Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Mengaktifkan Fitur HEIF Photo Pada HP Samsung A50

Tutorial Mengaktifkan Fitur HEIF Photo Pada HP Samsung A50 - Dengan banyaknya tipe smartphone Samsung keluaran terbaru, tidak heran jika menambah ramai pasaran ponsel android yang ada di Negara tercinta Indonesia ini. Apalagi HP Samsung ini hadir dengan harga yang terjangkau serta dilengkapi dengan fitur yang up to date. Salah satunya, yaitu kini telah hadir HP Samsung Galaxy A50.


Tutorial Mengaktifkan Fitur HEIF Photo Pada HP Samsung A50
Tutorial Mengaktifkan Fitur HEIF Photo Pada HP Samsung A50


Keutamaan dari Galaxy A50 adalah terdapat fitur HEIF picture yang dimana dapat membantu anda mengatasi masalah memori HP yang cepat penuh karena anda sering memotret atau bahkan selfie. Bagaimana cara mengaktifkan HEIF image format ini? Simak baik-baik ya. 



Apa Itu HEIF Picture Format?

Sebelum lanjut ke bahasan cara mengaktifkan fitur HEIF photo ini tidak ada salahnya anda mengenal apa itu HEIF picture. Karena dengan anda mengetahui terlebih dahulu mengenai HEIF picture ini, maka anda pun tidak ragu lagi untuk mengaktifkan fitur yang satu ini di HP Samsung Galaxy A50 anda. Tentunya anda juga tidak ingin ketinggalan informasi mengenai masalah yang satu ini. Jangan sampai anda bisa menggunakannya, namun tidak mengetahui apa sebenarnya HEIF picture ini.







HEIF merupakan kepanjangan dari High Efficiency Image File adalah format terbaru yang dapat digunakan untuk mengompres image atau foto dengan tingkatan yang lebih bagus. Keunggulannya adalah HEIF ini akan menghasilkan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan JPEG, JPEG-XR, JPEG2000. Bahkan hasil dari kompres image atau foto ini pun tidak akan menurunkan kualitas serta resolusi gambar.


Cukup menarik, bukan? 

Tentunya ini yang anda cari selama ini. Anda dapat melakukan selfie atau mengambil gambar sesuka hati anda tanpa harus khawatir dengan memori HP anda yang penuh. Karena terkadang masalah memori HP penuh ini menjadi salah satu masalah yang membuat pengguna ponsel. Karena harus menghapus atau memindahkan data atau beberapa gambar ke tempat lain agar anda dapat dengan leluasa mengambil gambar lagi dengan puas. Namun dengan adanya HEIF picture ini anda telah menemukan solusinya.



Bagaimana cara Mengaktifkan Fitur HEIF Photo Di Samsung Galaxy A50?

Caranya cukup mudah, ikuti langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buka aplikasi kamera yang merupakan bawaan dari ponsel Galaxy A50.
  2. Kemudian cari tombol Setting atau pengaturan kamera. Ikon ini pada umumnya berupa roda gigi. 
  3. Kemudian pilih opsi “Save Option”. 
  4. Lalu aktifkan “HEIF Picture (Photo)”. 
  5. Setelah selesai maka tutup kembali settingan kamera. 


Setelah anda melakukan format di atas maka hasil gambar dari jepretan anda akan berubah menjadi format HEIF. Bukan lagi berformat JPG. Namun anda tidak perlu khawatir walaupun tidak berformat JPG gambar dengan format HEIF tetap dapat dibuka di gallery. 


Serta bahkan tetap bisa anda share ke teman anda atau saudara anda tentunya dengan ukuran file yang lebih kecil. Tentunya hal ini juga akan menguntungkan teman anda yang menerima hasil gambar yang anda kirim. Karena file yang anda kirim memiliki ukuran kecil sehingga tidak akan memenuhi memori teman anda juga.


Banyak bukan keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mengaktifkan fitur HEIF photo ini. Untuk itu segera ikuti langkah di atas dan aktifkan HEIF picture, terutama bagi anda pengguna HP Samsung Galaxy A50. 

Tunggu apalagi? Segera praktikkan dan berbagi informasi ke yang lain ya.