Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadikan Admin di Grup WA

Cara Menjadikan Admin di Grup WA - Apakah Anda sedang mencari cara menjadikan admin di grup WA? Baiknya membaca artikel ini sampai tuntas. Sebab untuk menjadikan seseorang sebagai admin, ada beberapa langkah yang harus Anda jalani sebelumnya. Tidak sulit, tetapi bagi yang belum pernah melakukan hal tersebut sebelumnya, tentu membutuhkan beberapa persiapan terlebih dahulu.


Cara Menjadikan Admin di Grup WA
Cara Menjadikan Admin di Grup WA


Dengan kemajuan teknologi zaman sekarang, berkomunikasi dengan teman dan saudara jauh pun tak lagi menjadi masalah. Salah satu bukti kemajuan zaman yang sangat menguntungkan adalah adanya WA atau WhatsApp. Sebuah sarana komunikasi yang digunakan via ponsel pintar, ukurannya ringan dan mudah sekali untuk digunakan.


Selain menyediakan fitur chat pribadi dengan satu orang, WhatsApp juga menyediakan fitur khusus untuk mempermudah Anda dalam mengobrol secara berkelompok. Bahkan di dalamnya bukan hanya sebatas berkomunikasi via teks saja, namun juga bisa saling mengirim media antar anggota seperti berbagi file musik, foto, link, dan juga tentu saja berbagai jenis video. 


Di dalam grup mana pun, termasuk WhatsApp grup tentu membutuhkan seorang (atau lebih) admin. Tugas dari seorang admin adalah mengurus grup, mereka bisa memantau grup tetap kondusif, mengeluarkan anggota grup, mengunci dan membuka obrolan grup serta menambahkan lebih banyak admin. 



Cara Menjadikan Admin di Grup WA: Mudah dan Cepat

Di dalam setiap grup WhatsApp bisa sampai 200 lebih anggota yang bergabung, sudah tentu tidak bisa dihandle oleh satu orang admin saja. Itulah mengapa banyak juga yang mencari cara menjadikan admin grup WA, tujuannya supaya lebih mudah untuk mengatur dan menjalankan grup. Setiap admin juga bisa dibagi tugas serta kewajibannya masing-masing.


Untuk menambahkan admin tambahan atau add group admin dalam grup WhatsApp, hanya bisa dilakukan oleh admin utama. Adapun admin utama adalah seseorang yang membuat grup dan WhatsApp menyetelnya secara otomatis sebagai admin grup tersebut. Ia yang bisa memasukkan admin baru. Namun setelah ada admin lain di dalam grup, maka admin tersebut pun bisa menjadikan member lain sebagai admin juga. 


Berikut ini adalah cara menjadikan admin di grup WA termudah yang bisa dilakukan, silakan simak hingga selesai. 

  1. Pilih grup yang di mana Anda menjadi adminnya, pastikan Anda memang benar-benar membutuhkan admin tambahan untuk membantu mengatur jalannya aktivitas dalam grup tersebut. Anda juga harus mengkomunikasikannya terlebih dahulu dengan calon admin, supaya ia bisa mengetahui tugas dan tanggung jawabnya sebagai admin.
  2. Lihatlah pada bagian atas grup, Anda bisa tap di sana untuk menampilkan informasi grup termasuk daftar anggotanya.  
  3. Carilah nama anggota yang akan Anda jadikan admin grup. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan manual yaitu dengan dicari satu per satu, atau dengan memanfaatkan fitur ‘search’ yang berbentuk icon luv. 
  4. Setelah menemukan nama kontaknya, tap tahan pada bagian nama kontak tersebut. Jangan dulu dilepaskan sebelum muncul pop up menu.
  5. Pop up menu tersebut berisi beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan, carilah ‘add (nama kontak tersebut) to group admins’
  6. Tap pilihan menu tersebut dan sekarang anggota yang Anda pilih itu pun sudah menjadi admin grup.  


Bagaimana? Cara menjadikan admin grup WA sangat mudah, bukan? Bahkan untuk Anda yang baru membuat grup WhatsApp sendiri pun bisa melakukannya. 



Cara Mengeluarkan Admin WA Grup

Untuk mengeluarkan seorang admin grup, bisa dilakukan secara otomatis. Apalagi sekarang sudah ada fitur remove admin dari WhatsApp. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus seorang admin dari grup chat Anda. Berikut ini ada cara mudah pertama yang bisa dilakukan untuk menghapus admin grup. 

  1. Pertama-tama bukalah obrolan grup WhatsApp Anda, lalu ketuk pada bagian subjek grup tersebut.
  2. Pada ‘setelan grup’, Anda bisa memilih ‘edit admin grup’.
  3. Jika sudah maka Anda tinggal memilih untuk mencentang nama kontak admin yang ingin dihapus. 
  4. Admin tersebut pun sudah dibebastugaskan sebagai admin grup dan Anda bisa memilih admin lain atau mengoperasikan grup sendiri.
  5. Admin pertama atau admin pembuat grup, tidak bisa dihapus. Ia baru bisa bebas tugas jadi admin grup jika keluar dari grup atau dikeluarkan.
  6. Setelah admin utama keluar, maka secara otomatis WhatsApp akan memilih admin secara random dari sisa anggota yang ada.







Cara kedua untuk menghapus atau mengeluarkan admin adalah berikut. 

  1. Pilih grup di mana Anda ingin menghapus adminnya. Pastikan hal itu dilakukan karena hal-hal yang penting, misalnya karena tugasnya sebagai admin sudah selesai, atau sebagai penalti karena telah melakukan kesalahan.
  2. Tap bagian informasi grup, kemudian pilih daftar anggota grup. Nama-nama admin akan muncul di daftar kontak teratas dan ditandai dengan label admin dalam kotak berwarna hijau.
  3. Pilih admin mana yang ingin Anda berhentikan sebagai seorang admin.
  4. Setelah itu, tekan cukup lama pada nama kontak tersebut sampai muncul menu. 
  5. Ketika menunya sudah muncul, cari pilihan ‘Remove’ atau ‘Hapus’. Silakan pilih pilihan menu tersebut.
  6. Admin tersebut pun sudah dihapus sebagai admin, dan dikeluarkan dari grup.
  7. Lalu jika ingin memasukkan anggota mantan admin tersebut kembali ke dalam grup, Anda tinggal memasukkannya kembali ke dalam grup.
  8. Kontak tersebut pun menjadi anggota grup, namun bukan sebagai admin lagi.



Tugas dan Kewajiban Seorang Admin Grup

Menjadi seorang admin grup bukan berarti Anda bisa sewenang-wenang dan berlaku seenaknya. Justru dengan menjadi seorang admin grup, Anda memiliki sejumlah tugas dan juga kewajiban yang harus dilakukan.


Apa saja tugas dan kewajiban seorang admin grup? Yang jelas hal ini tidak sesederhana cara menjadikan admin grup WA. Simak infonya berikut ini. 

  1. Admin grup merupakan seseorang yang berwenang untuk memberikan akses izin masuk bagi anggota baru, juga untuk menghapus atau mengeluarkan anggota grup, juga untuk menambahkan admin baru untuk membantunya di dalam grup tersebut.
  2. Sudah menjadi tugas admin juga untuk menentukan siapa saja yang boleh mengubah info grup, serta melakukan partisipasi di dalam grup tersebut.
  3. Admin memiliki kewenangan dalam pengaturan pengubahan info grup, kolom obrolan grup. Ia bisa memilih apakah ‘semua orang’ atau ‘hanya admin’ saja yang bisa melakukannya. Hal ini dimaksudkan supaya grup bisa lebih terorganisir dan jelas tujuannya. 


Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat membuat grup, jangan sembarangan menjadikan anggota sebagai admin. Sebab menurut pakar cyber yang berasal dari Vaksincom, yaitu Alfons Tanujaya, ia sangat menyarankan supaya jangan semua anggota grup dijadikan admin. Pilih orang-orang yang sekiranya memiliki tanggung jawab, dan juga bisa diandalkan.


Demikian adalah cara menjadikan admin di grup WA, bagaimana pendapat Anda mengenai informasi ini? Share pendapat Anda di kolom komentar, ya!


tags : cara kick orang di grup wa tanpa jadi admin, cara mengambil alih admin grup whatsapp, cara membuat grup wa, cara join grup whatsapp melalui link, apa maksud admin grup di wa, cara keluar dari grup wa tanpa diketahui di iphone,  cara invite masuk grup whatsapp, cara keluar dari grup whatsapp