Cara Menghapus Video di Youtube




Oppotutorial.com - Video yang telah anda upload ke dalam akun youtube sendiri dan telah anda tonton ataupun telah banyak yang ditonton, terkadang suatu waktu anda ingin menghapusnya, ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab anda menghapus video di channel youtube anda sendiri, diantaranya :
  • Video yang anda upload tersebut belum maksimal editingnya sehingga belum siap juga untuk dipublikasikan lebih lama dan ditonton oleh subscriber anda.
  • Materi yang terdapat di dalam video yang sudah anda buat channel tersebut sudah pernah di upload oleh pengguna youtube lain, sehingga takutnya playlist video atau bahkan akun youtube anda akan dibanned oleh youtube sendiri.
  • Menghapus unggahan video di akun youtube seringkali dilakukan bila anda salah mengunggah video dikarenakan tidak sesuai dengan tema channel akun youtube anda.
  • Disamping itu pula, pastinya bila video yang telah anda hapus tadi ingin anda kembalikan lagi seperti semula, maka video tersebut sudah dipastikan tidak dapat dipulihkan kembali seperti semula, dan anda disarankan untuk mengupload kembali video terbaru.

Cara yang akan kami jelaskan ini hanya bisa diterapkan pada Akun Youtube anda sendiri/pribadi, anda tidak akan bisa menghapus video yang telah di upload oleh orang lain, anda hanya bisa menghapus video milik sendiri, baik itu yang telah ditonton, koleksi video yang telah anda himpun di playlist, video yang akan anda tonton nanti, video yang tersimpan, video yang menjadi rekomendasi, dan video yang anda sukai. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga :
Cara Menghapus Video di Youtube
Cara Menghapus Video di Youtube

Cara Menghapus Video Milik Sendiri di Youtube

1. Jadi untuk menghapus video di akun youtube milik anda sendiri, tidak dapat dilakukan melalui desktop PC/Komputer/Laptop, anda hanya bisa menghapus video anda yang telah anda masukkan kedalam channel hanya melalui Youtube versi Mobile saja.

2. Hal tersebut berdasarkan riset yang pernah kami lakukan, sehingga bagi anda yang berkeinginan menghapus video youtubenya maka silahkan anda buka secara langsung saja situs Website Youtube.com melalui kolom bar dengan mengetikkan situsnya disana, atau anda bisa mencoba mendownload aplikasi Youtube Mobile di Google Play Store secara gratis disana.

3. Anda tinggal pilih salah satu, sekalipun anda membuka situs Youtube melalui Browser Chrome atau Modzilla di HP tetap saja tampilannya akan sama dengan tampilan bila membuka situs Youtube melalui aplikasi yang anda download di Play Store.

4. Lalu kemudian, anda silahkan klik tombol LOG IN untuk masuk ke dalam akun Youtube anda, dengan Email dan Password yang anda biasa anda gunakan untuk melakukan Log In pada akun Google anda.

5. Setelah itu, anda klik AKUN pada sudut kanan atas, dan kemudian anda klik pada opsi CHANNEL ANDA. Selanjutnya anda ketuk Tab VIDEO yang berada di sebelah BERANDA.

6. Disana, anda akan melihat seluruh video yang pernah anda unggah/upload ke youtube. Sekarang, anda tinggal pilih salah satu video, dan klik pada titik tiga yang ada di sebelah kanan tiap video.

7. Nantinya, anda akan melihat beberapa opsi pilihan yang diantaranya ada SIMPAN ke TONTON NANTI, SIMPAN ke PLAYLIST, HAPUS, EDIT, DOWNLOAD, serta BAGIKAN. Jika anda ingin hapus video tersebut, pilih opsi HAPUS.

8. Anda pun akan melihat kemunculan pemberitahuan pop up di layar HP anda, berupa Hapus Video Ini? Batal dan OK. Tanpa perlu lama-lama lagi anda klik OK saja, dan anda akan mendapati pemberitahuan lagi berupa Video dihapus dari upload anda. Maka anda tidak akan menemukan video tersebut lagi.

Cara Menghapus Video yang Akan Anda Tonton Nanti di Youtube

1. Masih dalam keadaan LOG IN di Akun Youtube anda, selanjutnya anda klik pada tab KOLEKSI yang berada sejajar dengan Tab BERANDA, TRENDING, SUBSCRIPTION, dan KOTAK MASUK.

2. Di dalamnya, anda pilih opsi TONTON NANTI (Watch Later). Disana, anda akan dapati video yang pernah anda set untuk anda tonton nantinya di suatu waktu, sama halnya seperti ingin menghapus video yang diupload, anda cukup pilih videonya lalu pilih titik tiga yang ada di video yang anda pilih tersebut, maka anda pilih opsi Hapus dari Watch Later yang berada di antara opsi Simpan ke Playlist, Download, dan Bagikan.

3. Maka anda akan dapati pemberitahuan berupa dihapus dari tonton nanti. Berikutnya seperti itulah, penerapannya sama dengan seluruh video yang telah anda set tonton nanti.






Cara Menghapus Video yang Tersimpan di Youtube

1. Vdeo yang tersimpan ini sama halnya dengan Video Hasil Download dan Video yang Menjadi Rekomendasi. Untuk menghapusnya, anda tinggal LOG IN ke akun Youtube anda, lalu klik pada opsi HASIL DOWNLOAD.

2. Ketika anda telah berada di dalamnya, anda klik pada titik tiga pada video yang anda simpan tersebut untuk dihapus. Seketika anda akan dapati pilihan Hapus dari Download. Pilih opsi tersebut, dan anda akan mendapatkan pemberitahuan berupa dihapus dari hasil download.

3. Berikutnya bila ada video lain yang tersimpan di Akun Youtube, anda bisa mencoba cara diatas.

Cara Menghapus Video yang Anda Sukai di Youtube

1. Untuk menghapus video yang anda sukai di Youtube, anda bisa memilih opsi KOLEKSI.

2. Lalu, anda klik pada opsi VIDEO YANG DISUKAI, biasanya ada pada PLAYLIST Baru ditambahkan.

3. Nanti, di dalamnya anda pilih salah satu video yang telah anda tandai dengan suka, lalu klik lagi pada titik tiga video yang anda pilih tersebut, dan pilih opsi yang paling bawah yakni Hapus dari Video yang di Sukai.

4. Maka anda akan dapati pemberitahuan berupa dihapus dari Video yang di Sukai.

Baca Juga :

Demikian Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Menghapus Video di Youtube. Semoga Bermanfaat!