Cara Menghubungkan Kamera HP Android ke Laptop Atau PC Untuk Zoom




Oppotutorial.com – Saat webcam netbook atau computer hancur, kamu bisa manfaatkan smartphone selaku substitusinya untuk lakukan diskusi, belajar, sampai pertemuan dengan daring lewat program Zoom.

Kamu bahkan juga dapat melakukan dengan benar-benar gampang sebab beberapa basis sudah membuat jalan keluar untuk menyambungkan camera smartphone ke computer selaku alternatif webcam.

DroidCam jadi satu diantara service yang saya referensikan untuk ini. Faktanya, kita dapat memakai program ini lebih bebas dengan memakai kabel atau dengan nirkabel.

Apa lagi di lain sisi, service yang ditingkatkan oleh Dev47Apps itu mempunyai versus gratis yang dapat didownload lewat Google Play Store di smartphone Android atau Apple Apps Store untuk piranti iOS.

Lantas bagaimanakah langkah menyambungkan camera smartphone ke netbook atau computer untuk lakukan panggilan video lewat Zoom dengan memakai DroidCam? Jawabnya, baca penjelasan berikut ini.

Cara Menghubungkan Kamera HP Android ke Laptop Atau PC Untuk Zoom


Penyiapan

Sebelum menyambungkan camera smartphone ke computer, kamu perlu mempersiapkan banyak hal seperti program dan perlengkapan tambahan supaya sukses melakukan. Lebih detil, kamu pertamanya perlu menempatkan program DroidCam lewat toko program di smartphone (dapat coba versus gratisnya lebih dulu).

Kamu perlu mengambil program klien DroidCam untuk computer lewat halaman http://www.dev47apps.com/ dengan mengetuk metode operasi yang sama dan memencet tombol yang ada dibagian atas halaman seterusnya.

Janganlah lupa untuk memasang program klien itu di computer atau netbook saat sebelum memakainya. Dalam ini, kamu dapat memasangnya seperti umumnya tetapi di bagian Choose Components yakinkan semua tercentang.

Jika cuman pengin menyambungkan camera smartphone ke netbook serta computer dengan nirkabel, kamu dapat meneruskan ke sisi 2 berkenaan langkah melakukan. Tetapi bila memerlukan jaringan lebih konstan lewat kabel, kamu perlu beberapa tambahan kembali.

Untuk menyambungkan camera smartphone ke netbook atau computer lewat kabel, kamu perlu mempersiapkan kabel data serta menempatkan program iTunes bila memakai piranti iOS yang dapat didownload dari halaman https://www.apple.com/itunes/ langsung dari computer untuk pastikan seluruh driver dipasang semuanya.

Selaku catatan, pemakai Windows juga dapat mengambilnya lewat Microsoft Store serta perlu melalui langkah-langkah kembali untuk menempatkan elemen yang diperlukan oleh DroidCam.

Sesaat untuk pemakai Android, kamu perlu aktifkan feature USB Debugging dalam ini. Untuk yang belum mengetahui langkah, pada umumnya feature ini dapat diaktifkan dengan berkunjung ke halaman penataan smartphone, masuk di sisi About Phone, serta mengetuk Build Number seringkali.

Sesudah ada pop-up yang memperlihatkan jika Developer options telah aktif, membuka halaman penting penataan selanjutnya mencari sisi penataan pengembang itu lalu aktifkan pilihan USB Debugging.







Langkah Menyambungkan Camera Smartphone ke Netbook atau Komputer

  1. Bagi kamu yang pengin menyambungkan camera smartphone ke netbook atau computer lewat jaringan nirkabel, janganlah lupa untuk pastikan ke-2 piranti ada dalam jaringan Wi-Fi yang serupa.
  2. Kemudian kamu dapat buka program DroidCam di smartphone, selanjutnya mendesak seringkali tombol dibagian bawah serta menyepakati beberapa keinginan izin akses program bila baru pertama kali memakainya.
  3. Usai lakukan beberapa langkah pertama di DroidCam smartphone, kamu seterusnya dapat berpindah ke netbook atau computer lalu buka program klien DroidCam yang dipasang awalnya.
  4. Seterusnya, kamu perlu pastikan untuk masuk di dalam model Wi-Fi dengan mengetuk simbol yang seperti pada sisi atas halaman DroidCam Klien di computer.
  5. Cara paling akhir, masukan data-data yang terbuka di program smartphone seperti Wi-Fi IP atau DroidCam Port ke kolom Piranti IP serta DroidCam Port di program computer, lalu yakinkan mencontreng sisi video serta audio. Pencet tombol Start untuk mengawali service.


Memakai DroidCam Lewat Kabel Data

Sementara untuk pemakai yang pengin menyambungkan camera smartphone ke netbook dengan memakai kabel, kamu bisa buka serta mengikut beberapa langkah pertama di program DroidCam smartphone.

Kamu seterusnya bisa buka DroidCam Klien di computer serta aktifkan model USB dengan mengetuk simbol seperti berikut ini.

Kamu juga selanjutnya bisa menyambungkan smartphone ke netbook atau computer dengan memakai kabel data yang telah dipersiapkan awalnya. Nantikan sesaat, sampai ke-2 nya betul-betul tersambung.

Untuk piranti Android, kamu umumnya akan menemui keinginan akses USB Debugging di smartphone hingga perlu mengetuk tombol OK atau yang tepat agar DroidCam bisa bekerja.

Sesaat untuk pemakai piranti iOS, kamu perlu mengetuk tombol Kepercayaan bila ada peringatan "Kepercayaan this Computer" di smartphone waktu jaringan sukses dilaksanakan.

Kamu seterusnya bisa menyaksikan DroidCam Klien di computer, pastikan kolom USB telah tersisi (pencet tombol refresh seringkali bila belum), serta mengklik tombol Start untuk mengawalinya.


Penutup

Jika sukses, program DroidCam Klien di computer dengan sistem kabel atau dengan nirkabel akan tampilkan gambar yang serupa dengan hasil ambil video dari program DroidCam di smartphone.

Untuk pastikan DroidCam bekerja secara baik di program Zoom, kamu seterusnya perlu buka program pertemuan video itu serta masuk di sisi penataan video.

Untuk kamu yang belum mengetahui langkah melakukan, pertama kali ketok tombol photo profile dibagian sudut kanan atas program, tentukan pilihan Settings, selanjutnya masuk di tab Video.

Di halaman itu, kamu bisa menyaksikan apa video dari DroidCam tampil di program Zoom atau mungkin tidak. Bila tidak, kamu dapat menukar sisi Kamera ke sumber yang tepat. 

Lewat penataan video ini, kamu dapat dengan gampang memutar penampilan tangkapan camera tiada perlu memutar smartphone dengan mengetuk tombol di bawah ini.

Dengan mengikut beberapa langkah di atas, kamu tidak perlu cemas kembali bila mendadak webcam netbook atau komputermu hancur walau sebenarnya sedang cepat-cepat untuk lakukan panggilan video lewat Zoom.

Kamu sayang tidak dapat memakai sistem di atas untuk piranti MacOS sebab DroidCam Klien saat ini cuman ada untuk computer berbasiskan Windows serta Linux.

Tetapi di lain sisi, kamu juga untungnya dapat memakai sistem di atas untuk program-aplikasi tele-konferensi daring lain seperti Google Meet serta Skype.