Lakukan Hal Ini Bila HP OPPO Anda Tidak Memiliki Jaringan atau Sinyal Tidak Bagus




Cara Memperbaiki Jaringan dan Sinyal Tidak Bagus di HP OPPO 

Baca Juga


Cara ini juga berlaku untuk semua Ponsel OPPO termasuk oppo a37, oppo f1s, oppo f1, oppo joy, oppo a3s, oppo neo 7, oppo a71, oppo f3, oppo f7, oppo neo 3, a57 oppo, oppo a83, oppo f9, oppo r1001, oppo a39, oppo f1 plus, oppo a37f, oppo joy 3, oppo f1s harga, hp oppo a37, oppo r7, oppo r831k, oppo v5, dan oppo r5.

Penyebab tidak ada layanan, sinyal tidak bagus dan sinyal tidak stabil pada Ponsel Oppo dikarenakan oleh pengaturan ponsel, lokasi, kartu SIM, versi ColorOS, ponsel perangkat lunak yang belum diperbarui dan penyedia jaringan Anda belum tersedia. Untuk itu silahkan ikuti langkah-langkah untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut:

Bila ponsel Oppo saat ini menunjukkan ada Layanan atau Pencarian, Anda tidak bisa Terkoneksi ke jaringan data seluler. Tapi bisa melalui jaringan Wi-Fi yang tersedia untuk memulai koneksi jaringan.

Periksa lokasi Anda Saat Ini

Pastikan bahwa Anda berada di area yang berada dalam jangkauan jaringan operator kepunyaan anda, jika jaringan dan komunikasi tidak menerima sinyal ponsel Oppo Anda akan terpengaruh atau terganggu. Jika Anda bepergian secara internasional, pastikan bahwa Anda telah membeli roaming dan memungkinkan  Data seluler dan roaming pada ponsel Anda.

Lepaskan Case Ponsel Oppo 

lalu kemudian hapus kasus pelindung pihak ketiga ponsel Oppo Anda jika ada satu, untuk kekuatan yang mempengaruhi penerimaan sinyal.

Periksa Pengaturan Ponsel 

  1. Pergi ke Menu Pengaturan, pilih opsi SIM Ganda dan Data Selular atau SIM Ganda & Seluler, berikutnya periksa apakah kartu SIM Anda sudah aktif.
  2. Untuk menghindari jenis jaringan yang dipilih tidak tercakup secara lokal, Masuk ke Menu Pengaturan lalu pilih SIM Ganda dan Data Seluler atau SIM Ganda & Seluler, lalu kemudian sesuaikan jenis jaringan pilihan untuk 4G LTE / 3G / 2G (Auto).
  3. Bila telah tersambung ke VPN, maka lepaskan dan,
  4. Masuk ke Menu Pengaturan, pilih opsi SIM Ganda dan Data Selular atau SIM Ganda & Seluler, dan berikutnya pilih info kartu SIM, dan Nama jalur akses, lalu reset APN ke pengaturan default.






Masukkan kembali kartu SIM

Keluarkan kartu SIM anda dan periksa kembali jika kartu SIM anda sudah rusak, bersihkan chip dan tempatkan kartu kembali, atau cobalah kartu SIM lain di ponsel Oppo Anda untuk melihat apakah masih ada kendala.
  1. Ponsel Oppo anda gagal bila anda mendapatkan jaringan dan sinyal komunikasi jika kartu SIM menjadi karat, haus atau rusak, Anda perlu untuk mendapatkan kartu SIM baru dari operator.
  2. Jika Anda tidak bisa mendapatkan jaringan 4G di ponsel Anda, periksa kartu SIM Anda apakah sudah mendukung jaringan tersebut atau belum.


Mengulang kembali ponsel Anda

  1. Aktifkan Mode Pesawat, dan Tunggu sekitar 8 detik, kemudian matikan, lalu biarkan telepon Anda mendapatkan jaringan dan komunikasi sinyal secara otomatis.
  2. Hidupkan ulang atau paksa restart ponsel OPPO Anda.


Mendeteksi dan memperbarui versi ColorOS

Masuk ke Menu Pengaturan, ketuk update System, maka nanti Ponsel Oppo anda akan mendeteksi dan memperbarui ponsel ke versi perangkat lunak terbaru.

Atur ulang ponsel OPPO Anda ke pengaturan pabrik

Cadangan  dan transfer data pada ponsel Anda terlebih dahulu,kemudian pergi ke  Menu Pengaturan, lalu pilih Pengaturan tambahan, kembali kepengaturan pabrik untuk Reset data pabrik, Kembalikan ponsel OPPO Anda ke pengaturan pabrik.

Hubungi operator kartu SIM

Untuk memeriksa apakah penyebab putusnya jaringan mungkin saja disebabkan oleh masalah operator, segera hubungi operator kartu SIM anda:
  1. Verifikasi akun Anda untuk mengetahui keaktifannya, lalu apakah performa masih baik dan tidak memiliki batas
  2. Pastikan tidak ada kegagalan jaringan sementara dan pemadaman di daerah Anda.
  3. Pastikan jaringan dan komunikasi layanan operator tidak dalam keadaan sibuk.
  4. Di area jangkauan jaringan, beberapa kota tidak mendukung jaringan 4G, sementara beberapa kota lainnya seperti Singapura dan Taiwan tidak mendukung jaringan 2G karena layanan ini telah dihentikan.

Baca Juga