Cara Instal TWRP Recovery dan Root OPPO A7




Oppotutorial.com - Disini anda akan mulai mempelajari tentang bagaimana cara instal TWRP Recovery dan Root OPPO A7, jadi sebelum masuk ke dalam tahapan tersebut anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa keuntungan root Oppo A7 tersebut ialah anda bisa menginstal Custom ROMs, bisa menghilangkan Crapware yang telah diinstal sebelumnya, memblokir iklan yang melekat di aplikasi apapun.

Baca Juga :
Cara Instal TWRP Recovery dan Root OPPO A7

Keuntungan dan Kerugian Root pada OPPO A7

Dengan meroot, kelebihan yang anda bisa dapatkan yakni dapat memasang aplikasi manapun ke dalam Oppo A7 anda meskipun tidak kompatibel, Ponsel Oppo A7 anda akan mendapatkan OS Android terbaru, mengubah tema atau skin pada Ponsel anda, meningkatkan kecepatan android pada Ponsel anda serta usia baterai, dan terakhir bisa membuat cadangan atau backup data pada Ponsel Oppo A7. Lalu, untuk kerugian bila anda me root Oppo A7 tersebut ialah sebagai berikut.


Dengan anda ngeroot Oppo A7, maka potensi untuk mati total akan lebih besar, garansi Ponsel anda akan hilang, serta akan bermasalah pada sistem update pada aplikasi yang butuh pembaruan. Kemudian, sebelum anda memulai root pada Ponsel anda, anda perlu menyiapkan aplikasi ADB dan Fastboot lalu lakukan instal ke dalamnya. Setidaknya Ponsel anda memiliki kapasitas baterai minimal 50% atau lebih.

Cara Instal TWRP Recovery pada OPPO A7

Setelah itu, disarankan bagi anda untuk melakukan backup data terlebih dahulu karena proses ini bisa menghapus semua data yang ada di dalam ruang penyimpanan dan tidak dapat lagi dikembalikan jika telah terhapus. Selanjutnya, anda instal TWRP Recovery dengan tahapan-tahapan sebagai berikut ;

1. Download aplikasi ADB (Android Debug Bridge) di Komputer anda disini.

2. Setelah di download, langsung saja diekstrak, setelah itu download lagi TWRP img disini.

3. Kemudian, anda salin File TWRP img tadi untuk diekstrak ke dalam Folder ADB Tools.

4. Sekarang, anda aktifkan opsi OEM Unlock dan USB Debugging dengan cara masuk ke dalam Menu Pengaturan, pilih Tentang Ponsel. Klik sebanyak 7 (tujuh) kali pada Nomor Versi untuk mengaktifkan Opsi Pengembang.

5. Berikutnya, anda kembali ke Menu Pengaturan, pilih Pengaturan Tambahan, pada Opsi Pengembang anda tinggal aktifkan.

6. Bila opsi pengembang telah diaktifkan maka anda bisa melihat dan menemukan OEM Unlock dan USB Debugging serta mengaktifkan mereka secara serempak.

7. Sekarang hubungkan Ponsel Oppo A7 anda ke Komputer menggunakan Kabel USB, namun sebelumnya telah saya sampaikan bahwa sebelum lanjut ke proses ini pastikan anda telah melakukan pencadangan data yang ada di dalam Ponsel Oppo A7 anda.

8. Ketika Ponsel anda telah terhubung ke komputer, maka di layar Oppo A7 anda akan mendapati pesan untuk terhubung ke komputer melalui USB Debugging.

9. Buka folder ADB yang telah diunduh yang di dalamnya terdapat File TWRP img. Kemudian, klik pada address bar dan ketik CMD untuk segera membuka Command Prompt, di dalamnya anda ketikkan kata adb devices.

10. Bila anda melihat daftar perangkat yang terlihat maka anda pilih salah satunya. Sekarang ketik kembali kata berikut ini adb reboot bootloader. Maka ponsel anda akan masuk ke dalam Bootloader.

11. Kemudian, anda ketik kata dibawah ini untuk membuka Flash Recovery, di akhir kalimatnya anda beri nama file TWRP img, seperti yang telah anda download sebelumnya, kata tersebut yaitu fastboot flash recovery twrp-3.2.1.0f7.img.

12. Setelah proses diatas anda lakukan dan berhasil, berikutnya ketik kata dibawah ini fastboot boot twrp-3.2.1.0f7.img. Maka anda dapat melihat TWRP Recovery anda telah terbuka di Ponsel Oppo A7.







Cara Root Oppo A7 Via Magisk Manager

1. Pertama-tama silahkan anda download Magisk Manager versi terbaru, klik disini untuk mendownload Magisk Manager Zip.

2. Jika anda download Magisk Manager Zip di Komputer, tempatkan File Zip nya ke dalam Micro SD atau ruang penyimpanan ponsel dan ingatlah dimana lokasi anda menyimpan file Zip ini.

3. Kemudian anda matikan Ponsel Oppo A7 anda, lalu tekan dan tahan tombol Volume Bawah dan Tombol Power dalam waktu yang bersamaan selama 5 detik.

4. Nanti Ponsel Oppo A7 anda akan direboot secara otomatis dan anda akan melihat Menu TWRP Recovery.

5. Klik pada tombol instal, dan anda pun akan menemukan File Magisk Manager ZIP.

6. Sekarang instal File Magisk Manager Zip tadi dan tunggu hingga proses instal selesai, setelah itu anda reboot Ponsel Oppo A7 anda dan lihat bagaimana file tersebut bekerja di perangkat Oppo A7 anda.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Instal TWRP Recovery dan Root OPPO A7. Semoga Bermanfaat!