Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Hacker Data Dengan Enkripsi Ponsel Vivo Anda

Cegah Hacker Data Dengan Enkripsi Ponsel Vivo Anda - Saat ini, banyak ponsel pintar yang diperjualbelikan di pasaran. Setiap ponsel tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang menjadi magnet agar konsumen tertarik membelinya. Melihat tingkat persaingan yang semakin ketat, perusahaan-perusahaan yang memproduksi ponsel pintar selalu berusaha untuk melakukan inovasi dengan harapan dapat meningkatkan penjualan.


Cegah Hacker Data Dengan Enkripsi Ponsel Vivo Anda
Cegah Hacker Data Dengan Enkripsi Ponsel Vivo Anda


Salah satu perusahaan yang terus berinovasi adalah perusahaan yang memproduksi ponsel pintar Vivo. Ponsel pabrikan Cina ini berhasil merebut hati banyak orang di Tanah Air sehingga sangat diminati. Ponsel pintar Vivo yang beredar di pasaran, terutama Vivo keluaran 2019, sudah dibekali dengan sistem operasi (OS) Android, perangkat yang mumpuni, dan fitur yang canggih.


Untuk ponsel Vivo keluaran 2019 sendiri, dibekali dengan OS Android 9.0: Pie, RAM dan memori penyimpanan yang besar, fitur split screen, fitur dark mode, kamera yang jumlahnya lebih dari 1 dengan resolusi besar, serta masih banyak fitur lainnya yang mendukung performa ponsel.


Karena dibekali dengan OS Android, Anda harus membuat dan mendaftarkan akun Google. Akun tersebut nantinya dapat Anda gunakan untuk mengakses Google Play Store dan men-download aplikasi-aplikasi yang diperlukan. Jika tidak memiliki akun Google, Anda tidak dapat mengakses Google Play Store.


Agar akun tersebut lebih aman dan tidak disalahgunakan oleh hacker, Anda lebih baik melakukan enkripsi ponsel Vivo kesayangan. Meskipun sudah dilengkapi dengan password, tidak ada salahnya untuk lebih mengamankan akun Anda, bukan?








Enkripsi Ponsel Vivo

Untuk semakin melindungi para penggunanya, Vivo membekali ponsel yang diproduksinya dengan fitur enkripsi. Tetapi sayangnya, masih banyak pengguna yang tidak mengetahui tentang fitur ini. Padahal, fitur ini dapat mencegah hacker mencuri data-data penting Anda, seperti alamat rumah, email, nomor kontak, foto, video, dan percakapan saat chatting.

Enkripsi adalah metode untuk mengodekan data sehingga tidak dapat dibaca tanpa didekripsi terlebih dahulu. Pengkodean ini dilakukan secara acak yang membuat data atau informasi apa pun mengenai diri Anda sangat terjaga. Dengan begitu, data atau informasi yang dienkripsi hanya dapat dibuka oleh Anda dengan menggunakan password.

Cara Enkripsi Ponsel Vivo

Jika ingin melindungi data-data penting, Anda dapat melakukan enkripsi ponsel Vivo dengan cara berikut ini.

1. Pastikan baterai ponsel Vivo Anda dalam keadaan penuh atau lebih dari 80%. Hal ini harus dilakukan karena proses enkripsi membutuhkan waktu yang cukup lama, bergantung pada besarnya data yang tersimpan di dalam ponsel pintar Vivo Anda.

2. Masuk ke dalam menu Pengaturan.

3. Pilih Keamanan.

4. Ubah Keamanan Layar dengan menggunakan password atau PIN.

5. Pilih Enkripsi Telepon yang biasanya ada di bagian bawah layar.

6. Tekan Enkripsi Telepon untuk memulai proses enkripsi.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Enkripsi Ponsel Vivo

Sebelum melakukan enkripsi ponsel Vivo, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, di antaranya:

1. Enkripsi Adalah Fitur Satu Arah

Jika ingin menonaktifkan fitur enkripsi yang aktif, Anda harus melakukan factory reset. Ini berarti, Anda harus memulai semuanya dari awal saat ingin menggunakan ponsel yang sudah dienkripsi.


2. Jika Sudah Di-Root, Ponsel Vivo Anda Harus Di-Unroot

Saat ingin mengamankan data-data penting dengan melakukan enkripsi, tetapi ponsel Vivo sudah di-root, Anda harus meng-unroot-nya terlebih dahulu. Jika memaksakan enkripsi pada ponsel yang sudah di-root, Anda akan mengalami masalah.


3. Performa Ponsel Vivo Akan Menurun

Saat Anda melakukan enkripsi, data-data yang ingin Anda akses akan didekripsi terlebih dahulu. Hal inilah yang akan membuat performa ponsel Vivo kesayangan Anda menurun.

Sebenarnya, fitur enkripsi sudah terpasang secara default di setiap ponsel pintar Vivo keluaran baru. Tetapi jika belum aktif, Anda dapat mengaktifkan fitur enkripsi ponsel Vivo dengan cara di atas.