Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Reset Printer Dengan Resetter Printer Canon MP237

Resetter Printer Canon MP237 - Printer kini menjadi kebutuhan penting. Sudah hal yang wajar untuk memiliki printer di rumah maupun kos. Terutama bagi mereka yang masih bersekolah atau memiliki anak usia sekolah. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini, banyak tugas – tugas yang dikirimkan melalui email atau google sheet dan siswanya harus melakukan print tugas.


Resetter Printer Canon MP237
Resetter Printer Canon MP237


Tidak hanya pelajar, bahkan ibu rumah tangga dan pedagang saat ini juga memiliki printer. Gunanya bermacam – macam, mulai dari untuk mencetak menu, resep dan lain sebagainya. Printer yang dilengkapi dengan scanner juga merupakan printer yang paling difavoritkan. Karena bisa dengan mudah men-scan foto maupun dokumen yang dibutuhkan. 


Jasa fotocopy yang jarang ditemukan juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memiliki printer saat ini. Printer tanpa scanner pun kini bisa digunakan untuk meng-copy dokumen. Caranya adalah dengan memfoto dokumen lalu mengeditnya menggunakan beberapa aplikasi atau bahkan scanner lalu tinggal memindahkan file tersebut dari Hp ke laptop atau PC maka dokumen bisa di print atau copy dengan mudah. 


Tentunya kehadiran printer sangat penting untuk menunjang segala aktivitas belajar. Namun ada kalanya printer yang kita miliki mengalami gangguan. Bahkan bukan hanya sesekali, sering kita dengar printer yang rusak atau macet. Sehingga kegiatan cetak mencetak tertunda. 



Beberapa Masalah printer Canon MP237


Salah satu printer yang paling banyak dimiliki oleh orang adalah printer Canon MP237.  Printer Canon MP237 ini merupakan printer multifungsi sehingga paling sering digunakan. Printer ini sendiri merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yaitu MP250. 


Printer Canon MP237 sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan seri pendahulunya MP250. Printer ini bisa digunakan untuk mencetak atau print, scan dan juga copy. Yang membedakan Canon MP237 dengan MP250 adalah desainnya lebih ramping sehingga beratnya juga lebih ringan. 


Printer Canon MP237 ini juga merupakan printer yang ramah di kantong. Harga baru untuk printer ini berkisar 1 jutaan saja. Itulah mengapa meski sudah termasuk dalam tipe lama, printer ini masih banyak digunakan. Hanya saja, karena memang bukan masuk dalam golongan printer heavy duty, maka sering terjadi masalah ketika printer terlalu sering digunakan atau melebihi kapasitas. 


Kendala atau masalah yang sering muncul pada printer Canon MP237 adalah error P07 atau E08. Biasanya masalah mulai muncul karena penggunaan cartridge digantikan dengan sistem infus. Ketika error muncul maka pada layar LCD akan muncul notifikasi “The Ink Absorber is Almost Full”. Apabila masalah ini mulai muncul, ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengatasi yaitu dengan tahap service mode dan reset menggunakan resetter printer canon mp237.



Penyebab Error Pada Canon Mp237







Error P07 atau E08 merupakan error yang paling sering terjadi pada printer Canon MP237. Masalah ini sering terjadi karena printer ini memiliki bantalan kecil berupa spons. Spons ini digunakan untuk menyerap tinta pembuangan. Tinta hasil buangan saat mencetak atau cleaning head cartridge. Jika bantalan spons penuh maka akan terjadi error P07 atau E08 ini. 



Cara Mengatasi Error Canon MP237 Dengan Service Mode


Tahap pertama sebelum melakukan reset dengan resetter printer canon mp237 adalah dengan melalui tahap service mode. Beberapa orang akan langsung melakukan reset. Hanya saja, jika kita melalui tahap service mode maka proses reset printer canon Mp237 akan berjalan dengan lebih lancar.

 

Langkah untuk melakukan service mode adalah dengan mematikan terlebih dulu printer Canon Mp237. Matikan dengan cara menekan tombol power pada printer. Ketika printer sudah mati, tekan tombol STOP/RESET. Kemudian tekan tombol STOP/RESET bersamaan dengan menekan tombol power. 


Setelah itu lepaskan tombol STOP/RESET dan tetap tekan tombol POWER. Jangan melepas tombol POWER dan secara bersamaan tekan tombol STOP/RESET berulang sebanyak 6 kali lalu lepaskan bersamaan dengan melepas tombol POWER. 


Jika berhasil maka akan muncul device baru pada komputer. Namun jika gagal, maka tidak akan ada device baru. Jika gagal, ulangi lagi proses tadi. Mungkin saja kita melakukan kesalahan saat menekan tombol. 



Cara Reset Canon MP237 Dengan Resetter


Setelah printer Canon MP237 masuk ke dalam tahap service mode, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan reset menggunakan resetter printer canon mp237. Kita harus mendapatkan tool untuk mereset printer Canon MP237 terlebih dulu.


Lakukan download resetter printer canon mp237. Jika software resetter Canon Mp237 sudah terdownload lakukan extract file. Namun langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan extract file Canon Service Tool V3400. Setelah memiliki service tool maka kita bisa melakukan reset.


Jalankan resetter printer canon mp237 pada komputer atau PC yang terhubung pada printer Canon MP237. Maka akan muncul dialog dengan berbagai pilihan menu. Pilih menu Clear Ink. Pada Clear Ink counter pilih menu MAIN. Lalu pilih menu atau klik tombol SET. 


Demikian juga pada pilihan menu Ink Absorber pilih menu MAIN lalu tekan set. Jangan lupa untuk klik EEPROM. Setelah kita mengklik EEPROM maka printer akan mencetak satu halaman dengan tulisan D = 000.0. Jika sudah sampai proses ini segera matikan printer. 


Untuk memastikan reset printer Canon MP237 kita berjalan optimal, nyalakan kembali printer lalu lakukan test print. Ini gunanya untuk meyakinkan bahwa semua proses sudah terlaksana dengan baik. Jika masih gagal maka ulangi lagi. Namun jika gagal juga sebaiknya bawa printer Canon MP237 ke service center untuk dilakukan pengecekan oleh ahlinya. 



Cegah Error Dengan Perawatan Yang Baik


Kesimpulannya, jangan terburu – buru membawa printer Canon MP237 kita ke tukang service jika memang masih bisa kita reset sendiri. Saat ini banyak link download untuk resetter printer canon mp237. Namun pastikan juga bahwa kita sudah memiliki Service Tool untuk printer ini. 


Jika terpaksa harus membawa printer untuk diservice maka pastikan kita membawa ke service center Canon. Namun jika masih tidak memungkinkan maka pilih jasa service printer yang terpercaya. Sebaiknya juga jika memang kegiatan mencetak tidak terlalu banyak, jangan gunakan infus. Menggunakan cartridge asli lebih baik jika memang cartridge masih mudah ditemukan. 


Karena, kadang untuk printer model lawas beberapa cartridge sudah tidak bisa ditemukan dengan mudah. Terutama bagi kita yang tinggal jauh dari perkotaan akan sangat sulit menemukan cartridge. Maka menggunakan infus adalah salah satu solusi. 


Sebaiknya cari juga info untuk merawat printer agar tetap dalam kondisi prima. Karena printer merupakan salah satu kebutuhan saat ini. Mengingat kini sudah cukup sulit untuk menemukan rental dengan jasa printer kecuali di daerah yang memang dekat dengan pusat  pendidikan. 


Jika memang tidak terlalu penting juga jangan terlalu sering melakukan head clean atau cleaning printer karena akan membuat bantalan spons printer menjadi cepat penuh. Lakukan print paling tidak satu lembar setiap hari agar kondisi printer Canon MP237 tetap dalam kondisi baik.