Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memeriksa Keaslian Hp Samsung

Cara Memeriksa Keaslian Hp Samsung - Di mana Anda biasa membeli Hp? Apakah di gerai resmi produsen Hp incaran Anda, di counter dalam mal, atau melalui kenalan Anda? Di manapun Anda membeli Hp, sebaiknya Anda memeriksa keaslian Hp Anda. Terkadang Hp yang dijual di counter Hp dalam mal juga patut dicurigai mengingat mereka bisa saja mendapatkannya dari distributor tidak resmi yang membuat Hp refurbish. 


Cara Memeriksa Keaslian Hp Samsung
Cara Memeriksa Keaslian Hp Samsung


Apa Itu Hp Refurbish?

Kebanyakan dari kita mengenal Hp feurbish dengan istilah rekondisi. Hp ini Hp bekas pakai yang perbaharui kembali sehingga tampak seperti baru. Sejumlah penjual ‘nakal’ ada yang mengemas kembali Hp-Hp rekondisi sehingga tampak baru. Sebagian lainnya melabeli dengan hp second like new seolah-olah Hp tersebut belum pernah dibongkar atau diservis. Anda perlu berhati-hati terhadap maraknya penjualan Hp rekondisi yang beredar di pasaran. Bahkan Hp sekelas iPhone saja bisa direkondisi oleh orang yang ahli demi keuntungan besar. 


Mewaspadai HP Palsu Samsung

Merek ponsel ternama asal negeri ginseng, Samsung, juga tak luput dari perbuatan tangan-tangan jahil para penjual ‘nakal’. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk cek Hp Samsung sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. 

  1. Lihat kemasan Hp. Sudah menjadi kebiasaan Samsung untuk membungkus kemasan setiap produk barunya dengan kotak dus yang dilapisi dengan plastik berlogo merek Samsung. Beberapa Hp Samsung palsu yang dijual pun mencoba meniru kemasan tersebut. Umumnya, plastik pembungkus tiruan itu hanya berupa plastik biasa tanpa cetakan logo Samsung. Sebelum membeli Hp, pastikan Anda melihat review dari website resmi Samsung dan beberapa blog terpercaya.





  2. Harga yang tak masuk akal. Cek Hp Samsung yang tak kalah penting adalah mengetahui harga jual yang ditawarkan. Harga Hp palsu biasanya jauh di bawah harga asli. 
  3. Temukan segel baterai, bodi dan beberapa elemen dalam lainnya dengan logo SEIN atau Samsung Electronic Indonesia. Jika tidak ada logo tersebut, maka Anda harus yakin kalau Hp tersebut Samsung palsu. Logo segel juga tidak pudar saat diperhatikan. 



Cara Memeriksa Keaslian Hp Samsung

Ketika dari 3 poin di atas Anda sudah merasa yakin dengan ponsel Samsung dalam genggaman, maka ada beberapa hal lain yang harus Anda periksa dengan lebih teliti. 


Cek Hp Samsung Anda asli atau tidak dengan memeriksa nomor IMEI-nya. Berikut cara cek IMEI Hp Samsung Anda:

  1. Tekan *#06# pada ponsel Anda. Lakukan hal ini saat Anda masih berada di hadapan penjualnya. 
  2. Setelah keluar serial number pada layar, kemudian Anda bisa sesuaikan dengan nomor IMEI yang tertera pada belakang baterai atau dus Hp.
  3. Selanjutnya, gunakan Hp Anda yang lain untuk cek Hp Samsung melalui website imei.info. Masukkan nomor IMEI yang Anda periksa tadi ke dalam kolom yang disediakan di website tersebut. 
  4. Setelah menunggu beberapa saat, layar akan menunjukkan spesifikasi Hp Samsung Anda. Jika spesifikasinya sesuai, maka dapat dipastikan Hp Samsung dalam genggaman Anda asli.  


LCD Test. Lakukan cek Hp Samsung melalui LCD test dengan cara:

  1. Tekan *#0*# pada ponsel. 
  2. Selanjutnya, layar akan menunjukkan LCD Test. Anda akan bisa menemukan informasi akurat mengenai kamera, touch screen, warna ponsel, suara, dan masih banyak lagi. 
  3. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat dengan cara menekan *#*#4636#*#* pada layar panggilan. 
  4. Kedua cara tersebut tidak akan terjadi pada Hp Samsung palsu. 


Gunakan Samsung KIES. Perangkat lunak dari Samsung Electronics ini mirip iTunes pada iPhone. Anda harus mengunduh software ini melalui PC dari komputer atau laptop Anda untuk bisa melakukan cek Hp Samsung. Hp Samsung asli akan bisa terdeteksi dengan mudah ke Samsung Kies yang ada dalam PC Anda saat Hp dihubungkan ke PC dengan kabel data. 


Apakah Anda memiliki cara lain untuk cek Hp Samsung? Bagikan itu kepada kami.