Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Layak Dicoba: Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui Anggota Lain

Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui Anggota Lain - Adanya media sosial bernama WhatsApp atau lebih dikenal sebagai WA sangat membantu manusia modern berkomunikasi. Salah satu fasilitas yang banyak dimanfaatkan adalah grup. Namun, terlalu banyak grup yang tidak efektif pada saatnya akan mengganggu kenyamanan. Namun untuk keluar grup dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman baik bagi orang yang keluar maupun anggota lainnya. Nah, untuk itu perlu diketahui cara keluar grup wa tanpa diketahui anggota lain. Penasaran kan? Yuk simak.


Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui Anggota Lain
Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui Anggota Lain


Serba-serbi WAG

Di zaman digital ini ada banyak cara berkomunikasi tanpa terhalang waktu dan jarak. Adanya berbagai pilihan media sosial dapat dijadikan sarana menjalin kembali pertemanan yang terputus jarak, bersilaturahmi dengan saudara, hingga sarana bertukar informasi antar rekan kerja. WA juga bisa dimanfaatkan untuk menyebarluaskan informasi kepada orang-orang dalam daftar kontak yang dimiliki melalui fasilitas story. 


Penggunaan yang mudah dan permintaan spesifikasi telepon yang tidak terlalu berat membuat WA populer. Adanya fasilitas grup WA (WAG) merupakan sebuah nilai tambah, sebab komunikasi dapat dijalin dengan orang-orang dengan sebuah kesamaan. Sebagai contoh, WAG alumni SMA, WAG teman sekelas, WAG kantor, dan lainnya. Adanya WAG memungkinkan anggotanya focus pada satu kesamaan mereka, sehingga umumnya bergabung di grup tersebut terasa nyaman.  


Namun bisa timbul masalah ketika minat anggota dalam grup bervariasi, sehingga fokus pembicaraan bisa saja bergeser. Aktifnya anggota juga menjadikan grup sangat sarat informasi. Hal ini cukup merepotkan, terlebih bagi pengguna yang sibuk atau merasa terganggu dengan informasi yang tidak sesuai tujuan grup.


Sebagai contoh, sebuah grup organisasi profesi, bisa saja kemudian diisi dengan candaan yang vulgar, ceramah agama, berbagai meme lucu, hingga penawaran dagangan anggotanya. Selain grup tidak fokus, lalu lintas data dan notifikasi juga sangat padat. Jika seseorang bergabung dengan banyak grup, hal ini memakan data dan ruang penyimpanan. Pada saat mulai terganggu, mulailah terpikir untuk keluar dari grup.


Pada dasarnya, berada dalam grup dan keluar itu adalah hak seseorang. Namun ada kalanya anggota grup segan keluar dari grupnya karena khawatir penilaian anggota yang lain. Maka perlu dicari cara keluar grup WA tanpa diketahui anggota lain.








Kemungkinan Alasan Seseorang Keluar Grup WA (WAG)

Tidak semua orang bisa bersikap cuek atau mudah mencari alasan keluar dari sebuah grup, apalagi jika grup tersebut terisi dengan banyak teman akrab. Tidak jarang, saat seorang anggota tiba-tiba keluar dari grup, timbul tanya dalam diri anggota lain mengenai penyebab dia keluar. Sebagian hanya sibuk menduga-duga, sebagian segera mencari kebenaran, dan tidak jarang ada pula anggota yang saling curiga. 


Pembaca mungkin juga pernah mengalami administrator grup yang begitu keras berusaha agar anggotanya tetap bertahan dalam grup. Saat ada anggota yang tiba-tiba keluar, ia akan berusaha memasukkan kembali anggota tersebut. Saat anggota itu keluar lagi, administrator akan kembali memasukkan. Demikian seterusnya hingga salah satu dari mereka mengalah. Situasi demikian tidak hanya membuat sang anggota tidak nyaman, tetapi juga melelahkan kedua belah pihak dan anggota lainnya.


Mengapa seseorang ingin keluar dari WAG? Berikut ini beberapa kemungkinan alasannya:

  1. Keterbatasan ruang penyimpanan HP;
  2. Tidak lagi merasa mendapatkan manfaat dari WAG tersebut;
  3. Fokus WAG bergeser;
  4. Berselisih dengan anggota lain;
  5. Merasa terlalu banyak grup dan tidak punya cukup waktu untuk aktif;
  6. Pengaturan penggunaan data;
  7. Alasan pribadi.



Trik Sederhana Meninggalkan WAG Tanpa Disadari Anggota Lain

Berbagai alasan tersebut hanyalah contoh. Bisa saja masih banyak alasan lainnya. Saat dirasa sudah saatnya keluar dari WAG, maka harus dicari cara keluar grup wa tanpa diketahui anggota lain. Hal ini dilakukan agar saat keluar tidak menyebabkan ketidaknyamanan anggota grup lainnya. 

Saat Anda telah mempertimbangkan untuk keluar dari sebuah grup, sebaiknya mulai kurangi intensitas Anda berkomentar atau mengunggah sesuatu ke grup. Hal ini untuk menghindarkan Anda diingat dan dicari. Selanjutnya, Anda bisa mencoba cara-cara jitu berikut ini:


1. Ganti Nomor WA

Cara paling mudah adalah mengganti nomor WA. Anda cukup membeli nomor telepon seluler baru, kemudian non aktifkan nomor lama. Selanjutnya, aktifkan WA baru pada HP lama Anda. Selanjutnya, Anda bisa keluar dari grup yang Anda tidak lagi merasa nyaman di dalamnya. Jangan lupa, ganti nama pengguna WA Anda sehingga tidak dikenali oleh rekan satu grup.

Setelah berhasil keluar dari berbagai grup, Anda bisa kembali mendaftar ulang dengan nomor lama. 

Cara ini cukup efektif, meskipun Anda harus mengeluarkan dana tambahan untuk membeli nomor baru dan mungkin sedikit perlu proses. 

Jika cara ini dirasa terlalu rumit, Anda bisa mencoba menggunakan cara berikut ini:



2. Ganti Foto Profil dan Identitas Pengguna

Ganti foto profil Anda dengan foto yang tidak dikenali orang lain. Selain itu, ganti pula identitas pengguna Anda dengan nama lain yang sekiranya tidak merujuk kepada Anda. Sebagai contoh, bila biasanya Anda menggunakan foto diri sebagai foto diri, maka ganti dengan gambar lain yang netral seperti bunga, pemandangan, atau hewan yang tidak spesifik menunjukkan identitas Anda. Bila biasanya Anda menggunakan nama lengkap sebagai identitas, gantilah dengan kata Mutiara atau hal lain yang tidak merujuk kepada Anda. Hal ini akan membuat Anda tidak dikenali dalam grup.


Setelah dirasa keberadaan Anda tidak lagi dicari atau Anda sudah benar-benar pasif dalam grup, Anda bisa keluar. Anggota lain mungkin akan bertanya siapa yang keluar, namun tidak menyadari siapa. 

 

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bisa saja administrator grup sangat gencar mempertahankan anggotanya. Hal ini bisa terjadi karena kepentingan administrator terhadap anggota grupnya. Administrator yang demikian biasanya menyimpan semua kontak anggota grup sehingga segera tahu siapa yang keluar. Ia akan segera memasukkan kembali ke dalam grup agar anggotanya tetap utuh. 


Bagaimanapun, kemungkinan di atas bisa saja terjadi. Oleh karena itu, bila cara diam-diam di atas tetap tidak efektif, Anda tetap harus menyiapkan alasan terbaik keluar dari grup. Alasan paling netral adalah keterbatasan HP sehingga harus keluar dari grup. Untuk mendukung alasan ini, ada baiknya Anda tidak hobi memamerkan kecanggihan HP Anda. HP canggih dengan kapasitas besar jelas bukan pendukung yang baik untuk alasan memori HP tidak cukup jika terlalu banyak grup. 


Memiliki banyak grup memang menyenangkan karena pergaulan juga meluas dan memungkinkan wawasan yang semakin luas. Namun terlalu banyak grup juga bisa menyulitkan. Sulitnya keluar dari sebuah grup dengan berbagai alasan membuat kita sebaiknya belajar dari pengalaman tersebut. Ini berarti, untuk berikutnya, bersikaplah sangat selektif sebelum bergabung dengan sebuah grup. Pastikan grup tersebut memiliki visi dan misi yang sesuai dengan Anda untuk jangka panjang sehingga memungkinkan Anda bertahan lama di dalamnya. 

Tags : cara keluar grup wa tanpa diketahui 2021, cara keluar grup wa tanpa diketahui tanpa ganti nomor, mengeluarkan orang dari grup wa tanpa diketahui, cara remove orang di grup wa tanpa diketahui, cara keluar dari grup wa tanpa diketahui 2020, keluar otomatis dari grup wa, cara keluar dari grup wa dengan sopan, penyebab keluar grup wa sendiri