Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 31+ Tema Infinix Beserta Jenis Launcher Terbaru tahun 2024

Tema Infinix - Infinix termasuk dalam ponsel bertipe Android. Saat ini ponsel-ponsel Android diproduksi dengan memiliki tema yang beragam. Untuk ponsel Android tema yang beragam tentu saja selalu diinginkan agar pemilik tidak bosan dengan ponsel yang dimiliki. 

Infinix merupakan salah satu ponsel Android yang mengedepankan tema sebagai keunggulan dari ponsel tersebut.

Tema Infinix dapat Anda ganti dengan mengklik aplikasi launcher tema di ponsel Infinix Anda. Saat ini Infinix telah meluncurkan interface terbaru termasuk tema ponsel yang dapat Anda temukan di XUI. 

Tema Infinix
Tema Infinix


XUI merupakan interface terbaru dari Infinix yang menyediakan tema-tema apik yang bisa Anda aplikasikan di ponsel Infinix Anda. Tema di XUI ini berlaku untuk semua bagian ponsel.

Biasanya untuk ponsel tertentu jika Anda memasang tema tersebut maka hanya akan berubah pada wallpaper dan lock screen saja. Sedangkan pada tema yang ditawarkan Infinix semua ikonnya akan berubah sesuai dengan tema yang dipilih.

Bahkan font yang ada ponsel Anda juga dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan tema tersebut. Tambahan selanjutnya terkadang apabila Anda kunci ponsel Anda akan muncul beberapa kata-kata motivasi. Sangat menarik bukan?

Format tema yang dipakai pada ponsel Infinix adalah Theme Infinix Mtz. Berikut ini adalah mode tema yang bisa Anda gunakan dan bisa Anda jadikan sebagai pilihan dalam menentukan tema. 



30+ Tema yang Dimiliki Ponsel Infinix

Tema Infinix Dark Mode iOS for All type Infinix

Tampilan ini mengusung tema seperti iOS 13 dan iOS 14. Bagi Anda yang memiliki impian menggunakan ponsel produk Apple, tema ini sangatlah cocok untuk Anda gunakan. Hal tersebut karena aplikasi yang ditampilkan akan sama persis seperti ponsel produk Apple.

Jadi tidak heran jika Infinix mampu menjadi ponsel yang paling banyak dicari di pasaran untuk kisaran harga 1 – 2 jutaan. Meski harga yang ditawarkan cukup murah, namun ponsel ini sangatlah canggih dengan spek yang berkualitas dan tentu saja model yang dimunculkan selalu yang up to date.

Meski dengan harga yang murah namun Infinix hadir dengan berbagai tema yang patut dijadikan pilihan utama untuk dibeli. Dengan harga yang cukup murah dan kualitas yang mumpuni, Anda dapat menggunakan ponsel Infinix rasa iPhone dengan menggunakan tema ini. 

Bagaimana sangat menarik bukan? Fitur yang didapatkan juga sangat banyak seperti wallpaper, lockscreen iOS, icon pack, sistem UI dan icon signal 5G.



Tema Huawei untuk semua tipe Infinix

Merk yang satu ini bisa dibilang merupakan saingan produk Apple. Jadi tema ini juga merupakan tema yang populer dan dijadikan favorit untuk beberapa orang. Jika Anda memasang tema ini maka ponsel Infinix Anda akan mirip seperti Huawei yang bisa Anda lihat dari tampilan ikon aplikasi, status bar dan lain sebagainya



Tema Infinix Samsung OneUI Mtz

Merk yang satu ini identik sekali dengan nama Android di pasaran. Tema yang satu ini merupakan salah satu tema yang paling banyak dicari dan paling banyak dipakai pengguna ponsel Infinix. 

Jika Anda memasang tema ini maka Anda seperti menggunakan Samsung Galaxy S20 atau Samsung Note 20. Sangat menarik bukan? Tema Samsung menjadi salah satu tema terbaik yang diaplikasikan di ponsel Infinix.

Apalagi ukuran tema ini jika Anda unduh hanya sebesar 4 MB saja. Yang tentunya tidak akan memakan ruang pada ponsel Anda. Fitur yang ikut terpasang pada tema ini diantaranya animasi-animasi pada charging animation dan fingerprint animation



Tema Infinix Asus ROG Phone 3 untuk Infinix HOT 9 Play

Asus ROG Phone menjadi ponsel idaman para gamers. Bagaimana tidak, karena ponsel ini diproduksi khusus untuk gamers dengan platform mobile Qualcomm Snapdragon.

Para gamers akan dimanjakan dengan mulusnya kualitas pada ponsel ini. Nah bagi Anda pemilik ponsel Infinix jangan sedih karena tema ini dapat diaplikasikan pada ponsel Anda.

Anda dapat menikmati secara mulus tampilan wallpaper, ikon aplikasi, lockscreen, dan status bar.



Tema Infinix Oppo Reno 4 for Infinix 9 Hot Play

Tampilan tema ini sangat menarik pada bagian kombinasi warna. Bagi Anda yang tertarik dengan ponsel Oppo Reno 4, Anda patut mencoba tema yang satu ini karena bagian wallpaper yang pasti, ikon, sampai ke sistem UI dan Dialpad nya sangat mirip dengan ponsel tersebut. 

Anda tidak akan rugi jika Anda memasang tema yang satu ini. Selain fitur yang ditawarkan lengkap, ukuran dari aplikasi tema ini juga tidak membutuhkan ruang yang banyak yaitu hanya sekitar 5 MB saja.



Tema Infinix MIUI 12 for Infinix 9 Hot Play

MIUI merupakan tampilan dari ponsel Xiaomi, Anda dapat memasang tema ini pada ponsel Infinix Anda. Anda dapat memasang tema ini dengan cara yang sangat mudah dan persis dengan aslinya. 

Dengan adanya tema ini, Anda tidak akan merasa cepat bosan dengan ponsel Infinix Anda. Selain itu Anda dapat mendownload tema ini dengan ukuran yang sangat kecil yaitu sebesar 5 MB.

Fitur yang dihasilkan dari mengaktifkan tema ini yaitu: icon pack, sistem UI, icon full pack, lock screen dan charging animation.



Tema Realme 8 pro for Infinix 9 Hot Play

Sama seperti tema yang mirip ponsel OS lainnya, tema Realme 8 pro ini akan terlihat seperti ponsel tersebut. Tema yang dinamis, elegan, simpel tapi mewah ini bisa Anda dapatkan di tema ini. Anda pasti tidak akan bosan dengan fitur yang disediakan tema ini.

Icon pack, wallpaper, lockscreen, sistem UI dan dial pad yang ada pada ponsel Realme 8 pro bisa Anda dapatkan hanya dengan menerapkan tema ini pada ponsel Infinix Anda. Ukuran tema nya pun tidak terlalu besar yaitu sebesar 4 MB



Tema Infinix Black Shark for Infinix Hot 9 Play

Black Shark adalah ponsel game besutan Xiaomi. Bagi orang yang simpel dan penyuka game pasti akan memilih tema black shark yang satu ini. Hal tersebut karena tema ini didesain sangat simpel dengan tampilan dasar polos hitam namun sesuai dengan merek black shark terdapat gambar hiu yang apik dan terlihat menawan.

Tema ini bisa menjadi opsi Anda jika bosan dengan tema bawaan dari ponsel Infinix. Anda dapat menikmati tema ini secara fullpack dengan cara mengubah tersebut berdasarkan cara yang akan dibahas di bawah.

Fiturnya terdiri dari icon pack full, sistem UI dan juga dial pad, lock screen pada tema ini juga tak kalah ketinggalan bisa Anda nikmati. 



Tema Infinix Manchester United Untuk Infinix

Klub sepakbola satu ini memang memiliki pendukung yang sangat banyak. Jadi tidak heran jika logo klub ini telah banyak dipakai sebagai merchandise maupun wallpaper pada ponsel atau komputer.

Selain wallpaper, tema ponsel juga tak kalah ketinggalan untuk diaplikasikan dengan logo MU sebutannya. Infinix hadir untuk memuaskan penggemar klub Manchester United. Bagi Anda penggemar klub Manchester United, tema ini sangatlah cocok untuk ponsel Anda.

Logo Manchester United akan terpasang menjadi wallpaper, lockscreen, icon pack. Bahkan bisa tembus ke media sosial yang sering Anda pakai juga seperti WhatsApp.



Tema Playstation for All Type Infinix

Tema ini ditujukan bagi yang hobi bermain game. Bagi para gamers sejati, tema ini sangatlah cocok untuk Anda gunakan pada ponsel Infinix Anda. Kenapa begitu?

Karena pada tema ini Infinix mengusung tema Playstation yang sangat khas dari keluaran produk Sony yaitu PS4 dan PS5. Tampilan yang elegan dan simpel ditunjukkan di tema ini. Wallpaper yang ditampilkan pada ponsel Infinix Anda akan sama persis seperti pada Playstation.

Interface yang ditampilkan disini seperti kaca yang memberikan kesan glossy. Jadi seakan-akan Anda sedang menggunakan playstation padahal itu berasal dari tema Anda. Tidak hanya wallpaper yang ditampilkan namun tentu saja icon pack dan lengkap tembus ke semua aplikasi bisa Anda aplikasikan ke semua tipe ponsel Infinix.



Tema Klub Sepakbola untuk Infinix Hot 11S

Selain klub Manchester United, terdapat tema-tema lain dari klub sepakbola dunia lain seperti Real Madrid, Barcelona, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Arsenal, Liverpool dan klub-klub lainnya. Klub sepakbola lokal juga tak ketinggalan dihadirkan pada tema ini. 

MU terdapat tema tersendiri karena khusus MU di sini terdapat banyak penggemarnya. Jadi jika Anda tertarik untuk memilih tema klub sepakbola yang disebutkan tadi, Anda dapat memilih tema klub sepakbola di ponsel Infinix Anda.



Tema Musik Artis untuk Infinix Hot 11S

Penggemar musik juga jangan khawatir, karena Anda dapat memasang tema dari idola kesukaan Anda. Musisi-musisi dunia terkenal hadir di sini untuk dapat dijadikan tema pada ponsel Infinix Anda seperti One Direction, Taylor Swift, Justin Bieber, Alan Walker, Ed Sheeran dan lain sebagainya.

Tidak hanya dijadikan sebagai wallpaper saja namun foto atau ciri khas musisi idola Anda dapat Anda jadikan tema.



Tema K-pop dan J-pop untuk Infinix Hot 11S

Tidak hanya musisi Hollywood saja, bagi Anda penggemar Kpop dan Jpop Anda dapat memilih tema ini. Tema yang bisa Anda dapatkan yaitu seperti BTS, Blackpink, Big Bang, NCT, Super Junior, Red Velvet, Twice, Aespa, Mamamoo dan lain sebagainya.



Tema Kartun untuk Infinix Hot 11S

Kartun identik dengan anak kecil. Namun nyatanya, kartun tidak hanya digemari oleh anak kecil saja. Banyak sekali orang dewasa yang masih mengidolakan kartun kesukaan mereka sejak kecil. Oleh karena itu tema kartun merupakan salah satu tema yang menjadi favorit kebanyakan orang.

Contoh kartun tersebut yaitu : Doraemon, Naruto, Stitch, Disney, Spongebob Squarepants, Winnie the Pooh, dan masih banyak lagi.



Tema Game untuk Infinix Hot 11S

Ponsel Infinix yang satu ini memang sudah bekerja sama dengan Mobile Legends: Bang-Bang. Sehingga tidak heran jika tema-tema yang ditawarkan di sini juga bersinggungan dengan game.

Tema Mobile Legends dapat Anda nikmati di ponsel Infinix Anda. Tema ini tersedia dalam bentuk wallpaper, status bar, icon dan notifikasi yang lengkap menunjukkan game Mobile Legends.

Tidak hanya Mobile Legends saja ternyata game-game seperti PUBGM, FF, GTA, Roblox, Zelda, FIFA, Super Mario Bros juga bisa Anda dapatkan di tema game yang pastinya bisa Anda dapatkan secara gratis.

Sangat menarik bukan?



Tema super Hero for Infinix

Sama seperti kartun, super hero adalah salah satu tokoh yang digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak heran banyak sekali yang mengidolakan tokoh ini, super hero identik dengan tokoh yang melakukan kebaikan untuk menolong semua orang.

Di beberapa tahun terakhir, memang banyak sekali film tentang super hero seperti: Superman, Batman, Wonder Woman, Captain Marvel, Fantastic Four, Captain America, Iron Man, Spiderman, Hulk, Thor, Dr Strange.

Nah tokoh-tokoh di atas dapat Anda temukan pada tema ponsel Infinix Anda. Sangat menarik bukan?



Tema Simpel untuk semua tipe Infinix

Tema ini sangat cocok bagi Anda orang yang simpel. Wallpaper dan ikon yang ditampilkan pada tema ini sangat simpel. Wallpaper yang ditampilkan biasanya adalah warna-warna polos. Namun Anda tidak perlu khawatir karena warna-warna yang disediakan di sini cukup banyak.

Bagi Anda penggemar style simpel pasti Anda akan memilih warna putih, hitam, abu-abu atau biru. Namun bagi Anda wanita yang memilih tema Infinix ini Anda juga dapat memilih warna-warna pastel yang disediakan di tema ini.



Tema Natural Art for Infinix

Tema kenampakan alam pasti selalu ada di semua tema ponsel. Namun tema natural art yang satu ini cukup unik dibandingkan yang lain. Meskipun seni setiap orang berbeda-beda, namun pada tema ini ditampilkan versi dark mode yang pasti banyak digemari pecinta mode gelap.

Kenampakan alam yang ditampilkan disini berupa lukisan gunung yang digambarkan seperti siluet berwarna violet. Infinix tidak henti-hentinya dapat mengaplikasikan tema yang sangat apik dan banyak digemari kebanyakan orang.



Tema Tokyo Ghoul for Infinix

Bagi Anda yang mengidolakan anime yang satu ini Anda dapat memasang tema ini di ponsel Anda. Tidak hanya terpasang pada bagian wallpaper saja seperti tema-tema yang lain. Widget yang ada pada ponsel ini juga akan ikut menyesuaikan dengan tema yang dipasang.



Tema Negara untuk semua tipe Infinix

Maksud dari tema negara di sini contohnya seperti Welcome to Singapore, Welcome to Japan dan lain sebagainya. Jadi jika Anda traveller sejati mungkin tema ini sangat cocok untuk Anda.

Ikon yang ditampilkan di sini menunjukkan ciri khas dari suatu negara tersebut.



Tema Infinix Empat musim untuk semua tipe Infinix

Seperti yang kita ketahui, empat musim disini terdiri dari musim semi, musim panas, musim dingin, dan musim gugur. Ciri khas dari keempat musim ini dapat Anda temui pada tema ini.



Tema Kafe untuk Infinix Hot 10S

Tema ini menampilkan wallpaper dan ikon seperti minuman-minuman yang khas dari kafe. Secangkir kopi, segelas milkshake dan minuman lainnya ditampilkan pada tema ini.

Gambar secangkir kopi, potongan-potong cake yang elegan atau gambar roti bisa dijadikan sebagai icon pada tema ini.



Tema Aesthetic untuk Infinix Hot 10S

Bagi Anda penggemar keindahan seni dan keindahan alam yang bernilai estetis Anda dapat memilih tema ini. Karena ponsel Infinix lengkap menghadirkan tema sesuai kesukaan Anda.



Tema Pink for Infinix Hot 10S

Warna pink identik dengan wanita. Warna yang satu ini memang sangat indah karena dinilai lembut, mencerahkan dan menggambarkan cinta. Bagi Anda wanita pengguna Infinix pasti akan memilih tema yang satu ini.

Selain itu tema Valentine juga masuk ke dalam tema pink di sini. Momen Valentine sangat identik dengan warna pink. Biasanya tema ini ramai dipakai saat valentine sedang berlangsung yaitu di bulan Februari. 



Tema lucu untuk Infinix

Tema lucu yang dihadirkan Infinix disini adalah tema-tema yang berisi gambar-gambar lucu yang akan selalu membuat hari-hari Anda gembira.



Tema paris untuk Infinix

Paris menjadi salah satu kota yang terkenal di dunia karena selain terkenal karena adanya menara Eiffel yang menjadi simbol kota itu. Paris juga menjadi kota yang terkenal karena mode fashionnya. Kiblat fashion berasal dari Paris.

Jadi tak ketinggalan juga, Infinix menghadirkan tema Paris yang bergambar menara Eiffel sebagai wallpapernya.



Tema Harry Potter for All Type Infinix

Tema ini disediakan bagi Anda penggemar Harry Potter. Pilihan pada tema ini terdiri dari empat tema berdasarkan kelas yang ada pada film Harry Potter diantaranya adalah Gryffindor, Slytherin, Hufflepuff dan Ravenclaw.

Warna yang ditampilkan sesuai dengan kelas-kelas tersebut. Gryffindor berwarna merah, Slytherin berwarna hijau, Hufflepuff berwarna kuning-orange dan Ravenclaw berwarna biru. 

Anda pasti akan puas dengan tema-tema ini. Wallpaper dan iconpack yang ditampilkan di sini biasanya berupa gambar bendera dari masing-masing kelas Hogwarts di film Harry Potter.



Tema Bunga

Tema selanjutnya adalah tema bunga. Tema ini bisa Anda pilih bagi Anda yang sangat menyukai bunga. Bunga-bunga tersebut adalah mawar, anggrek, tulip, matahari, daisy dan banyak lainnya.

Icon pack berupa gambar bunga kecil-kecil dapat Anda temui di tema ini. 



Tema Zodiak untuk HP Infinix

Sama seperti jumlah bulan yang ada di setiap tahun. Zodiak juga terdiri dari dua belas macam yaitu Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius. 

Anda dapat memasang tema-tema tersebut sesuai dengan zodiak yang Anda miliki. Simbol dari masing-masing zodiak akan terlihat di tema ini dalam fitur wallpaper, lock screen, charging animation.



Tema Fashion for All type Infinix

Bagi Anda pecinta fashion atau mode, Anda tentu saja dapat memilih tema ini. Fashion yang ditampilkan disini berupa gambar baju, sepatu, tas yang menunjukkan fashion dalam karakter kartun yang pastinya sangat menarik untuk dijadikan tema pada ponsel Infinix Anda.



Tema bintang untuk HP Infinix

Tema bintang disini berupa bentuk rasi bintang yang ada di langit. Beberapa orang ada yang mengagumi dan tertarik mempelajari rasi bintang. Bentuk rasi bintang yang ditampilkan di sini hampir sama dengan simbol pada zodiak pada tema sebelumnya. 

Bagi Anda yang belum mengetahui rasi bintang di sini yaitu kumpulan dari bintang-bintang yang bila dihubungkan akan menghasilkan bentuk khusus tertentu sesuai dengan yang telah ditentukan oleh ilmu astronomi.

Hampir sama juga dengan beberapa tema sebelumnya yang mengusung tema dark mode. Mode gelap memang digemari banyak orang karena dinilai mewah dan membuat ponsel terlihat mempunyai kesan yang wah.



Tema ikan untuk HP Infinix

Laut dan pantai menjadi tempat favorit kebanyakan orang. Ikan juga dinilai cocok untuk dijadikan tema. Gambar yang menyegarkan disini cocok untuk ponsel Infinix Anda.

Nah sedikit berbeda dengan tema-tema yang lain. Tema ikan disini memiliki dasar warna biru yang menggambarkan laut. Icon pack yang ditampilkan disini berupa ikan kecil-kecil yang membuat ponsel Anda nantinya akan terlihat seperti aquarium.



Tema squid game for Infinix

Film yang satu ini sangat viral hingga sekarang. Banyak merchandise uang dijual ikut meramaikan viralnya film tersebut. Infinix juga tidak mau ketinggalan untuk ikut meramaikan. Tema ini banyak sekali dipilih karena banyak yang suka dengan film ini.

Simbol yang khas yang ada di film ini akan hadir sebagai wallpaper di tema squid game for Infinix. 



Tema Big Hero

Kartun yang satu ini banyak sekali penggemarnya. Tidak heran jika film series ini selalu laris ditonton. Film series yang ditayangkan hingga saat ini yaitu mencapai series ke-6.

Big hero identik dengan baymax, yang merupakan superhero fiksi di film series tersebut. oleh karena itu ditema ini Baymax diterapkan sebagai wallpaper dan icon pack yang dapat Anda lihat.



Tema Ice Age

Ice Age adalah salah satu film kartun yang berseries. Film ini dirilis lebih dari 1 part. 

Film ini berlatar di zaman purba. Tema ini cocok bagi Anda penggemar film yang satu ini. 

Itulah beberapa tema yang bisa Anda coba di ponsel Infinix Anda. Sesuai dengan tema yang Anda senangi, Anda dapat memilih tema tersebut di ponsel Anda. 

Jadi tunggu apalagi, ayo ganti tema Anda sesuai dengan kesenangan Anda. Infinix telah memuaskan para konsumen dengan kelebihan dan tema-tema yang dimiliki.




Cara Mengubah Tema di Ponsel Infinix

Lalu bagaimana cara mengubah tema Infinix dengan tema-tema menarik seperti di atas? 

Untuk mengubah tema Infinix dengan menggunakan Xtheme adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu:

  1. Anda dapat memilih menu aplikasi Xtheme lalu tap
  2. Setelah masuk di Xtheme Anda dapat memilih opsi tema
  3. Nanti akan muncul berbagai tema-tema menarik yang disediakan Infinix
  4. Lanjut Anda dapat memilih tema yang sesuai dengan selera Anda
  5. Setelah tema dipilih, Anda dapat tap unduh dan bisa Anda pilih terapkan secara langsung
  6. Setelah pilih “terapkan” maka tema akan terpasang di ponsel Anda.

Bagaimana sangat praktis bukan? Selain Xtheme terdapat berbagai launcher-launcher lain yang dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan tema-tema apik dan unik lainnya. 


Di bawah ini adalah cara untuk mengubah tampilan tema ponsel Infinix Anda seperti ponsel besutan iOS. Berikut ini adalah cara untuk mengganti tema Infinix dark mode iOS 14:

  1. Untuk tema dark iOS, Anda dapat mendownload launcher iOS 14 terlebih dahulu
  2. Setelah terinstal, buka launcher tersebut
  3. Lalu pada pilihan “iPhone Style” dapat Anda aktifkan dan tap juga pada bagian “Padding Bottom” dapat Anda geser ke kanan.
  4. Lanjut Anda dapat membuat ukuran ikon sesuai dengan keinginan Anda
  5. Jika Anda ingin tampilan yang sangat mirip dengan iPhone, tak lupa untuk mengatur ukuran 6 x 4 di halaman utama pada ponsel.
  6. Setelah itu launcher akan memproses mengubah ikon ponsel Anda seperti iOS 14


Cukup mudah bukan? Lalu untuk tema-tema lainnya Anda dapat mengunduh XOS launcher terlebih dahulu. Dengan menggunakan launcher XOS Anda dapat mengubah tema-tema berikut :

  1. Hal pertama yang dilakukan yaitu Anda harus mendownload tema-tema yang Anda inginkan dahulu.
  2. Anda dapat mencari tema-tema dengan format mtz di pencarian Google
  3. Setelah tema terdownload
  4. Buka file manager di ponsel Anda
  5. Pilih theme dan pilih DIY
  6. Buat file di folder tersebut
  7. Buka xtheme
  8. Pilih tema, DIY, icon, impor
  9. Lalu tak lupa pilih tema yang akan dipasang
  10. Terapkan
  11. Dan tunggu beberapa saat
  12. Jika berhasil maka muncul tulisan selesai

Itulah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengubah tampilan tema ponsel yang telah Anda download. Terdapat beberapa pilihan tema yang bisa Anda pasang. Jika Anda ingin menggunakan tema yang sudah disediakan langsung oleh ponsel Infinix, Anda dapat langsung mengklik Xtheme.

Tapi jika tema yang ingin Anda pasang berasal dari unduhan, maka Anda wajib untuk mendownload juga launcher-launcher yang bisa memproses tema yang sudah Anda unduh.

XOS launcher pada Infinix merupakan launcher bawaan dari ponsel tersebut dimana launcher ini tidak dapat dihapus. Lalu apakah ada launcher lain yang bisa digunakan untuk ponsel Infinix? Tentu saja ada beberapa launcher Android yang dapat Anda coba pakai untuk menerapkan tema-tema terbaik di ponsel Anda.



Launcher 2.3.9 untuk Infinix Smart

Launcher ini dapat Anda unduh secara gratis di Play Store. Nama aplikasi yang menunjukkan launcher 2.3.9 disini adalah Yandex Launcher. Jadi Anda dapat memilih Yandex Launcher untuk Anda coba gunakan terapkan tema ponsel.

Yandex launcher dinilai sebagai launcher yang cukup ringan jika Anda mendownload launcher ini. Yandex launcher akan menyesuaikan komponen Android yang tersedia dengan kebutuhan Anda. Fitur-fitur yang didapat antara lain seperti:

  1. Kumpulan wallpaper (gunung, binatang, olahraga dan koleksi lainnya), 
  2. Tema (tema yang ditawarkan Yandex launcher yaitu seperti tema klasik yang terdiri dari dua pilihan warna yaitu terang dan gelap)
  3. Menu aplikasi (Navigasi aplikasi dapat digunakan dengan mudah)
  4. Ikon (ikon full pack tersedia di launcher ini dengan style yang unik)
  5. Dial pad (launcher ini tembus sampai ke pencarian kontak maupun dial pad)
  6. Widget (widget pada launcher ini ditampilkan dalam bentuk yang simpel namun sangat fresh. Widget disini menunjukkan informasi jam dan cuaca hari ini hingga minggu depan)



Nova Launcher

Nova launcher dinilai sebagai launcher paling baik di Play Store dengan banyaknya pengguna yang mengunduh launcher yang satu ini. Hal tersebut karena launcher ini menyediakan fitur-fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan launcher bawaan yang ada di ponsel Anda masing-masing.

Keunggulan yang dimiliki Nova Launcher yaitu Anda dapat mengganti tampilan halaman utama ponsel Anda dengan mengatur jumlah ikon aplikasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Shortcut-shortcut disini dapat Anda atur di laman homescreen ponsel Anda.

Fitur yang dapat Anda temukan di launcher ini yaitu :

  1. Launcher yang ditampilkan disini bertipe modern dengan jenis tampilan pola garis-garis dan icon pack berbentuk bulat. 
  2. Warna tampilan dasar di launcher ini diberi dua pilihan yaitu berwarna terang dan gelap. 
  3. Icon layout nya juga dapat atur ukurannya hingga sebesar 200%
  4. Jenis tulisan atau font di dini juga dapat Anda pilih sesuai kesukaan Anda begitu juga dengan size font nya dapat Anda atur
  5. Icon pack yang tersedia di sini tadi disebutkan dalam bentuk bulat. Ternyata warna icon nya di sini juga dapat Anda pilih apakah akan berwarna putih atau warna lainnya.
  6. Ukuran launcher ini cukup kecil yaitu sekitar 5 MB saja



Ratio Launcher

Launcher yang satu ini memberikan kesan yang minimalis. Sesuai menggambarkan kehidupan digital saat ini. Launcher ini mirip seperti tampilan iOS yang mengusung warna abu-abu dimana fitur yang ditawarkan juga cukup menarik. 

  1. Ciri khas dari launcher ini yaitu aplikasi dikumpulkan ke dalam satu folder 
  2. Aplikasi yang memiliki fungsi yang sama dikumpulkan di satu folder dimana contohnya aplikasi yang menunjukkan adanya pesan. Jadi nantinya jika ada pesan masuk yang berasal dari aplikasi pesan tersebut akan terkumpul menjadi satu di notifikasi yang sama.

Meskipun model ini sama seperti ponsel Android ada umumnya yang menunjukkan adanya notifikasi akan muncul menjadi satu di status bar. Namun tentu saja bila dikumpulkan ke dalam satu folder yang ditakutkan notifikasi yang penting justru akan terlewat.

Namun sebenarnya adanya folder aplikasi pesan disini dapat memudahkan Anda untuk mengontrol adanya pesan masuk hanya di satu lokasi saja. Jadi jika Anda merasa cocok dengan launcher ini, Anda dapat mengunduhnya di Play Store.

  1. Widget yang ditampilkan disini sangatlah modern dan minimalis. Kebanyakan orang dipastikan akan sangat tertarik dengan widget yang dimiliki launcher yang satu ini.
  2. Widget yang ditunjukkan disini beralas dasar transparan yang memberi kesan jelas fokus pada tulisan keterangan hari, tanggal, jam dan cuaca yang ditampilkan hari ini.
  3. Anda juga dapat mengakses quick action atau aksi cepat untuk menu aplikasi yang dinilai penting. Quick action disini mirip seperti istilah shortcut di homescreen pada launcher sebelumnya.
  4. Keunggulan dari launcher ini adalah adanya menu universal search. Universal search ini memungkinkan Anda untuk mencari hal-hal yang ingin Anda cari baik itu kontak maupun file dimana hasil yang ditunjukkan pada universal search adalah semua hal yang berkaitan dengan yang kita cari tersebut. 



POCO Launcher 2.0

Launcher bernama POCO ini adalah launcher yang dihasilkan oleh seorang pengembang yang sama yang telah menciptakan Xiaomi. Sehingga jika Anda mendownload atau akan mengaktifkan launcher ini maka tampilan yang dihasilkan akan sama seperti Xiaomi.

Jadi jika Anda mendownload launcher ini hampir mirip dengan Anda menerapkan tema MIUI 12 di ponsel Infinix Anda. Berbeda dengan Ratio Launcher, POCO Launcher akan mengumpulkan aplikasi yang berwarna sama di satu folder. 

Pemilihan aplikasi yang dikumpulkan menjadi satu ini tentu saja akan memudahkan Anda dalam mencari aplikasi yang nantinya akan Anda gunakan. Contohnya Anda akan menggunakan WhatsApp dimana aplikasi ini berwarna hijau. Maka Anda dapat memilih folder yang berwarna hijau. 

Cukup mudah untuk ditemukan bukan? Selain itu launcher ini juga memiliki fitur yang dinamakan hidden drawer yaitu fitur yang dapat menyembunyikan suatu aplikasi ingin tidak ingin Anda tampilkan.


Fitur yang ditampilkan yaitu:

  1. Sama seperti launcher sebelumnya yang menyediakan tampilan dasar gelap dan terang, POCO launcher juga menyediakan dua warna tersebut.
  2. Pada menu pengaturan launcher, Anda dapat memodifikasi semua personalisasi sesuai keinginan Anda. 
  3. Background, icon pack, dan layout dapat Anda atur di pengaturan
  4. Pengaturan tambahan juga ada di menu tersebut yang berisi pengaturan home screen, icon yang akan disembunyikan dan pengaturan lock screen.
  5. Paket ikon disini disediakan beberapa pilihan yang bisa Anda cocokkan dengan wallpaper yang Anda pilih
  6. Launcher ini tentunya memiliki fitur yang aman dan cepat dimana kemungkinan kinerja ponsel melambat di sini sangat kecil kemungkinannya.
  7. Seperti yang disebutkan tadi, aplikasi dikategorikan ke beberapa folder sesuai dengan warna yang dimiliki aplikasi masing-masing.



Lawnchair 2

Awal tujuan diproduksi launcher Lawnchair adalah sebagai tiruan dari Google Pixel. Namun sebetulnya launcher ini bisa dibilang sebagai versi lengkap atau versi tambahan dari Google Pixel. Hal tersebut karena launcher ini memiliki fitur yang lebih lengkap yang tidak dimiliki oleh Google Pixel.

Fitur-fitur seperti shortcut, mengganti ikon pack mengupdate Google feed tidak bisa dilakukan oleh Pixel namun mampu dihasilkan oleh Lawnchair. Fitur lengkap yang ada pada Lawnchair diantaranya :


Tema

Isi dari pengaturan tema disini adalah icon, warna dan pengaturan blur.


Desktop

Anda dapat mengatur tampilan halaman utama yang berupa lock screen dan transisi dari suatu wallpaper pada menu desktop ini.


Waktu

Untuk mengatur waktu disini berupa tanggal, jam dan sumber waktu disesuaikan dengan lokasinya.


Drawer

Di menu drawer di sini Anda dapat mengatur kumpulan kategori aplikasi yang dapat Anda pilih untuk disatukan di satu folder.



Smart Launcher 5

Launcher selanjutnya bernama smart launcher yang pintar sesuai namanya. Launcher ini mengaplikasikan kinerja otomatis yang akan memilah aplikasi berdasarkan kategorinya. Selanjutnya fitur pada launcher ini yaitu terdapat smart search dan ambient theme yang akan mencocokkan warna antar muka dengan background yang sedang dipakai saat ini.

Semua aplikasi dikumpulkan menjadi satu secara otomatis. Tampilan widget dan shortcut dapat Anda tempel dan tata di halaman utama.



Action Launcher

Action launcher mungkin banyak dicari bagi Anda yang senang sekali menghemat daya baterai. Action launcher memiliki keunggulan yaitu ringan digunakan dan hemat baterai. 

Launcher ini dapat melakukan penggantian ikon dan penambahan widget hanya di halaman utama ponsel saja. Hal tersebut yang menunjukkan bahwa launcher ini sangat ringan sehingga Anda dapat terhindar dari masalah kinerja ponsel yang lemot.

Ikon pack yang dipakai di sini berbentuk lingkaran. Koleksi aplikasi yang ditampilkan di launcher ini juga sedikit berbeda dengan launcher pada umumnya.

Biasanya jika aplikasi dikumpulkan menjadi satu dan membentuk folder, aplikasi tersebut akan mengecil sehingga Anda perlu menge tap folder untuk mengetahui apa saja isi yang ada pada folder tersebut. 

Namun pada action launcher ini aplikasi yang tergabung menjadi satu di folder terlihat membesar dan letaknya membesar ke layar. 

Bagi Anda yang tidak menyukai tampilan yang tidak sistematis, Anda diharapkan tidak memilih launcher ini karena launcher ini dinilai kurang rapi dan tidak sistematis.



Microsoft Launcher

Launcher ini bekerja sama dengan Windows 10. Oleh karena itu tampilannya sangat apik dan elegan. Tampilannya sangat mirip seperti Windows 10 yang biasanya dipakai di komputer. Launcher ini juga mengedepankan adanya peningkatan kinerja ponsel sehingga tetap lancar tidak lemot.

Itulah beberapa launcher yang bisa Anda pakai selain dengan menggunakan launcher bawaan dari ponsel yang Anda miliki. Launcher dapat menjadi solusi jika tema yang Anda pilih masih belum Anda yang sesuai. Namun untuk tema memiliki pilihan yang sangat banyak.

Jadi sesuai kebutuhan Anda jika Anda menginginkan tampilan sesuka hati Anda, Anda dapat memilih pilihan tema dari ponsel Infinix. Namun jika Anda ingin mengorganisir aplikasi-aplikasi yang ada di halaman ponsel Anda, Anda dapat menggunakan launcher yang memiliki beberapa layanan untuk mengumpulkan aplikasi sesuai dengan beberapa kategori.

Berikut Ini Adalah Kelebihan Maupun Kekurangan Jika Anda Memasang Tema Yang Berasal Dari Unduhan Eksternal.



Kelebihan menggunakan tema pada ponsel Infinix Anda

Tampilan ponsel akan lebih menarik

Sebelum mengaktifkan tema-tema terbaru, tema bawaan terkadang cukup membosankan karena desainnya untuk semua jenis ponsel terkadang dinilai kaku dan biasa. Sedangkan tema-tema terbaru disini kebanyakan berasal dari kesenangan kita yang menyebabkan ketika mengaktifkan ponsel Anda tidak akan merasa bosan. 

Khusus tema pada ponsel Infinix ini Anda dapat mengaktifkan beberapa tema yang sesuai dengan ponsel OS lain yang dapat memuaskan Anda seperti berganti-ganti ponsel terus setiap saatnya. 



Lebih nyaman untuk dilihat

Tema yang ditampilkan disini beraneka ragam warna. Mulai dari warna yang soft hingga warna-warna netral. Hal tersebut yang menyebabkan Anda pasti akan merasa lebih nyaman setelah tema di ponsel Anda diganti.

Warna-warna yang netral disini berupa hitam, putih hingga biru yang tergolong warna-warna gelap. Warna-warna gelap ini banyak diminati beberapa orang dan juga nyaman untuk dilihat karena pantulan cahaya yang disebabkan disini akan lebih sedikit. 



Kekurangan menggunakan tema Infinix

Kinerja ponsel Anda akan melambat

Dengan mengunduh banyaknya tema, maka ruang penyimpanan akan penuh dan membuat kinerja ponsel jadi melambat. Selain itu dengan memasang suatu tema di ponsel Anda maka itu berarti aplikasi launcher yang ada pada ponsel Anda juga akan terus dijalankan.

Ini berarti akan membuat ponsel Anda semakin berat sehingga mengakibatkan kinerjanya melambat. Apalagi jika tema yang Anda pilih terdapat animasi atau tulisan-tulisan yang berjalan seperti screen saver, itu salah satu yang bisa membuat kinerja ponsel Anda melambat. 

Ditambah jika Anda juga menerapkan tema yang memiliki sleep theme atau lockscreen theme. Dalam keadaan sleep atau terkunci itu juga akan membuat ponsel Anda melambat.

Namun bagi ponsel Anda yang memiliki kapasitas ukuran RAM lebih dari 6 GB maka hal tersebut kecil kemungkinan terjadi.


Pemakaian RAM dan baterai yang banyak

Karena berjalannya aplikasi launcher terus menerus sehingga hal ini mengakibatkan baterai yang dipakai pada ponsel Anda akan lebih banyak. Jadi baterai ponsel Anda akan cepat sekali habis. Begitu juga dengan RAM yang dipakai disini lebih banyak sehingga ruang yang tersisa semakin sedikit yang menyebabkan pada akhirnya kinerja ponsel akan melambat bahkan sampai ke proses nge lag.


Pemakaian data dan kuota

Tidak hanya baterai dan RAM yang banyak terpakai, data dan kuota Anda juga sedikit demi sedikit akan terkuras. Hal tersebut karena berjalannya aplikasi launcher terkadang memunculkan iklan-iklan yang akan menghabiskan data kuota Anda. Dan pastinya akan boros karena notifikasi-notifikasi iklan akan muncul jika tema tersebut diterapkan.

Itulah beberapa kekurangan jika Anda mengubah tema yang Anda dapatkan dari hasil download. Jika Anda tidak ingin kekurangan tersebut menyerang ponsel Anda, Anda dapat mengaktifkan tema yang berbayar.

Kekurangan-kekurangan tersebut banyak terjadi pada aplikasi launcher atau tema yang gratis. Jika Anda memilih launcher atau tema yang premium atau berbayar. Maka iklan yang ada tidak akan muncul dan ponsel Anda tidak akan melambat.

Jadi Anda dapat menentukan pilihan Anda sebelum mengaktifkan tema Infinix pada ponsel Anda.