Cara Instal Google Camera Mod di HP OPPO




Oppotutorial.com - Kamera smartphone telah jauh berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini, bahkan smartphone yang memiliki harga murah belakangan ini memiliki resolusi kamera yang sudah cukup bagus. Namun bila anda merupakan pengguna smartphone yang memiliki resolusi kamera diatas 2 atau 3 MP anda sudah pasti memperhatikan bahwa kualitas gambar berupa foto yang dihasilkan bahkan oleh smartphone flagship sekalipun tidak akan sebagus itu.


Kabar baiknya, ada banyak hal yang bisa anda perbaiki untuk menghasilkan gambar foto yang bagus tanpa perlu mencari smartphone flagship sekalipun, jadi yang anda perlukan hanya menggunakan aplikasi kamera yang berbeda dengan aplikasi kamera bawaan (default), yakni Google Camera Mod yang cukup banyak orang membicarakannya dan dengan apikasi tersebut dapat memberikan perbedaan nyata pada kualitas gambar yang ditangkap kamera smartphone terutama sekali pada smartphone (HP) Oppo.


Adapun alasan menggunakan gcam dan menjadi kelebihan dari aplikasi ini juga ialah gambar yang anda hasilkan memiliki ketajaman dan saturasi warna yang baik, dapat mendeteksi tepi dengan baik pada saat menangkap foto, mampu merekam audio dalam gerakan lambat, mode potret objek dan didukung zoom hingga 8X. Serta mampu menampilkan bingkai perdetik yang telah ditingkatkan jika dibandingkan dengan stok kamera biasa.

Cara Instal Google Camera Mod di HP OPPO


Persiapan Sebelum Instal Gcam di HP OPPO

Bila anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara instal gcam mod di smartphone (HP) Oppo terutama sekali pada HP Oppo A3s, A7,A57, A37, A83, A5s, F9, A71, dan F1s. Sebelum anda mulai untuk instal Gcam di Model HP Oppo sebagaimana yang disebutkan diatas, ada beberapa hal yang perlu anda periksa dan persiapkan diantaranya ;

  1. Pastikan HP Oppo anda telah support Camera2 API
  2. Jika ternyata HP Oppo anda belum support Camera2 API, anda perlu mengaktifkannya di HP Oppo anda, adapun caranya akan kita bahas setelah ini.
  3. Download Gcam Mod Apk terbaru disini dan,
  4. Tentunya anda harus melakukannya dengan sabar dan hati-hati.


Apa Itu Camera2 API?

Camera2 API merupakan sebuah perangkat kerja yang memungkinkan anda sebagai pengembang untuk mengakses kontrol kamera granular seperti eksposur, fokus, atau ISO. Lalu, pihak pengembang akan memasukkan kontrol kamera tersebut ke dalam aplikasi pihak ketiga dalam bentuk fitur canggih yang menawarkan pengalaman pengambilan gambar lebih baik kepada pengguna android. API ini merupakan penerus kamera asli android dan menggunakan model pipa serta memungkinkan pihak pengembang untuk mendapatkan akses langsung ke perangkat kamera.


Para pengembang aplikasi pihak ketiga dapat menggunakan Camera2 API untuk mengaktifkan kontrol penuh secara manual terhadap sensor, lensa, dan lampu kilat Ponsel Oppo anda sehingga bisa memberikan frame rate yang lebih baik (Mode Burst 30 Fps), dukungan penangkapan foto secara RAW, kontrol HDR dan fitur pintar lainnya. Google Camera menggunakan algoritma kompleks dan fungsi AI di dalam aplikasinya untuk bisa menangkap objek foto dengan hasil yang menakjubkan. Berikut ini beberapa kontrol kamera yang ditawarkan oleh Camera2 API.


Camera2 API diperkenalkan oleh Google pada tahun 2014 bersamaan dengan dirilisnya Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop. Debut Camera2 API memang sudah lumayan lama, namun tidak semua Smartphone Android yang mengimplementasikan aplikasi ini ke perangkat mereka. Ada banyak smartphone unggulan dan kelas menengah mematangkan perangkat mereka dengan Camera2 API ini. Namun sayangnya tidak dijadikan sebagai suatu fitur bawaan (default).


Beberapa vendor smartphone android menggunakan hanya beberapa saja kemampuan atau fitur yang dimiliki oleh Camera2 API dalam hal menawarkan kontrol manual, dukungan filter, dan fitur bagus lainnya kepada penggunanya akan tetapi untuk dukungan lengkapnya masih belum ada di sebagian besar smartphone android. Jika anda bertanya-tanya apakah smartphone android anda mendukung Camera2 API atau tidak, berikut ini metode untuk memeriksa hal tersebut.






Cara Mengecek Apakah HP OPPO Anda Mendukung Camera2 API

Untuk melihat apakah Hp Oppo anda mendukung Camera2 API, yang anda perlukan hanya menginstal aplikasi Camera2 API Probe secara gratis disini. Setelah anda download, lakukan instalasi, dan jalankan. Sebagaimana yang anda lihat di tangkapan layar diatas, dengan menggunakan aplikasi Camera2 API Probe tercantum notifikasi sebagai berikut “Tingkat Dukungan Perangkat” atau Hardware Support Level untuk kamera belakang dan kamera depan dengan ID Kamera masing-masing 0 dan 1. Hal ini menunjukkan informasi tentang bagaimana kemampuan Camera2 API mendukung Ponsel Oppo anda dan inilah maksud dari setiap level kamera tersebut.

  • LEGACY ; bahwa Ponsel Android ini hanya mendukung Camera1 API, tidak ada fitur Camera2 API yang tersedia disini.
  • LIMITED ; bahwa Ponsel Android ini mendukung beberapa, namun tidak semua kemampuan Camera2 API.
  • FULL ; bahwa Ponsel Android ini mendukung semua kemampuan utama Camera2 API.
  • LEVEL_3 ; bahwa Ponsel Android ini mendukung pemrosesan ulang YUV dan pengambilan gambar RAW bersama dengan konfigurasi aliran output tambahan.


Cara Mengaktifkan Camera2 API di HP OPPO

Bila Hp Oppo anda telah mengaktifkan Camera2 API, anda tinggal melakukan pengaturan berikutnya saja. Namun bila tidak bisa mendukung Camera2 API, jangan khawatir, karena anda bisa mengaktifkan Camera2 API dengan me-rooting perangkat Oppo anda, dan melakukan editing terhadap File “build.prop” di Ponsel Oppo anda, atau menggunakan Magisk untuk mengaktifkan Camera2 API. Cara yang manapun yang anda pilih itu pilihan anda, dan kami akan jelaskan cara tersebut secara lengkap disini.


Perlu anda ketahui bahwa melakukan rooting pada perangkat Oppo anda bukanlah hal yang sulit, akan tetapi sangat tergantung pada perangkat anda. Namun kami tidak bisa menjelaskannya secara rinci disini, akan lebih baik anda mengunjungi situs Forum XDA dan cari cara rooting untuk smartphone anda.


EDITING Build.Prop

  • Bila anda ingin mengedit build.prop dan tidak menggunakan Modul Magisk, yang anda perlukan ialah dengan mengunduh aplikasi BuildProp Editor disini
  • Kemudian, anda jalankan aplikasi tersebut, dan berikan izin root. Setelah itu, klik pada ikon edit
  • Di akhir File Build.Prop, anda masukkan baris berikut persist.camera.HAL3.enabled=1 lalu ketuk ikon simpan.
  • Berikutnya, anda Restart Ponsel Oppo anda dan Camera2 API dapat diaktifkan.


Menggunakan Modul MAGISK

  • Ada modul magisk yang bisa anda gunakan untuk mengaktifkan Camera2 API di Ponsel Oppo anda. Modul tersebut disebut dengan Camera2 API Enabler yang tersedia di Forum XDA Developer atau anda bisa download disini dan disini. Selanjutnya anda cukup lakukan instalasi di Ponsel Oppo anda dan hal tersebut akan mengaktifkan Camera2 API. 
  • Secara rinci, anda hanya perlu menambahkan File Zip Camera2 API Enabler tadi ke dalam Magisk Manager, pilih Module dan Reboot. Atau anda juga bisa melakukan Flash menggunakan File Zip tadi melalui Custom Recovery, baik itu CWM ataupun TWRP


Cara Instal Google Camera Mod di HP OPPO

  1. Setelah anda mengaktifkan Camera2 API di Ponsel Oppo anda, atau anda bisa melewatkan semua hal tersebut dikarenakan Ponsel Oppo anda telah mengaktifkan Camera2 API, anda hanya perlu menginstal Google Camera Mod di Ponsel Oppo anda. Memilih mod yang cocok untuk Ponsel Oppo anda bisa saja terjadi Trial and Error. Anda bisa mengunjungi situs ini dan temukan pengembang Gcam Mod seperti Arnova8G2 dan download Gcam terbaru disana. 
  2. Kemudian, anda bisa Restart Ponsel Oppo anda, dan masuk ke dalam Mode Recovery.
  3. Selanjutnya lanjut ke proses Instal, pilih File Zip Camera2API dan Geser untuk memulai Flash.
  4. Jika Camera2API telah diinstal melalui bantuan Module Magisk, maka anda tidak perlu melalui tahapan diatas. 
  5. Selanjutnya, anda bisa masuk keSistem dan instal Gcam APK. 

Sekian Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Pasang Google Camera (Gcam) Mod di HP OPPO. Semoga Bermanfaat!