran bagi anda. Pengurangan kapasitas RAM yang didapat dari dalam Oppo supercopy atau palsu terlalu kecil. Hal ini tentu untuk memotong harga jual agar menjadi lebih murah. Jika produk oppo tsb asli menggunakan RAM 2 GB, biasanya Oppo tiruan akan menggunakan RAM sebesar 512 atau paling besar 1GB. Sehingga saat anda menggunakan metode multitasking, menjadi lebih lambat dari biasanya.

4. Fitur NFC dapat dijadikan bahan penilaian untuk mengecek keaslian produk Oppo. Jika smartphone Oppo yang anda beli memiliki spek berupa NFC, maka saat anda melepas baterai dari perangkatnya maka akan nampak barirs NFC Connectornya berupa seperti jalur timah kuning. Adapun ciri khas produk Oppo palsu, NFC Connectornya akan terlihat jelas, untuk memperlihatkan kepada penggunanya saja bahwa ada fitur NFC di dalamnya meskipun hanya hiasan belaka, sedangkan ciri khas produk Oppo asli, NFC akan terlihat sedikit saja dan terkesan terlindungi.

5. Cara cek oppo asli atau palsu lainnya dapat dilihat dari bentuk, desain serta warna. Biasanya, setiap vendor Oppo selalu memliki ciri khas produk yang telah diproduksinya, meskipun warna body produk oppo supercopy terlihat sama dengan yang asli, namun jika dilihat dari bentuk, desain, warna perangkat asli dan palsu sudah tentu pasti berbeda. Apalagi berat perangkat pasti kebanyakan tidak sama saat ditimbang. Jika berat smartphone Oppo anda sebesar 133 gram, bisa jadi berat Oppo palsu dapat mencapai 140 gram, dalam hal melakukan pengecekan berat suatu smartphone Oppo tentu membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi sehingga pasti akan mengeluarkan biaya yang banyak. Para vendor pembuat oppo palsu pasti tidak akan mau menghabiskan banyak dana hanya untuk melakukan pengecekan berat perangkat Oppo saja.

Selain berat, ukuran layar, serta detail warna dari perangkat dapat juga dijadikan acuan untuk mengetahui apakah smartphone Oppo tersebut hanya supercopy/replika atau ori. Ciri khas dari smartphone Oppo yang asli sudah tentu pasti memiliki layar dengan bahan yang berkualitas tingkat internasional.



6. Melihat keberadaan aplikasi benchmark dapat dijadikan acuan untuk cek oppo asli atau palsu, karena manfaat aplikasi benchmark ini dapat mengetahui secara detail software dan hardware apa saja yang digunakan perangkat oppo agar lebih dapat dipercayai informasi mengenai perangkat oppo mana yang ingin diketahui statusnya. Melalui aplikasi benchmark ini, anda juga dapat mengetahui performa dan kecepatan dari smartphone oppo yang sedang anda gunakan.

7. Cara cek oppo asli atau palsu lainnya dapat melalui data exif foto yang diambil melalui kamera yang terdapat di perangkat oppo anda, dari sana dapat diketahui secara jelas mana smartphone oppo asli mana yang palsu. Untuk tata cara penggunaan exif foto oppo ini dengan menggunakan kamera di perangkat oppo anda saat sedang memotret suatu objek foto, saat setelah mengecek hasilnya melalui galeri secara seketika dapat langsung dipindahkan ke PC, dibagian properties akan terlihat data exif foto secara lengkap. RInciannya dapat terlihat jelas mengenai hasil jepretan dari perangkat oppo tersebut.

8. Cara lain yang dapat digunakan untuk cek keaslian oppo adalah dengan melihat dari segi kualitas dan harganya. Spesifikasi dan harga oppo terbaru yang anda beli harus sesuai. Jika anda bandingkan dengan produk oppo original, maka spesifikasi dan kualitas dari barang palsu tidak dapat menyamainya. Selain itu pula, produk yang memiliki nilai jual tinggi pasti memiliki kualitas yang baik pula. Begitupun produk oppo asli yang rata-rata dipasarkan dengan harga mahal, seperti kata pepatah harga menentukan kualitas.

9. Cara cek produk oppo asli atau palsu berikutnya dapat dengan melakukan pengecekan kartu garansi oppo. Memang saat ini untuk membuat kartu garansi palsu sangatlah gampang, namun tidak semua perangkat oppo memiliki kartu garansi palsu. Cara ini cukup efektif jika pengecekan dilakukan secara intensif dan tersistematik.

10. Berikutnya untuk cek keaslian oppo dengan mengetahui IMEI produk oppo yang anda miliki, cara cek kode IME oppo sangatlah mudah dengan cara menekan *#06# maka akan muncul kode unik beberapa digit yang mana hanya dimiliki oleh smartphone anda saja. Kode IMEI yang muncul dilayar, dapat anda cocokan dengan kode IMEI yang terdapat di kardus/box pembelian. Anda dapat langsung cek ke website resmi oppo untuk mencari tahu apakah produk smartphone oppo anda benar-benar asli/original atau hanya replika/supercopy saja.

Baca Juga


Demikian cara cek oppo asli atau palsu diatas, cara ini agar dapat juga digunakan untuk mencegah anda dari kasus penipuan saat sebelum membeli semua produk smartphone oppo.  Semoga bermanfaat! Selamat mencoba!