Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti S/ia di RP Telegram?

Apa Arti S/ia di RP Telegram - Bersosialisasi di era digital bisa dilakukan melalui media sosial. Cara ini sedang digemari oleh anak muda, terutama kaum milenial. Beberapa orang akan tergabung dalam sebuah grup atau channel Telegram. Hanya saja ada yang berbeda dari bergaul biasa. Pengguna tidak menggunakan akun dengan nama atau foto profil asli.


Apa Arti S/ia di RP Telegram
Apa Arti S/ia di RP Telegram


Dengan kata lain, melakukan chatting atas nama tokoh atau karakter yang disenangi. Tidak ada yang tahu profil asli dari setiap anggota grup. Sehingga disebut dengan bermain peran. Jika tidak mau terlarut dalam dunia maya, anggota bisa melakukan S/ia.



Pengertian Roleplay (RP)

Istilah Roleplayer memang menjadi topik hangat belakangan ini. Permainan peran ini sangat disukai oleh kalangan milenial. Faktor kecanggihan media sosial kian mendukung. Sehingga memberikan fasilitas untuk bermain.


Dengan pengertian, seseorang akan pura-pura menjadi orang lain. Pengguna ini memiliki akun media sosial, Telegram misalnya. Tapi, tidak memperlihatkan nama dan profil asli. Sehingga menggunakan nama orang lain sesuai dengan karakter yang diinginkan.


Biasanya, peran yang dipakai tak jauh-jauh dari sang idola. Bisa memilih karakter anime kesukaan, tokoh terkenal, selebriti, bahkan artis Kpop. Gerak-geriknya mirip dengan identitas idolanya. Peraturan utama adalah dilarang memberitahu identitas asli. Sehingga bisa disebut dengan berpura-pura atau akting. Tapi di kehidupan maya.


Umumnya, orang memilih genre Western atau Korea. Lalu, dibagi lagi menjadi kelompok pemain film, penyanyi, girlband atau boyband. Kemudian masing-masing karakter memainkan peran sesuai dengan sifat dan sikap idolanya.



Apa Arti S/ia di RP Telegram?

Dalam memainkan RP, pengguna akan menemui istilah asing. Salah satu yang diketahui adalah S/ia. Bagi seorang pemula memang asing dengan sebutan ini. Untuk itu perlu memahami apa arti S/ia di RP Telegram.


Istilah ini merupakan singkatan dari semi inactive. Istilah ini digunakan oleh pemain yang tidak selalu aktif masuk dalam grup chat permainan. Bisa dibilang aktif dalam kurun waktu tertentu saja. Sehingga ada jeda waktu bagi tokoh ini menghilang dalam grup.


Lamanya waktu libur dari peran di dunia maya ini ditentukan pemain itu sendiri. Sehingga dapat mengatur kapan muncul di ruang chat dan tidak. Hanya saja, pemain tersebut masih memantau perkembangan. Waktu yang ditentukan teratur. Misalnya, aktif selama seminggu sekali.



Alasan Melakukan S/IA di Telegram

Permainan RP ini bisa dimainkan pada Telegram. Pemain bisa bergabung dalam suatu grup. Lalu memperkenalkan diri. Jika bermain baik, bisa membentuk fanbase yang cukup besar. Meski cukup menarik, banyak pemain yang melakukan S/ia. Tentu saja ada beberapa alasan, seperti berikut ini.


Merasa Bosan

Untuk memainkan peran sebagai idola memang memiliki tuntutan. Pemain tidak hanya memainkan karakter orang lain. Tapi juga harus tahu kegiatan sang idola setiap hari. Pemain dituntut untuk memberi informasi kegiatan sehari-hari, jadwal debut, jadwal show, album terbaru. Bahkan seorang yang berperan sebagai aktor atau aktris perlu menjelaskan film yang akan ia mainkan.

Kondisi ini membuat bosan dan jenuh. Terlebih lagi jika grup yang diikuti sepi. Sehingga tidak tahu harus mengobrol dengan siapa. Bisa jadi mendapatkan teman yang nyambung, tapi sedang tidak aktif. Maka terpaksa chat dengan teman lain.


Ingin Bersosialisasi dengan Teman di Dunia Nyata

Permainan diciptakan sebagai hiburan. Oleh karena itu tidak perlu ditanggapi serius. Ini terjadi pada beberapa pemain. Setiap orang juga memiliki teman di kehidupan nyata. Ada kalanya ingin berkumpul untuk sekedar mengobrol atau bertukar informasi.

Agar tidak kehilangan momen keakraban, maka memutuskan untuk S/ia. Sehingga tidak selalu hadir dalam percakapan grup RP Telegram. Ini termasuk sikap yang baik. Pertemanan di dunia nyata bisa terjaga dengan baik. 


Takut Ketagihan

Dunia maya memang menghadirkan sensasi tersendiri. Segala daya tariknya sangat memikat. Terlebih lagi dengan aplikasi canggih, hiburan didapatkan dengan mudah. Sehingga dapat melupakan segalanya saat mulai tenggelam.

Ketagihan menjadi sikap yang harus dihindari. Karena ini dapat memberikan dampak buruk. Melakukan S/ia menjadi pilihan terbaik tanpa meninggalkan permainan.


Ada Kesibukan di Dunia Nyata

Pemain yang memilih S/ia memiliki alasan tersendiri. Salah satunya adalah kesibukan lain di Real Life. Aktivitas ini tidak bisa ditinggalkan. Sehingga menjadikan RP sebagai nomor kedua. Pemain merasa kewalahan jika harus mengerjakan dua perkara sekaligus.


Roleplay Hanya sebagai Hiburan

Kesibukan di dunia nyata juga bisa membuat jenuh. Berbagai tekanan dan tuntutan menjadikan seseorang merasa stress. Untuk melegakan pikiran, maka butuh hiburan. Bermain peran di aplikasi Telegram bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi, banyak yang memilih S/ia karena hanya untuk bersenang-senang.


Ingin Menjaga Kestabilan Mental

RP bisa memberi dampak positif dan negatif pada kondisi mental. Sementara ketagihan membuat pemain lebih fokus mendalami karakternya. Ini menyebabkan pengguna terlalu kalut dalam seni berpura-pura. Sehingga berubah menjadi orang lain. Mulai tidak mengenali karakter dan jati diri.

Inilah yang ditakutkan oleh pemain yang menyadari kesehatan mental. Terlebih lagi, banyak yang memainkan RP sebagai pelampiasan. Mungkin emosi bisa tersalurkan. Tapi, tidak pada tempatnya. Keputusan S/ia dirasa tepat untuk menjaga kestabilan mental pemain.








Istilah Selain S/ia dalam Roleplay

Dalam bermain RP dikenal beberapa istilah. Masing-masing sebutan memiliki pengertian berbeda. Penyajiannya juga berbentuk singkatan. Mungkin sulit dipahami oleh orang yang baru bergabung. Berikut ini istilah lain yang perlu dipahami pemain RP.


FA

Kepanjangan dari FA adalah Fan Account. Akun yang dibuat bertujuan mengidolakan tokoh. Di dalam akun ini berisi konten-konten tentang tokoh tersebut. Sehingga terdapat informasi detail tentang kesibukan, jadwal tour atau konser sang idola. Informasi yang dibagikan juga sangat rinci.


IC

IC merupakan singkatan dari In character. Berarti pemain yang mendalami peran sesuai tokoh yang dimainkan. Sikap dan jiwa pemain akan persis dengan karakter.


OOC

Istilah ini cukup berbeda dengan IC. Bisa dibilang kebalikan dari IC. OOC merupakan singkatan dari Out of character. Ini menandakan pemain telah keluar dari peran. Ciri-cirinya, pemain membahas informasi di luar topik. Dalam arti tidak sesuai dengan karakter tokoh yang dimainkan. Misalnya, menyampaikan tentang kehidupan nyata.


NSFW

Singkatan ini sering terlihat pada media sosial. Tapi, tidak banyak orang mengetahui artinya. Kepanjangan NSFW adalah Not Safe Suitable For Work. Jika akun grup mencantumkan istilah ini, maka dilarang untuk anak dibawah umur. Tulisan ini biasanya dipakai sebagai peringatan.


TS

Sebagian orang mungkin akrab dengan singkatan ini. Karena sering muncul pada media sosial. Kepanjangannya adalah Temporary Swap. Berarti terdapat penggantian karakter pada permainan. Pergantian ini akan mengubah tokoh secara menyeluruh. Tapi dalam waktu singkat atau sementara.


Itulah penjelasan singkat apa arti S/ia di RP Telegram. Sebenarnya, bermain peran ini bukan perkara yang mudah. Tapi, banyak orang yang menikmati. Meski begitu, perlu diwaspadai jika memberikan dampak buruk pada diri sendiri.


tags : apa arti k/ia, k/sia artinya, kinda ia artinya, semi ia artinya, perbedaan s/ia dan k/ia, semi inactive artinya, rbio artinya, kinda inactive artinya