Cara Masuk Ke Mode Fastboot OPPO A5s




Oppotutorial.com - Pada saat anda berada di dalam Mode Fastboot, anda dapat memodifikasi gambar sistem file dari komputer melalui koneksi USB. Mode fastboot bisa anda mulai bahkan sebelum Android dimuat, fastboot dapat berguna untuk memperbarui firmware dengan cepat tanpa harus menggunakan mode pemulihan karena fastboot dapat dimulai di perangkat anda bahkan sebelum Android dimuat atau bahkan Android belum diinstal.

Fastboot merupakan cara yang paling sering digunakan untuk menginstal pemulihan gambar. Pada saat anda atur, anda memboot Ponsel anda ke mode fastboot dan anda dapat memflash file gambar ke memori internal. Gambar yang anda flash tidak perlu ditandai dengan tombol khusus apapun sehingga anda harus berhati-hati saat memflash.

Mode fastboot dapat digunakan untuk membuat opsi pengembang, untuk menghapus partisi dan mengganti opsi baris perintah kernel. Secara keseluruhan, fitur-fitur ini membuat alat menjadi sangat berguna unutk pengembangan solusi perangkat kerjas dan perangkat lunak. Disini akan kami jelaskan dua cara yang berbeda untuk masuk ke mode fastboot di Oppo A5s, jika satu metode gagal, anda bisa mencoba cara yang lain.

Baca Juga :
Cara Masuk Ke Mode Fastboot OPPO A5s

Cara Masuk ke Mode Fastboot Oppo A5s Melalui Tombol Kombinasi 

Ini merupakan cara yang paling sederhana untuk masuk ke dalam mode fastboot di Oppo A5s. Yang dapat anda lakukan ialah dengan menekan kombinasi tombol tertentu secara berurutan dan secara bersamaan.

Langkah pertama, matikan Ponsel Oppo A5s anda.

Langkah kedua, sekarang anda tekan dan tahan tombol daya, volume down, dan tombol home selama beberapa detik.

Langkah ketiga, perangkat Oppo A5s akan masuk ke dalam mode fastboot.


Cara Masuk ke Mode Fastboot Oppo A5s Melalui ADB

Jika metode sebelumnya mungkin saja tidak berlaku untuk Oppo A5s, anda dapat mencoba metode lain. Utilitas baris perintah ADB berikut ini berfungsi pada saat anda menghubungkan perangkat Oppo A5s anda ke Komputer. Hal ini memungkinkan anda melakukan pencadangan partisi, menginstal aplikasi, dan tindakan lainnya. Berikut ini panduan cara boot ke mode fastboot melalui ADB.

Langkah pertama, download ADB dari Google dan ikuti langkah-langkah berikutnya dibawah ini.

Langkah kedua, di dalam Oppo A5s, anda buka Pengaturan, pilih opsi Tentang dan ketuk Build Number sebanyak tujuh kali. Maka sebuah pesan pop up muncul yang mengatakan bahwa "Anda Sekarang Seorang Pengembang" "You are now a developer".

Langkah ketiga, sekarang anda kembali lagi ke pengaturan, anda akan menemukan opsi pengembang (Developer Option). Anda klik diatasnya, untuk mengaktifkan USB Debugging.

Langkah keempat, kemudian anda hubungkan Oppo A5s anda ke komputer melalui Kabel USB dan Buka Command Prompt.

Langkah kelima, sekarang anda buka folder platform tools yang dibuat pada saat mengunduh ADB.
Langkah keenam, keluarkan perintah ADB, ketik adb (windows) berulang kali.

Langkah ketujuh, di dalam folder platforms tools, silahkan anda periksa apakah perangkat Oppo A5s anda terdeteksi atau tidak dengan menggunakan perintah adb devices.

Langkah kedelapan, sekarang anda dapat boot ke mode fastboot dengan perintah adb reboot fastboot.






Cara Masuk ke Mode Fastboot Oppo A5s Melalui Aplikasi Pihak Ketiga (Diperlukan Akses Root)


Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memboot ulang perangkat Oppo A5s ke mode fastboot dan terbukti paling mudah dari ketiga metode yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, satu-satunya hal yang harus anda lakukan ialah memiliki akses root pada perangkat Oppo A5s anda. Jadi, jika anda telah melakukan root dan ingin reboot ke mode fastboot, ini merupakan pilihan yang paling sederhana dan disukai.

Langkah pertama, silahkan anda unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang disebut dengan Quick Boot.

Langkah kedua, buka aplikasi dan berikan izin SuperSU pada saat diminta.

Langkah ketiga, pilih Bootloader dari daftar opsi dan perangkat Oppo A5s anda akan di boot secara otomatis ke mode fastboot.

Selesai! Anda pun telah telah berhasil masuk ke dalam Mode Fastboot pada Oppo A5s.


Perbedaan antara Bootloader, Recovery, Android ROM dan Fastboot

Mode Fastboot merupakan protokol yang dapat anda gunakan untuk menghubungkan perangkat dari komputer melalui Kabel USB serta memacu pembaruan ke partisi perangkat. Dengan kata lain, pada saat anda berada dalam Mode Fastboot, anda dapat melakukan recovery. Antara Bootloader, Recovery, dan ROM Android.

Bootloader akan memuat terlebih dahulu dan menjadi penentu untuk proses selanjutnya yang akan dimuat untuk ROM Android, barulah setelah itu diikuti dengan proses Recovery dan Bootloader. Recovery merupakan mode yang digunakan oleh perangkat untuk menginstal pembaruan ke dalam partisi ROM Android. Ini juga digunakan saat pabrik mengatur ulang Ponsel. Recovery muncul secara default dan biasanya memiliki lebih sedikit opsi saat dijalankan.

Ketika Anda berada dalam mode Fastboot, Anda dapat memodifikasi sistem file di komputer melalui Koneksi USB. Mode Fastboot dapat memulai perangkat Oppo Anda bahkan sebelum Android dimuat. Fastboot juga dapat berguna untuk memperbarui firmware dengan cepat tanpa harus menggunakan mode recovery.

Mode Fastboot dapat memunculkan opsi pengembang (Developer Option), menghapus partisi dan mengganti opsi baris perintah kernel. Dengan adanya fitur-fitur tersebut dapat membuat mode fastboot ini sangat berguna untuk pengembangan solusi perangkat keras dan perangkat lunak.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Masuk Ke Mode Fastboot OPPO A5s. Semoga Bermanfaat!