Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi di HP OPPO




Oppotutorial.com - Sebelum memulai ulasan mengenai layanan lokasi di HP OPPO ini, anda perlu mengetahui bahwa artikel tutorial ini hanya berlaku untuk HP OPPO dengan ColorOS ver 3.2 keatas seperti HP OPPO A37, A3s, dan Neo 7, bisa anda cek sendiri secara manual melalui Menu Pengaturan lalu pilih opsi Tentang Telepon. Selain itu, anda perlu mengetahui juga apa itu LAYANAN LOKASI di HP OPPO dimaksud.


Layanan lokasi merupakan aplikasi yang terdapat di HP OPPO anda untuk mengakses lokasi anda terbaru saat ini secara akurat, untuk bisa menggunakan aplikasi ini, anda memerlukan akses ke Wifi atau Jaringan Data Seluler. Oleh karena itu, anda harus memberikan izin untuk setiap aplikasi yang memerlukan data lokasi anda saat ini. Adapun cara untuk mengaktifkan layanan lokasi ini, simaklah beberapa langkah dibawah ini.

Baca Juga :
Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi di HP OPPO

Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi Melalui Pengaturan

Cara mengaktifkan layanan lokasi ini bisa anda lakukan melalui dua cara yakni ;

  1. Dengan menggeser ke atas bagian bawah layar untuk bisa masuk dan mengakses Pusat Kendali, lalu anda klik ikon maps. Bila anda menggunakan menu navigasi, anda bisa menggeser ke atas bagian bawah kiri layar, dan klik lalu tahan ikon maps untuk bisa masuk ke dalam halaman lokasi. 
  2. Cara yang kedua, anda bisa masuk ke dalam Menu Pengaturan, lalu anda pilih opsi Pengaturan Tambahan, selanjutnya pilih lagi opsi Keamanan & Privasi di dalamnya untuk beralih ke LOKASI dengan menggeser slider menjadi hijau.

Cara Mengatur Posisi Terbaru

Untuk menentukan dan mengatur posisi terbaru anda diberi tiga pilihan yakni ;

1. Penentuan posisi dengan akurasi tinggi, maka fitur berupa GPS, Wifi, Bluetooth, dan Jaringan Seluler akan diaktifkan.

2. Penentuan posisi dengan penggunaan baterai rendah, maka fitur yang aktif akan berkurang lagi jadi yang aktif hanya Wifi, Bluetooth, dan Jaringan Seluler.

3. Penentuan posisi hanya perangkat saja, jadi yang aktif juga hanya GPS saja.


Anda bisa melihat yang mana saja daftar aplikasi yang meminta posisi atau lokasi terbaru melalui Info App, di dalamnya terdapat beberapa opsi yang bisa digunakan untuk mengelola aplikasi.

Selain itu pula, anda bisa menggunakan GPS di latar belakang, untuk mengurangi masa pakai baterai HP OPPO anda, dan memang dianjurkan untuk mematikannya terlebih dahulu saat sedang tidak digunakan.


Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi Google

Khusus layanan lokasi google, anda diharuskan untuk log in terlebih dahulu ke dalam akun google anda, agar anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini ;

Silahkan anda masuk ke dalam Manajer Ponsel, klik pada opsi Izin Privasi dan Izinkan, berikutnya klik Apps untuk bisa memilih aplikasi dan memilih salah satu opsi seperti.

1. Mengizinkan, dengan memilih opsi ini memungkinkan anda untuk menggunakan informasi lokasi anda saat ini.

2. Melarang, memilih opsi ini berarti akan menonaktifkan serta melarang layanan lokasi diakses oleh aplikasi.

3. Meminta, opsi ini hanya akan mungkin muncul bila terdapat aplikasi yang mencoba untuk meminta lokasi terbaru anda saat ini.







Cara Mengatasi Layanan Lokasi Yang Tidak Akurat 

Jika anda mengalami layanan lokasi tidak akurat atau tidak berfungsi maka anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut ;

1. Pastikan HP OPPO anda telah terkoneksi ke Wifi atau Jaringan Data Seluler.

2. Klik dan tahan opsi masuk ke LOKASI, lalu anda pilih opsi Akurasi Tinggi.

3. Yang menyebabkan layanan lokasi menjadi kurang akurat disebabkan karena posisi anda saat ini mengakibatkan sinyal menjadi lemah.

4. Jaga jarak dari beberapa benda yang menghalangi sinyal data jaringan seluler anda.

5. Coba lakukan restart pada HP OPPO anda, lalu lakukan pembaruan perangkat lunak terbaru.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi di HP OPPO. Semoga Bermanfaat!