Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di OPPO Neo 3




Oppotutorial.com - Munculnya notifikasi Aplikasi telah berhenti atau Unfortunatelly, App Has Stopped di Hp Oppo Neo 3 seringkali muncul apalagi bila masa pemakaian Ponsel tsb. sudah terlampau lama, dengan spesifikasi dan performa hardware yang terbilang cukup minim jika dibandingkan dengan Ponsel keluaran Oppo lainnya. Munculnya notif ini pada layar Hp Oppo Neo 3 membuat aplikasi yang anda buka tiba-tiba tertutup sendiri (force close).

Baca Juga :
Aplikasi Telah Berhenti di OPPO Neo 3


Masalah yang Sering Muncul di OPPO Neo 3

Kemudian, selain notif tsb. anda juga pastinya akan melihat berbagai notif lain yang akan anda saksikan padalayar Ponsel Oppo Neo 3 seperti Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti ; Unfortunatelly, App Has Stopped ; Sayangnya, Facebook Telah Berhenti ; Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti ; Sayangnya, Proses com.android.systemui Telah Berhenti ; Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti Dan masih banyak lagi lainnya.


Penyebab Aplikasi Telah Berhenti di OPPO Neo 3

Rata-rata munculnya notif error sebagaimana yang disebutkan diatas, dikarenakan masa pemakaian Ponsel yang terlampau lama (Akhirnya Ponsel Oppo Neo 3 tergolong jadul), Sistem Operasi Android yang tidak Kompatibel, Aplikasi yang terinstal belum diupdate, File Cache yang Menumpuk, serta Memori pada RAM yang sudah kepenuhan. Oleh karena itu, anda perlu melakukan salah satu atau beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi hal tsb. diatas ;


Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di OPPO Neo 3

1) Hapus File Cache (File Sementara) yang biasanya digunakan untuk menyimpan data pada aplikasi yang sedang anda buka. Seperti contoh, bila anda sedang membuka aplikasi Youtube pertama kali, mungkin akan terasa lama. Namun, disaat anda akan membuka untuk yang kedua dan yang ketiga kalinya maka akan terasa lebih cepat. nah itulah yang dimaksud dengan File Cache!

Namun, bila anda membiarkan file cache dari sebuah aplikasi ini terus-menerus anda simpan, maka ianya akan terus menumpuk dan seringkali menjadi penyebab munculnya notifikasi error sebagaimana disebutkan diatas. Adapun cara untuk membersihkan file cache tsb. bisa anda coba dengan menggunakan aplikasi Ccleaner, Files Go, atau Clean Master. Terserah anda mau pilih yang mana. Semua aplikasi tsb. bagus dan recomended untuk menghapus semua file cache yang ada sehingga memori anda menjadi agak lega!

Namun, bila anda tidak menginginkan aplikasi tersebut untuk anda instal dan kemudian anda gunakan di Ponsel Oppo Neo 3 anda. Anda bisa menggunakan fitur bawaan Oppo Neo 3 saja untuk menghapus file cache dari suatu aplikasi tersebut melalui ; Menu Pengaturan, Pilih Aplikasi yang ingin anda hapus file cachenya, dan selanjutnya pilih Clear Cache.


2) Hapus Data Aplikasi yang sering anda gunakan. Cara ini mirip dengan cara menghapus file cache, namun tetap beda. Data aplikasi ini contohnya, bila anda sedang membuka aplikasi Gmail pada Ponsel Oppo Neo 3, lalu anda log in ke dalamnya menggunakan Username dan Password anda, kemudian anda berhasil masuk ke dalamnya. Lalu anda tutup kembali tanpa log out aplikasi Gmail tsb. Jika suatu saat anda ingin membukanya kembali, anda tinggal membuka aplikasi Gmail tadi, dan anda sudah otomatis log in ke dalam akun Gmail tsb. itulah data aplikasi!

Cara menghapus data ini sama halnya bila anda membuka aplikasi tsb pertama kali setelah diinstal. Adapun cara untuk melakukan hal ini yakni dengan masuk ke Menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi dan Cari salah satu aplikasi yang akan anda hapus datanya. Berikutnya pilih Clear Data.


3) Restart Ponsel Oppo Neo 3 anda dengan Paksa bila anda bertemu notif error yang disebutkan diatas (force close) dan kedua cara diatas belum ampuh juga untuk mengatasi permasalahan sering muncul notifikasi Aplikasi yang Berhenti pada layar Ponsel Oppo Neo 3.







4) Bersihkan Memori RAM Ponsel Oppo Neo 3 anda, mengingat RAM Ponsel Oppo Neo 3 hanya sebesar 512 MB maka anda harus rajin-rajin melakukan hal ini. Bila memori RAM yang kepenuhan bisa membuat aplikasi baru lainnya akan kesulitan untuk masuk, serta bila telah anda bersihkan sudah pasti Memori RAM Ponsel Oppo Neo 3 anda akan menjadi lega dan notifikasi error diatas akan berkurang kemunculannya.

Adapun cara membersihkan memor RAM pada Ponsel Oppo Neo 3 yang sudah menumpuk ialah dengan cara menekan dan menahan tombol menu atau tombol home beberapa saat. Nantinya anda akan melihat kemunculan daftar aplikasi yang sudah pernah anda buka sebelumnya dan sedang berjalan. Setelah itu, anda bisa menekan tombol X atau tanda X yang berada pada bagian bawah layar, lalu dengan begitu semua tampilan daftar aplikasi yang sedang berjalan tsb akan hilang satu persatu hingga habis sama sekali.


5) Matikan Aplikasi yang Sedang Berjalan di Latar Belakang Ponsel Oppo Neo 3 secara Paksa. Hal ini tentu akan menjadi munculnya masalah diatas terlebih lagi mengingat RAM Ponsel Oppo Neo 3 anda dibawah 1 GB. Adapun cara untuk melakukan hal ini, anda masuk ke Menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi. Pilih Tab Running. Nanti anda akan melihat kemunculan daftar aplikasi yang sedang berjalan di Latar Belakang, dan anda bisa memilih salah satu aplikasi yang tidak anda gunakan dengan menekan tombol Stop atau Berhenti Paksa. Namun, jangan sampai anda memberhentikan Aplikasi Sistem karena akan membuat muncul masalah baru lagi selain yang diatas.



6) Lakukan Update Aplikasi dalam Jangka Waktu Tertentu terhadap Aplikasi yang Terinstal guna Memperbaiki Bug dan Menstabilkan Aplikasi agar Performanya semakin Lancar dan Tidak Lemot. Dengan melakukan update terbaru dari aplikasi tersebut, anda bisa mendapatkan fitur terbaru pula dari aplikasi yang dimaksud.

7) Segera Upgrade OS Android Ponsel Oppo Neo 3 anda agar aplikasi yang berhenti pada Ponsel Oppo Neo 3 bisa dijalankan atau kompatibel di Ponsel Oppo Neo 3. Biasanya pihak Oppo akan memberikan link untuk melakukan Update OS secara berkala.

8) Lakukan Flash menggunakan Custom ROM terbaik dari Resurrection Remix OS, Lineage OS, Copperhead OS, dan AOKP. Tinggal anda pilih salah satu mana yang kompatibel dengan Ponsel Oppo Neo 3 anda.

9) Melakukan Factory Reset pada Ponsel Oppo Neo 3, namun sebelum itu anda bisa membackup data yang ada di dalam Memori Internal anda agar tidak hilang saat setelah Hard Reset dilakukan.

Baca Juga :



Sekian Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di OPPO Neo 3. Semoga Bermanfaat!