Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Scan di Printer Canon

    Cara Scan di Printer Canon - Begitu banyak alat-alat teknologi informasi yang canggih saat ini. Ditambah lagi beberapa alat teknologi yang bermunculan membantu banyak orang dalam melakukan berbagai macam pekerjaan. Baik pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, dan lain sebagainya. Untuk salah satu contoh dari alat teknologi yang bisa memberikan banyak kemudahan adalah printer. Terbukti bahwa banyak keunggulan yang saat ini bisa didapatkan dari printer itu sendiri. 


    Cara Scan di Printer Canon
    Cara Scan di Printer Canon


    Printer Canon, Merk Printer Terbaik 

    Dari sekian banyak merk printer yang sudah banyak dijual di pasaran, salah satu merk printer yang cukup terkenal bahkan sudah digunakan oleh banyak orang adalah printer merk Canon. Ada banyak kelebihan yang akan Anda peroleh jika memilih untuk menggunakan jenis printer ini. Di mana hasil cetakan dari printer ini sangat memuaskan. Selain itu, masih banyak lagi kelebihan yang bisa didapatkan dari printer Canon sendiri. 


    Ada banyak fitur yang bisa dikerjakan oleh printer Canon ini sendiri seperti salah satunya scan. Lalu, bagaimanakah cara scan di printer Canon? Akan tetapi, sebelumnya pahami terlebih dahulu apa pengertian dari scan sendiri. Proses scan ini sendiri adalah proses copy dokumen maupun gambar yang nantinya disimpan menjadi file di komputer. Sedangkan untuk alat yang digunakan untuk proses scan ini sendiri disebut dengan scanner. 


    Sebelum menggunakan printer, dulunya proses scan ini dilakukan menggunakan scanner. Namun, seiring perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat, maka printer, mesin foto copy, bahkan menggunakan smartphone seperti Android pun proses scan bisa dilakukan dengan begitu mudahnya. 








    Proses Melakukan Scan dengan Printer Canon

    Ada banyak kebutuhan yang dilakukan oleh banyak orang ketika mereka akan melakukan proses scan. Biasanya, beberapa orang melakukan proses scan karena memiliki keperluan dalam mengirim file dengan waktu yang singkat. Ada juga tujuan beberapa orang melakukan proses ini karena dijadikan sebagai sebuah dokumentasi file agar tidak rusak, sehingga scan ini dilakukan. Adapun tujuan lain dalam melakukan scan ini berfungsi untuk membuat file digital yang digunakan dalam berbagai keperluan. 


    Setelah mengetahui tujuan dari beberapa orang melakukan proses scan, maka langkah selanjutnya yang harus Anda pahami adalah bagaimana cara scan di printer Canon? Nah, untuk mengetahuinya, maka simaklah penjelasannya sebagai berikut ini:

    1. Siapkan printer Canon yang akan Anda gunakan. Ada banyak seri printer yang bisa Anda pilih yang pastinya semua serinya memiliki kelebihannya tersendiri terlebih lagi dari hasilnya yang berkualitas. 
    2. Setelah menentukan printer Canon yang akan digunakan, kemudian hubungkan kabel printer dengan komputer atau laptop yang akan digunakan. Penghubung ini menggunakan kabel USB. 
    3. Setelah disambungkan, nyalakan printer dengan memencet tombol ON yang ada pada printer. 
    4. Kemudian nyalakan komputer atau laptop yang Anda gunakan. 
    5. Persiapkan file atau dokumen yang akan Anda scan. 
    6. Bukalah penutup scanner yang ada pada printer Canon Anda, kemudian letakkan file, gambar maupun dokumen yang akan Anda scan dan menghadap ke bawah. Usahakan untuk meletakkan dokumen menghadap ke bawah. 
    7. Setelah diletakkan, kemudian tutup bagian penutup scanner. 
    8. Kemudian, lihat pada komputer atau laptop Anda, lalu cari di Windows dan jalankan program Windows fax and scan. 
    9. Pilih “new scan” di bagian pojok kanan atas. Setelah dipilih, nantinya akan muncul jendela pengaturan untuk scan. 
    10. Untuk menu dari “profil” maupun “source” tidak perlu Anda ubah-ubah. Sedangkan untuk format yang akan dipilih, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk tipe file yang akan digunakan, bisa Anda pilih dengan format JPG. Pilihlah 300 untuk resolusinya, karena hal ini akan membantu untuk membuat gambar yang dihasilkan jauh lebih jelas. 


    Selanjutnya, anda bisa lanjutkan dengan langkah dibawah ini.
    1. Sebelum Anda memilih untuk menekan scan, akan ada baiknya apabila Anda memilih preview terlebih dahulu untuk melihat hasilnya sebelum memilih untuk scan. 
    2. Dengan melihat hasil dari preview, maka kita semua bisa mengatur file yang dihasilkan nantinya. 
    3. Anda bisa menghilangkan tanda centang pada kotak dengan tulisan “preview or scan images as separate file”. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda dapat mengatur halaman mana saja yang akan kita scan tanpa harus mengikutsertakan seluruh halaman yang ada. 
    4. Ketika Anda sudah menyelesaikan pengaturan dan halaman mana saja yang akan Anda scan, maka Anda bisa memilih scan dokumen dan tunggu hingga proses scan selesai. 
    5. Setelah proses scan selesai, nantinya file yang sudah Anda pilih akan secara otomatis tersimpan dalam folder “Scanned Documents” pada laptop maupun komputer yang Anda miliki. Untuk mencarinya, Anda bisa menemukannya di “My Documents”. 



    Informasi Tambahan, Scan Menggunakan Android

    Di atas adalah informasi tentang bagaimana cara untuk melakukan proses scan document menggunakan printer khususnya menggunakan merk Canon. Sebenarnya terdapat cara lain yang dapat dilakukan untuk melakukan scan dengan mudah dan praktis yaitu menggunakan smartphone berbasis Android. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini cara-caranya:


    1. Anda harus download terlebih dahulu Cam Scanner pada Play Store. 
    2. Setelah di download, maka Anda bisa segera untuk menginstalnya. 
    3. Ketika aplikasi sudah terinstal, maka Anda bisa memilih ikon kamera yang nantinya digunakan untuk mengambil gambar dokumen yang ingin Anda scan. 
    4. Nantinya Anda bisa menemukan beberapa pilihan khususnya pilihan mode. Di mana ada pilihan mode seperti batch mode maupun single mode. Nantinya batch mode ini digunakan untuk mengambil gambar dokumen lebih dari 1 secara berturut-turut. Sedangkan untuk single mode pastinya hanya bisa digunakan untuk mengambil satu dokumen saja. 


    Kemudian dilanjutkan dengan,
    1. Scan dengan menggunakan Android ini memiliki 3 jenis data yang digunakan baik menggunakan dokumen biasa, menggunakan id card maupun menggunakan barcode. 
    2. Setelah Anda menentukan jenis dokumen bahkan resolusi yang akan digunakan, maka Anda bisa mengatur rotasi serta area-area mana saja yang akan dipotong khususnya pada tepian-tepian dokumen. 
    3. Nantinya Anda juga bisa menyesuaikan warna kontrasnya. Untuk beberapa pilihan warna kontrasnya seperti auto, original, lighten, gray mode, magic color dan juga hitam putih. Anda nantinya bisa menentukan kontras sesuai dengan dokumen yang akan Anda scan. 
    4. Ketika semua sudah selesai untuk Anda pilih, maka pilih tanda centang yang ada pada aplikasi scan di smartphone tersebut. 


    Jadi, itulah tutorial maupun cara scan di printer Canon yang mudah dan juga praktis. Bahkan ada tambahan informasi di atas yang bisa Anda semua gunakan untuk scan mudah menggunakan smartphone seperti Android yang Anda miliki. Ada beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh baik melakukan proses scan menggunakan printer maupun menggunakan Android. 


    Tentunya melakukan proses scan menggunakan printer akan menghasilkan kualitas yang lebih baik. Sebab, tidak semua kamera yang ada pada smartphone bisa menghasilkan kualitas gambar yang jernih dibandingkan menggunakan printer. Jadi, pastikan untuk melakukan proses scan dengan menggunakan printer dan yang pasti menggunakan printer dengan merk Canon.