Cara Instal Custom Recovery di HP OPPO A3s




Oppotutorial.com - Custom Recovery merupakan pihak ketiga untuk pemulihan sistem, melakukan flashing terhadap custom recovery ke perangkat anda dapat mengubahnya menjadi sistem bawaan. Stock recovery yang ada sebagai pihak ketiga ini bisa anda kustomisasi yang digunakan untuk pemulihan. Tidak seperti Flashing Custom ROM terhadap Cyanogen Mod, Custom Recovery ini akan mengganti atau mengalihkan sistem operasi perangkat Oppo A3s anda.


Custom Recovery akan melakukan hal yang sama seperti Stock ROM. Bagaimanapun juga akan terdapat fitur tambahan, Custom Recovery memiliki kemampuan untuk membuat dan mengembalikan backup data yang ada di dalam perangkat. Custom Recovery juga membuat anda untuk bisa menginstal Custom ROMs. CWM Recovery menyediakan aplikasi ROM Manager yang bisa mengakses banyak fitur dari sistem android yang sedang berjalan. Aplikasi ini memerlukan suatu pemulihan khusus agar dapat diinstal dan berfungsi dengan baik.


Meskipun mungkin nanti akan ada beberapa pemulihan khusus yang tersedia untuk sebagian besar perangkat android, namun yang paling populer saat ini ialah ClockworkMod Recovery (CWM Recovery) yang umumnya diinstal melalui ROM Manager dan TWRP (TeamWin Recovery Project) yang diinstaloleh GooManager.

Baca Juga :
Cara Instal Custom Recovery di HP OPPO A3s



Persiapan Sebelum Instal Custom Recovery di HP OPPO A3s

  1. Pastikan Ponsel Oppo A3s anda telah di root.
  2. Siapkan Kabel USB dan File Custom Recovery.
  3. Backup Data anda secara lengkap.
  4. Lakukan Unlock Bootloader Oppo A3s terlebih dahulu sebelum instal Custom Recovery.


Bagaimana Cara Instal Custom Recovery di OPPO A3s?

  • Ada dua metode utama dan paling populer custom recovery yang sering digunakan yakni CWM Recovery dan TWRP Recovery. ClockworkMod Recovery (CWM) bisa membuat dan mengembalikan seluruh file backup sistem android. 
  • ClockworkMod menawarkan ROM Manager dengan File Browser yang memungkinan anda untuk mudah menelusuri dan menginstal ROM khusus melalui ClockworkMod Recovery dan mengelola serta memulihkan cadangan.
  • Team Win Recovery Project (TWRP) ialah custom recovery berbasis sentuhan, tidak seperti Stock ROM Default Android yang sering digunakan oleh Ponsel Oppo A3s, anda hanya perlu mengontrolnya dengan hanya tombol Volume dan Power dari Perangkat Oppo A3s anda. Custom recovery berbasis sentuhan ini bisa anda gerakkan dengan menggunakan jari jemari anda langsung pada layar. TWRP juga di support dengan tema, setiap metode akan menampilkan dua cara yang berbeda. 






Cara Instal CWM Recovery Via ROM Manager

  1. Langkah pertama, instal ROM Manager di Perangkat Oppo A3s anda, aplikasi ini pada dasarnya mampu mengatur jadwal pengoperasian custom recovery ini sambil di boot ke dalam Sistem Operasi Android, akan terdapat pilihan untuk instal versi terbaru dari ClockworkMod Recovery. 
  2. Langkah kedua, bukalah ROM Manager yang baru saja anda instal di Ponsel Oppo A3s anda, pilihan pertama yang muncul dan bisa anda lihat ialah Flash ClockworkMod Recovery, tinggal anda klik opsi pilihan tersebut dan ikuti instruksi selanjutnya.
  3. Tunggu beberapa saat hingga sistem akan di reboot dan versi terbaru dari ClockworkMod Recovery akan diinstal ke Ponsel Oppo A3s anda, pilih opsi Reboot perangkat jika diminta.
  4. Ketika perangkat Oppo A3s telah di reboot, lakukan verifikasi terhadap versi terbaru ClockworkMod Recovery yang baru saja anda instal menggunakan ROM Manager.
  5. Sekarang anda pun telah menginstal ClockworkMod menggunakan versi terbaru yang anda gunakan, dan kemungkinan akan ada update terbaru jika tersedia.


Cara Instal TWRP Recovery Melalui GooManager

  1. Langkah pertama, instal GooManager di perangkat Oppo a3s, aplikasi ini dapat membantu anda mendownload dan instal beberapa ROMs Androiddan mods yang dihosting secara langsung melalui website Goo.im, sepanjang anda flashing dengan TWRP Touch Recovery terbaru.
  2. Langkah kedua, jalankan GooManager setelah anda instal
  3. Langkah ketiga, tekan Menu dan pilih opsi Instal OpenRecoveryScript. Konfirmasi setiap permintaan yang anda dapatkan setelah itu, dan menyediakan aplikasi dengan akses root jika itu yang diminta.
  4. Langkah keempat, tunggu hingga aplikasi yang anda download berupa TWRP Recovery terbaru untuk perangkat Oppo A3s anda, lalu anda instal aplikasi tersebut.
  5. Langkah kelima, sekarang anda telah menginstal custom recovery tersebut, langsung saja konfirmasi proses instalasi tersebut dengan melakukan booting. Anda pun bisa mengoperasikannya melalui GooManager dengan menekan tombol Menu dan memilih Reboot Recovery.


Keuntungan Instal Custom Recovery di OPPO A3s

Instal custom recovery membuat anda bisa melakukan flash Custom ROMs, membackup ponsel anda, mengembalikan data yang telah dibackup dan masih ada banyak lainnya. Setiap ponsel memiliki metode yang spesifik untuk menginstal custom recovery, jadi di dalam artikel tutorial ini, kami ingin anda bisa memulainya dari dasar dan langsung ke pokok informasi. Selalu kami ingatkan untuk memastikan lakukan backup secara lengkap data anda sebelum memulai instalasi Custom Recovery ini di Oppo A3s.


Kerugian Instal Custom Recovery di OPPO A3s

  1. Anda tidak bisa mengembalikan data yang telah dibackup menggunakan Stock ROMs Recovery asli, bila sesudahnya anda akan menggunakan Custom Recovery dan melakukan backup data.
  2. Bila anda ingin menggunakan Custom Recovery untuk menginstal Stock ROMs Recovery resmi di kemudian hari, File ZIP asli harus diubah dan difungsikan untuk pemulihan secara kustom (Custom Recovery).
  3. Dapat menampilkan backup data secara terjadwal.
  4. Bila anda sedang mengatasi suatu permasalahan di Ponsel anda, dan ingin menjalankan metode penghapusan (wipe), dan tidak memiliki pencadangan data terbaru, dengan membuat backup data memungkinkan anda dapat menjadikan permasalahan tersebut lebih parah.


Mengapa Anda Harus Instal Custom Recovery?

Custom Recovery dapat berguna sekali terutama ketika anda menjalani backup data, mengembalikan data, dan Flashing ROM fitur yang sedang anda butuhkan. Instal Custom Recovery ketika anda sedang bekerja menggunakan Custom ROMs atau jika anda ingin benar-benar membutuhkan sebuah fitur backup yang sangat diandalkan. Hal ini memang disebut sebagai syarat yang diperlukan untuk menginstal ROM secara khusus, namun tidak selalu diperlukan.

Secara umum, Custom Recovery diperlukan bila anda akan memflashing sebuah Custom ROM, kebanyakan. Kebanyakan pengguna android tidakakan memperhatikan perbedaan diantara perangkat yang diinstal menggunakan Stock Recovery dengan perangkat yang diinstal menggunakan Custom Recovery.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Instal Custom Recovery di HP OPPO A3s. Semoga Bermanfaat!