Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon MP287

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon MP287 - Sebagai orang yang memiliki printer, Anda pasti akan dihadapkan dengan kosongnya isi printer, apalagi jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan printer untuk keperluan pencetakan. 


Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon MP287
Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon MP287


Jika demikian, Anda wajib mengetahui cara mengisi ulang tinta printer. Kita tidak tahu kapan tinta printer kosong dan perlu diisi, sehingga, jika tidak ada yang bisa dimintai bantuan, maka Anda bisa mengisinya sendiri.


Sebelum Anda mulai mengisi tinta printer sendiri, Anda harus mengetahui cara mengisi tinta warna printer canon MP287 yang baik dan benar, supaya cartridge tidak cepat rusak. Pengisian tinta yang salah hanya akan memperpendek usia penggunaan cartridge.


Pengisian tinta printer secara umum dilakukan dengan menyuntikkan tinta ke dalam cartridge dan dibersihkan menggunakan tisu. Namun, permasalahan biasanya muncul setelah Anda selesai mengisi tinta. Beberapa permasalahan yang sering muncul setelah pengisian tinta adalah:

  • Tinta tidak mau keluar
  • Hasil print out bergaris
  • Catridge tidak terdeteksi



Tinta printer Canon MP287 sebagai contoh memiliki catridge warna 811 dengan isi 11-12 ml dan tipe 810 untuk cartridge dengan isi 10-12 ml tinta hitam. Sebelum mengisi tinta warna, siapkan peralatan berikut ini.

  • Tinta warna yang akan diisikan
  • Suntikan tinta
  • Tisu untuk membersihkan sisa-sisa tinta



Berikut adalah cara mengisi tinta warna printer canon MP287 yang harus Anda pahami 


Hidupkan Printer Terlebih Dahulu

Pertama, Anda perlu menghidupkan printer Anda. tunggu hingga lampu indikator berhenti berkedip. Jika lampu indikator berhenti berkedip, maka Anda buka bagian penutup printer. Catridge printer akan berjalan, tunggu hingga berhenti di tengah.



Cek Catridge

Setelah catridge berhenti di tengah, kemudian Anda buka cartridge dengan cara menekannya ke bagian bawah hingga terlepas. Catridge warna berada pada bagian kiri. Ketika catridge sudah terlepas, maka Anda bisa melepaskan kertas label yang menempel pada bagian atas cartridge.

Anda bisa mengecek catridge printer untuk mengetahui tintanya masih ada atau sudah habis. Cara mengecek ketersediaan tinta adalah dengan menggunakan tisu kering.








Letakkan Tisu Kering pada Bagian Bawah Catridge dan Sentuhkan Maju Perlahan

Setelah dicek, jika pada tisu masih terdapat tiga warna secara jelas, yaitu merah, biru, dan kuning, maka catridge tidak perlu diisi, sedangkan jika sudah tidak nampak warna dengan jelas, maka Anda perlu mengisi cartridge tersebut.



Lubangi Bagian Atas Cartridge

Bagi Anda yang belum pernah melakukan pengisian catridge warna, maka perhatikan pada bagian atas cartridge akan ada tiga titik berwarna merah, kuning, dan biru yang masih utuh. Yang perlu Anda lakukan adalah melubangi ketiga titik tersebut sebelum mengisinya dengan tinta.

Anda dapat melubangi tiga titik tersebut dengan jarum yang besarnya sesuai ukuran lubang pada cartridge tersebut.



Isikan Tinta pada Suntikan Printer

Printer Canon MP287 merupakan printer dengan cartridge suntik bawaan. Anda yang hendak mengisi tinta printer hendaknya memiliki suntikan printer, sesuai dengan warna tinta yang hendak Anda isikan. Jangan sekali-sekali menggunakan suntikan yang sama pada tiap warna tinta yang akan disuntikkan.

Untuk tinta warna, siapkan tiga suntikan tinta printer, yaitu merah, kuning, dan biru. Supaya catridge printer awet dan tahan lama, Anda dianjurkan untuk menggunakan tinta warna original dari Canon. Meskipun memiliki harga yang cenderung mahal, tinta Canon original menghasilkan kualitas ketikan yang baik.



Suntikkan Tinta pada Catridge 

Isikan tinta pada catridge pada posisi yang benar, sesuai dengan warnanya. Anda hanya perlu mengisi secukupnya saja, usahakan jangan sampai meluber. Pada bagian catridge ada titik titik berwarna kuning yang terbuat dari tembaga, usahakan jangan mengenai bagian ini.

Jika Anda tidak sengaja menyentuh bagian kuning chip tersebut dengan tangan, maka Anda perlu membersihkannya dengan tisu kering. Bagian tersebutlah yang akan menghubungkan catridge dengan printer, sehingga jika kotor sedikit saja, catridge bisa tidak terdeteksi oleh printer.

Tinta yang hendak Anda isi disuntikkan perlahan-lahan, kurang lebih 10 ml. Jika tinta sampai meluber, bersihkan dengan tisu kering. 


Tutup Kembali Catridge

Catridge yang telah diisi kemudian ditutup kembali dengan lakban pada bagian atasnya yang tadi berlubang. Setelahnya, Anda bisa mengembalikan catridge pada tempatnya seperti semula. Pasang dengan benar cartridge tersebut.

Setelah catridge terpasang, tutup kembali pula casing printer. Biarkan sebentar hingga printer mengenali cartridge yang baru dipasang tersebut.


Lakukan Cleaning 

Lakukan cleaning terlebih dahulu dua sampai tiga kali supaya hasil tinta lebih jelas.

Cleaning sebenarnya dapat dilakukan bukan hanya setelah Anda mengisi tinta saja, namun ketika Anda merasa hasil cetakan kurang begitu baik dan jelas. Maka, Anda bisa melakukan cleaning terlebih dahulu.

Cara melakukan cleaning adalah sebagai berikut

  1. Klik tombol setting sebanyak 3 kali hingga pada display komputer muncul huruf Y.
  2. Selanjutnya, Anda perlu menekan tombol start color atau black yang terdapat pada printer, tergantung cartridge mana yang hendak dibersihkan. Jika catridge warna yang hendak dibersihkan, maka tekan tombol color.
  3. Printer akan mulai membersihkan secara otomatis. Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan selesai dilakukan.
  4. Setelah selesai cleaning, Anda bisa melihat hasilnya dengan cara menekan tombol setting satu kali dan tekan tombol start color. Hasil cleaning kemudian akan tercetak.

Anda bisa melakukan cleaning beberapa kali hingga hasil cetakan tampak jelas.



Uji coba hasil cetakan

Setelah catridge selesai dipasang pada printer, langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba hasil cetakan.

  1. Caranya adegan cara menghidupkan laptop Anda terlebih dahulu, pilih Start Menu dan pilih Control Panel. Kemudian, pilih Devices and Printers dan klik kanan pada tulisan Canon MP287 pada nama printer yang dipilih. Pilih Printing Preferences dan klik Maintenance. Selanjutnya pilih Print Check Pattern.
  2. Periksa hasil cetakan apakah warnanya sudah terlihat dengan baik atau belum. Jika belum, lakukan uji cetak kembali hingga Anda mendapatkan hasil cetakan yang Anda inginkan.
  3. Untuk menjaga supaya tinta tidak kering yang dapat menyebabkan kerusakan pada catridge, maka usahakan untuk mencetak warna selama minimal satu minggu satu kali. Jangan sampai Anda membiarkan printer Anda lama tidak digunakan karena akan menyebabkan tinta macet untuk mencetak.



Dimana Anda bisa mendapatkan tinta printer Canon MP287?

Anda bisa mendapatkan tinta printer Canon warna ataupun hitam dengan cara mendatangi toko yang menjual perlengkapan printer. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan suntikan printer di toko tersebut. Usahakan mencari toko yang dekat dengan lokasi Anda berada, supaya proses pengisian tinta lebih cepat dilakukan.


Jika toko yang menjual tinta Canon original tidak berada dekat dengan lokasi Anda, maka sebaiknya Anda perlu membeli tinta tersebut jauh-jauh hari sebelum tinta printer Anda benar-benar habis.


Sekian informasi mengenai cara mengisi tinta warna printer Canon MP287. Selanjutnya, Anda sudah bisa mulai untuk mengisi ulang tinta printer Anda dan menggunakan printer Anda kembali untuk keperluan pencetakan.