Mau Tahu Kode Tersembunyi yang Bukan Rahasia Lagi pada Smartphone Android OPPO? Intip Disini




Kode Rahasia atau Secret Codes umumnya seringkali dipergunakan oleh para tukang servis hape smartphone dan atau tablet yang memiliki OS Android di dalamnya, lalu mengapa diberi titel kode rahasia di dalamnya? Dikarenakan tidak banyak para pengguna smartphone Oppo yang mengetahuinya dan tidak juga di jelaskan pada buku panduan. Walaupun demikian, kode rahasia pada perangkat Android Oppo tersebut sebenarnya bukanlah termasuk hal yang bersifat rahasia lagi. Kode-kode rahasia yang akan kita jelaskan disini dapat dicari dengan mudah dan gratis di dunia maya. Tidak ada larangan khusus terhadap penggunaan kode rahasia tersebut.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membeberkan sebagian besar kode rahasia yang biasa digunakan oleh pengguna smartphone Oppo dari mulai kombinasi angka dan simbol hingga fungsi dari masing-masing kode, diharapkan agar para pengguna Oppo lebih berhati-hati dan tidak asal coba kode ini.


Berikut beberapa Kode Rahasia yang terdapat pada Smartphone Oppo yakni ;

1. Kode : *#*#7780#*#*
Kode Rahasia Android Oppo ini berfungsi untuk masuk ke Menu Reset Data. Saat anda masuk ke dalam menu ini, maka akan muncul sebuah pop up pertanyaan konfirmasi, bila anda setujui maka akan ada beberapa data yang terhapus secara permanen diantaranya Akun Google yang sedang log in, pengaturan atau setting yang akan kembali ke pengaturan awal, dan aplikasi yang di download dan terinstal beserta datanya. Namun kode tersebut tidak akan menghapus sistem operasi bawaan, aplikasi bawaan, dan data-data yang berada di dalam Micro Sd.

2. Kode : *2767*3855#
Kode Rahasia Android Oppo akan memandu ke Menu Factory Reset dengan kata lain kode diatas berfungsi untuk mengembalikan kondisi Android ke kondisi awal pabrik secara totalitas meliputi instal ulang firmware, menghapus semua pengaturan, menghapus data-data seperti kode sebelumnya, menghapus semua data termasuk data pada memori penyimpanan internal, serta file yang ada di micro sd atau memori eksternal tidak akan dihapus.

3. Kode : *#*#4636#*#*
Kode Rahasia Android diatas berfungsi untuk melihat Informasi dari smartphone oppo, kondisi dan penggunaan baterai, statistik penggunaan smartphone, dan informasi Wi-Fi.

4. Kode : *#*#34971539#*#*
Kode Rahasia Android Oppo diatas untuk memberikan Informasi kamera android yang meliputi update firmware dari kamera dalam gambar, update firmware kamera dari Micro Sd, mengetahui versi firmware kamera, dan mengetahui versi update firmware terbaru. Sebagai catatan ; ada baiknya anda jangan pernah menjalankan update firmware dari kamera dalam gambar dikarenakan akan menyebabkan kamera anda akan error sehingga harus membawa smartphonemu ke service center untuk dilakukan instal ulang firmware kamera.

5. Kode : *#*#197328640#*#* 
Kode Rahasia Android diatas seringkali digunakan untuk masuk ke dalam mode Service. Biasanya digunakan untuk menjalankan berbagai tes dan dapat mengubah pengaturan di Service Mode, jika di gambarkan di dalam OS Windows seperti fungsi Safe Mode.

6. Kode : *#*#7594#*#*
Kode Rahasia diatas digunakan untuk mengubah tombol End Call atau Power yang artinya jika anda sedang menekannya dengan lama maka akan muncul layar berupa meminta anda memiliki mode Diam, Airplane Mode, dan Power Off.

Baca Juga



7. Kode : *#*#273283*255*663282*#*#*
Kode Rahasia Android Oppo diatas akan membantu anda membuka layar dimana file di copy paste.


Berikutnya dibawah ini beberapa Kode Rahasia untuk Testing Perangkat Android Smartphone Oppo ;

1. Kode : *#*#2664#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk mengetes Touch Screen Android Oppo.

2. Kode : *#*#0588#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk mengetes Proximity Sensor Oppo.

3. Kode : *#*#3264#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk mengetahui informasi versi RAM Smartphone Oppo

4. Kode : *#*#0283#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk Packet Loopback Oppo.

5. Kode : *#*#0*#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk mengetes kondisi LCD Smartphone Oppo.

6. Kode : *#*#0673#*#* atau *#*#0289#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk mengetes Suara atau Nada pada Smartphone Oppo.

7. Kode : *#*#0842#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk mengetes Vibration dan BackLight pada Smartphone Oppo.

8. Kode : *#*#2663#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk mengetahui Informasi versi Touch screen pada Oppo.


Selanjutnya Admin ingin berbagi lagi Kode Rahasia Android untuk Mengetahui Informasi dari LAN, GPS, dan Bluetooth pada Smartphone Oppo :

1. Kode : *#*#232337#*#
Kode Rahasia ini dapat menampilkan Bluetooth Device.

2. Kode : *#*#232331#*#*
Kode Rahasia ini memiliki fungsi mengetes sinyal Bluetooth pada Oppo.

3. Kode : *#*#232339#*#* atau *#*#526#*#* OR *#*#528#*#*
Kode Rahasia ini digunakan untuk tes WLAN pada perangkat Oppo (Tekan tombol “Menu” untuk memulai berbagai tes)

4. Kode : *#*#1472365#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk mengetes kemampuan GPS pada perangkat Oppo.

5. Kode : *#*#1575#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk mengetes GPS yang berada pada perangkat android lain.

6. Kode: *#*#232338#*#*
Kode Rahasia ini berfungsi untuk menampilkan WiFi MAC address pada Smartphone Oppo.


Terakhir, admin juga ingin sharing Kode Rahasia Android tentang Informasi Firmware Smartphone Oppo ;

1. Kode : *#*#1111#*#* atau Kode: *#*#2222#*#*
Kode Rahasia ini untuk mengetahui informasi versi FTA SW pada Smartphone Oppo.

2. Kode : *#*#44336#*#*
Kode Rahasia ini memiliki fungsi memberikan informasi PDA, Phone, CSC,Build Time, Changelist number pada Smartphone Oppo.

3. Kode : *#*#4986*2650468#*#*
Kode Rahasia ini untuk mengetahui informasi PDA, Phone, H/W, RFCallDate pada Smartphone Oppo.

4. Kode : *#*#1234#*#*
Kode Rahasia ini memiliki fungsi untuk mengetahui informasi PDA dan Ponsel Oppo.

Demikian beberapa Kode Rahasia yang Tersembunyi pada Android Smartphone Oppo yang dapat di gunakan oleh user Oppo untuk mengetes HP Android. Kode Rahasia ini juga bisa gunakan sebagai panduan saat akan membeli ponsel Android bekas Oppo agar Ofans tahu apakah semua fiturnya masih berjalan dengan normal. Perlu diingat bahwa kombinasi kode di atas bisa berfungsi di OPPO F1s, OPPO F1 Plus FCB Edition, Oppo F1 Plus, Oppo F1, Oppo R7s, Oppo Neo 7, Oppo R7 Lite, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo R7, Oppo Neo 5, Oppo Joy Plus, Oppo R1x, Oppo U3, OPPO Mirror 3, Oppo N3, Oppo R1S, Oppo R5, Oppo N1 mini, Oppo Find 7, Oppo Find 7a, Oppo Joy R1001, Oppo YoYo R2001, Oppo Neo 3 R831K, Oppo R1 R829T, Oppo N1, Oppo Find Way S, Oppo Find 5 Mini R827, Oppo Find Way U7015, Oppo Find Piano R8113, Oppo Find 5, Oppo Find 5 Midnight, Oppo Find Muse R821, Oppo Find Mirror R819, dan Oppo Find Clover R815.

Demikian, Semoga bermanfaat.