Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jadi Admin Grup WA Diam-diam

Cara Jadi Admin Grup WA Diam-diam - Apakah Anda sedang mencari cara jadi admin grup WA diam-diam? Sebaiknya menyimak artikel yang satu ini hingga usai. Sebab jawaban dari cara menjadi admin grup tanpa persetujuan admin lainnya bisa ditemukan di sini. Sebelumnya, tidak ada salahnya membahas lebih dalam mengenai Whatsapp itu sendiri.


Cara Jadi Admin Grup WA Diam-diam
Cara Jadi Admin Grup WA Diam-diam


Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia, banyak alasan mengapa aplikasi yang satu ini dicintai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah karena ringan aplikasinya dan mudah untuk digunakan. Selain menyediakan chat pribadi untuk dua arah, juga menyediakan fitur grup yang diawasi oleh satu atau lebih admin. 


Seperti yang diketahui, grup Whatsapp memiliki manfaat yang besar. Khususnya untuk berbagai urusan pekerjaan, berkomunikasi dengan klien, atau sekadar bersenda gurau dengan rekan sekantor dalam grup. Begitu pula untuk komunikasi dengan keluarga, berkat adanya grup Whatsapp menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi bersama-sama.


Setiap grup diawasi dan diatur oleh seorang (atau lebih) admin. Hanya saja kadang terjadi sesuatu yang di luar dugaan, misalnya ada chat scam atau spam yang berpotensi menyebabkan kericuhan dan kebetulan admin sedang offline, maka harus ada anggota yang bergerak cepat dan menghapus pesan tersebut secepatnya. Itulah mengapa dibutuhkan cara jadi admin grup WA diam-diam dan tanpa perlu persetujuan dari admin lainnya. 



Tugas dan Kewajiban Admin Grup WA

Terlepas dari keuntungan dan kemudahan yang dimiliki oleh seorang admin grup, tentu saja seorang admin juga memiliki tanggung jawab dan kewajibannya sendiri. Beberapa tanggung jawab yang diemban oleh admin grup adalah berikut. 


  1. Admin grup bertugas untuk menjaga kondisi grup tetap kondusif. Ia harus mampu menjaga kondisi grup tetap tenang dan berfungsi sebagaimana mestinya. Semaksimal mungkin harus bisa menjaga supaya tidak terjadi perdebatan dan perkelahian di antara anggota grup. Sebab jika ada kericuhan di dalam grup, bisa membuat anggota lainnya terganggu, tak nyaman dan tak jarang langsung left group.
  2. Untuk memasukkan ataupun mengeluarkan anggota grup. Ini juga menjadi keuntungan yang dimiliki seseorang yang menjadi admin grup WA. Admin bisa memasukkan siapapun ke dalam grup, dan bisa juga mengeluarkan siapapun dari grup. Selain dilakukan secara manual, juga bisa menggunakan setting tertentu.
  3. Mampu membangun percakapan yang menarik. Admin diharuskan seorang yang supel, dan mampu membuka obrolan grup, mengajak semua anggota grup untuk bergabung dalam pembahasan tema hari itu. Seorang admin juga harus bisa membuat grup tersebut terasa hangat, seolah semua anggota grup adalah satu keluarga walaupun pada kenyataannya bukan.  
  4. Seorang admin wajib mengatur aktifitas dalam grup. Meskipun grup tersebut adalah grup keluarga, sebagai admin tetap memiliki tugas untuk mengatur aktifitas di dalam grup. Contohnya ketika mulai ada bibit-bibit pertengkaran, atau suasana mulai tidak kondusif, maka admin bisa mengambil tindakan dengan menutup kolom chat, sehingga anggota tak bisa mengrim chat ke grup.



Cara Menjadi Admin WA Tanpa Persetujuan yang Lain

Untuk menjadi admin di dalam grup WA, dibutuhkan izin dari tiga pihak. Yang pertama adalah admin utama yang merupakan pembuat grup itu sendiri, yang kedua adalah admin yang telah dipilih oleh admin utama, dan yang terakhir adalah oleh anggota grup. Semuanya dilakukan secara terbuka, dan muncul notifikasinya di tampilan chat.


Tetapi Anda bisa menjadi seorang admin dalam grup WA, tanpa memerlukan persetujuan terlebih dahulu. Hanya saja pastikan Anda melakukannya karena alasan yang sangat mendesak, dan bukan untuk sekadar coba-coba saja.


Simak cara jadi admin grup WA diam-diam berikut ini ya.

Membuka Aplikasi Whatsapp

Pertama-tama buka aplikasi Whatsapp yang Anda miliki, kemudian pilih grup mana yang ingin Anda tambahkan admin tanpa persetujuan.


Pilih Menu di Pojok Kanan

Cara berikutnya adalah dengan memilih menu yang ada di pojok kanan atas, bentuknya berupa tiga titik vertikal saja. Silakan ditap hingga muncul sejumlah menu yang bisa dipilih.







Pilih Info

Langkah selanjutnya adalah memilih info grup dari serangkaian menu yang muncul, kemudian akan muncul sejumlah daftar anggota dari grup tersebut. Juga akan terlihat ada beberapa admin, posisi kontak mereka ada di barisan paling atas daftar anggota.


Pilih Anggota yang akan Dijadikan Admin

Langkah berikutnya untuk menjadikan seorang anggota grup menjadi admin, yaitu memilih orang tersebut. Silakan cari kontak yang akan dijadikan admin dan tekan lama di atas kontak tersebut hingga muncul menu pop up. Pilih ‘jadikan admin grup’ dan anggota tersebut pun bisa menjadi admin tanpa persetujuan yang lain. 


Lalu, bagaimana jika ingin Anda sendiri yang mencari adminnya? Cara jadi admin grup WA diam-diam tanpa persetujuan admin lainnya tidak jauh berbeda, Anda hanya tinggal melakukannya pada kontak Anda sendiri di daftar anggota grup. Setelah menjadi admin di dalam grup, maka Anda memiliki kesempatan untuk melakukan banyak hal. Tetapi pastikan Anda tidak menyalahgunakan kewenangan Anda sebagai seorang admin.


Setelah melakukan cara jadi admin grup WA diam-diam dan berhasil menjadi admin, bagaimana caranya untuk menghapus posisi admin tersebut? Mungkin karena tugasnya sudah selesai, atau karena sudah cukup banyak tenaga admin dalam satu grup. 


Ada dua cara yang sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Berikut adalah cara yang pertama:

  1. Masuk ke informasi grup, tampilkan semua anggota grup.
  2. Keluarkan admin yang ingin Anda hapus sebagai admin dari grup.
  3. Anggota admin tersebut akan keluar dari grup, dan secara otomatis jabatannya sebagai admin sudah dilepaskan.
  4. Anda bisa mengundang anggota tersebut kembali masuk ke dalam grup, bisa juga tidak memasukkan anggota itu lagi. 


Cara yang kedua untuk menghapus admin grup adalah sebagai berikut ini. 

  1. Tekan info grup cukup lama, sampai akhirnya muncul pilihan ‘opsi lain’.
  2. Pilih ‘info grup’, tinggal klik saja dan Anda akan diarahkan ke beberapa pilihan lain.
  3. Silakan pilih admin yang ingin Anda berhentikan.
  4. Centang pada sisi kanan kontak, dan klik simpan.


Semua admin bisa dihapus atau diberhentikan oleh sesama admin lainnya. Akan tetapi admin utama yang merupakan pembuat grup, tidak akan bisa dikeluarkan kecuali ia yang keluar sendiri dari grup. Jika semua admin di dalam grup sudah keluar maka secara otomatis aplikasi Whatsapp pun akan menjadikan salah satu anggota menjadi admin secara random.


 Itulah dia beberapa cara jadi admin grup WA diam-diam tanpa persetujuan, sangat mudah dan tidak menghabiskan waktu lama. Anda juga bisa menghapus admin dengan cara yang sangat sederhana. Bahkan Anda yang masih pemula pun pasti tidak akan mengalami kesulitan. 


Bagimana menurut Anda, apakah artikel ini bermanfaat? Share di kolom komentar ya!


tags : cara mengambil alih admin grup whatsapp, cara kick orang di grup wa tanpa jadi admin, cara mengirim link grup wa bukan admin, cara invite masuk grup whatsapp, cara join grup whatsapp melalui link, tugas admin grup whatsapp, cara setting grup whatsapp, cara menambah anggota grup whatsapp lebih dari 256