Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Oppo

    Oppotutorial.com - Wabah Covid-19 membuat beberapa orang harus tinggal di dalam rumah. Bekerja dan sekolah juga harus dikerjakan secara online. Karena itu, kuota data jadi salah satunya keperluan primer di tengah-tengah wabah.

    Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Oppo


    Konsumsi akses internet yang bertambah cepat benar-benar tidak terhindar di saat wabah saat ini. Apa lagi, kerja dan sekolah harus dikerjakan secara online, bahkan juga seringkali harus video konferensi untuk dapat tersambung dengan rekanan kerja atau kelas.


    Bukan hanya untuk terhubung program yang memberikan dukungan pekerjaan atau evaluasi, saat ada di dalam rumah, pola hidup juga sekarang semakin banyak ke arah digital. Ini tidak dipungkuri tuntut konsumsi kuota internet tiada henti.


    Sikap nikmati tontonan lewat tv dengan gratis sekarang mulai berpindah ke tontonan berbayar yang dapat dijangkau lewat piranti mobile dan membutuhkan kuota data lumayan besar.


    Berdasar Survey Sosial Demografi Imbas Covid-19 2020 yang dikerjakan Tubuh Pusat Statistik (BPS), berlangsung kenaikan pemakaian internet sesudah implementasi peraturan work from home (WFH).


    Hasilnya, 56,55 % informan akui keperluan mereka pada pulsa untuk internet makin bertambah sesudah wabah. Tambahan keperluan ini otomatis memberi andil pada konsumsi data yang besar sekali.


    Jika tidak dikontrol, skema konsumsi data ini tetap akan kuras habis dompet customer. Untungnya, beberapa operator telekomunikasi di tanah air sudah sediakan paket data internet dengan biaya dapat dijangkau untuk mengurangi beban warga terutamanya untuk rutinitas Evaluasi Jarak Jauh (PJJ).







    Tetapi hanya itu nampaknya masih kurang. Pemakai internet perlu mengatur pemakaian kuota internet di smartphone mereka, bila pengin lebih mengirit pengeluaran.


    Salah satunya yang dapat dikerjakan dengan aktifkan feature penghemat kuota yang berada di smartphone. Benar-benar tidak seluruhnya smartphone punyai feature ini.


    Pemakai Oppo Reno4 F dapat aktifkan feature penghematan kuota lewat Seting (penataan), selanjutnya pilih pilihan kartu SIM dan data mobile (SIM Card dan Mobile Data).


    Di bagian bawah ada opsi pemakaian data (Data Usage). Sesudah masuk, pemakai bisa lakukan pembatasan penggunaan data mobile dibagian Mobile Data Limit.


    Melalui feature ini, pemakai bisa lakukan rekonsilasi pada limit data bulanan (Set monthly data limit). Disamping itu, pemakai dapat aktifkan feature pemberitahuan (Set monthly data warning) yang menginformasikan waktu penggunaan data nyaris capai limit yang diberi.


    Disamping itu, pemakai diberi model hemat daya lewat Data Saving. Jika feature ini diaktifkan, karena itu program yang bekerja pada background (latar belakang) seperti e-mail, Instan Messaging, dan program media sosial tidak bisa memakai kuota data.


    Sesaat program yang aktif di muka (foreground) bisa ditata untuk lakukan penghematan data misalkan untuk kurangi resolusi gambar.


    Saat feature ini aktif, maka tampil simbol Data Saving di posisi bar di bagian atas monitor. Pemakai pun tidak dapat memakai peranan network tethering atau share jaringan internet Wi-Fi dari smartphone.


    Tidak cuman pemakai Oppo, pemakai smartphone Samsung juga dapat mengaplikasikan penataan sama.


    Triknya, masuk di Seting, selanjutnya tentukan pilihan Data Saver. Bila opsi ini diaktifkan, smartphone akan automatis memotong pemakaian kuota dengan larang program terhubung kuota internet di latar belakang.


    Jika langkah ini masih tidak cukup, kamu dapat aktifkan feature yang lain yang ada di Seting. Selanjutnya, faksi Data Usage dan tentukan pilihan Billing Cycle and Data Warning.


    Untuk batasi data, kamu dapat pilih pilihan Set Data Limit. Kamu dapat pilih sendiri, berapakah batas kuota yang dikeluarkan.


    Kamu bisa juga memperoleh pemberitahuan setiap kali pemakaian kuota sudah melebihi batasan. Masih di menu Billing Cycle and Data Warning, kamu dapat aktifkan Data Warning selanjutnya memberi pernyataan bila pemakaian kuota telah capai batas.