Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren

    Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren - Anda pastinya tahu, kartu SIM itu tidak berlaku seumur hidup. Ada masa aktifnya. Ketika masa aktifnya habis, kartu provider yang anda gunakan akan hangus. Ini bukan berarti terbakar ya. Artinya anda tidak bisa menikmati setiap layanan, promo dan lain-lain dari kartu tersebut. Anda tidak akan bisa mengirim pesan singkat, chat WA, menonton streaming, bermain game online ataupun browsing artikel di internet.


    Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren
    Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren


    Masa aktif dari kartu SIM sangat perlu diperhatikan secara berkala oleh penggunanya. Dan hal ini juga berlaku pada pengguna kartu Smartfren. Jika kartu Smartfren anda hangus, anda sudah tidak bisa lagi berlangganan kuota Smartfren unlimited. Lalu bagaimana caranya agar masa aktif kartu Smartfren tetap aktif? Tentu saja anda harus memperpanjangnya dengan isi ulang pulsa.



    Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren

    Umumnya anda perlu mengisi pulsa untuk memperpanjang masa aktif sebuah kartu SIM. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk kartu Smartfren. Selain anda bisa memperpanjang masa aktif kartu Smartfren dengan mengisi pulsa, ada cara lain yang efisien. Adapun caranya adalah sebagai berikut.


    Isi Pulsa

    Tentu kita perlu membicarakan hal paling umum dahulu. Jika anda ingin menambah masa aktif kartu SIM, maka anda harus isi pulsa. Nah, isi pulsa kartu Smartfren bisa dengan banyak cara. Anda bisa isi pulsa melalui penjual pulsa, voucher pulsa, e-commerce, Bank dan ATM, USSD dan aplikasi MySmartfren.


    Beli Paket SMS dan Telepon

    Smartfren itu menyediakan beragam jenis paket SMS dan telepon. Meskipun bukan isi pulsa, tetapi pembelian paket SMS dan telepon akan memperpanjang masa berlaku kartu secara otomatis. Anda bisa beli langsung paketnya di aplikasi MySmartfren atau voucher. Jika kartu anda hampir habis masa aktifnya tetapi masih ada pulsa, segera gunakan pulsa tersebut untuk memperpanjang masa aktif kartu. Caranya mudah. Anda hanya perlu melakukan pembelian melalui USSD *123#, kemudian pilih daftar paket sesuai yang anda butuhkan.


    Membeli Paket Kuota

    Cara pertama selain isi pulsa regular agar bisa memperpanjang masa aktif kartu Smartfren adalah membeli kuota internet. Cara ini sangat efektif dan efisien buat anda yang kerap beraktivitas online. Cara ini membuat hidup anda lebih praktis. Selain anda mengisi kuota internet dan/atau menambah masa aktifnya, masa aktif kartu Smartfren pun ikut bertambah.


    Masa aktif kartu bisa mengikuti masa aktif paket kuota Smartfren. Dan semakin sering anda berlangganan kuota internet, maka semakin panjang pula masa aktif kartu Smartfren anda.



    Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren Tanpa Beli Pulsa

    Anda akan semakin dipermudah ketika menggunakan kartu Smartfren. Tidak hanya memperpanjang masa aktif kartu dengan beli paket kuota Smartfren, tetapi juga anda bisa memperpanjang masa aktif tanpa membeli pulsa. 

    Bagaimana caranya? Buat pengguna kartu Smartfren yang ingin isi pulsa tanpa beli pulsa, berikut ini cara-caranya.







    Transfer Pulsa

    Smartfren memberikan banyak kenyamanan kepada penggunanya. Jika anda mau pulsa tanpa isi pulsa sekaligus memperpanjang masa aktif kartu, gunakan sebaik mungkin fitur Transfer Pulsa.

    Transfer pulsa adalah fitur dari kartu Smartfren yang sangat berguna untuk keadaan darurat. Ketika anda kehabisan pulsa atau masa aktif kartu, transfer pulsa menjadi penolong. Pengguna bisa menggunakan fitur ini untuk memperpanjang masa aktif. Namun perlu diingat, pengguna yang transfer pulsa harus memiliki minimal pulsa 5000 ketika selesai melakukannya.

    Setiap nominal transfer yang dikirim akan memiliki masa aktif yang berbeda. Semakin besar nominal pulsa yang ditransfer, maka semakin panjang pula masa aktif kartu yang berlaku.

    Adapun cara transfer pulsa Smartfren terbilang mudah. Pengguna hanya perlu mengirim SMS ke nomor tujuan 879. Ketikkan di bodi pesan “KIRIM.<nomor penerima>.<nominal pulsa>” tanpa adanya tanda kutip. Contoh format pesannya adalah seperti KIRIM.0838000100207.5000 lalu kirim ke 879.



    Minta Pulsa

    Selain transfer pulsa, anda juga bisa menggunakan minta pulsa. Fitur ini sangat cocok buat pengguna yang tidak punya pulsa dan masa aktif hampir habis tetapi tidak sempat isi pulsa. Kalau punya saudara atau keluarga sesama pengguna Smartfren, mintalah mereka untuk mengirimkan pulsa via Minta Pulsa.

    Caranya sama mudahnya ketika mau transfer pulsa. Prosesnya bisa anda lakukan lewat SMS. Adapun caranya adalah kirim SMS ke 879 dengan format pesan “MINTA.<nomor penerima>.<nominal pulsa>”, ingat tanpa tanda petik. Contohnya adalah MINTA.0838000100207.100000 lalu kirim ke 879.

    Berbeda dengan syarat dan ketentuan Transfer Pulsa, pengguna bisa meminta pulsa Smartfren dengan limit nominal Rp. 100 ribu. Selain itu, nantinya akan ada pemotongan biaya admin sebesar Rp. 200.



    Cara Memperpanjang Masa Aktif Hingga 1 Tahun

    Daripada anda ribet harus mengisi ulang pulsa secara berkala, ada baiknya anda lakukan cara yang bakal dibahas. Cara ini bisa membuat masa berlaku kartu Smartfren anda hingga 1 tahun. Dalam kurun waktu 1 tahun tersebut, anda sudah tidak perlu bingung ketika tiba-tiba ada peringatan masa aktif kartu habis. Cara ini juga banyak dilakukan oleh para pelanggan setia Smartfren loh.


    Cara Memperpanjang masa aktif kartu Smartfren ini mudah dan murah. Selain itu, cara efisien ini masih erat kaitannya dengan paket internet. Lalu bagaimana cara melakukannya? Simak tahapannya berikut ini.


    Unduh Aplikasi MySmartfren

    Hal pertama yang harus anda lakukan adalah unduh aplikasi MySmartfren terlebih dahulu. Ada banyak jenis paket menarik dari aplikasi ini dibanding layanan Smartfren dengan cara lain. Namun anda juga bisa mengunjungi website resminya untuk memulai tahapan perpanjangan masa aktif kartu. Anda bisa bebas memilih jenis paket sesuai kebutuhan nanti.


    Daftarkan Nomor 

    Jika anda baru pertama kali menggunakan aplikasi MySmartfren, maka login terlebih dahulu. Anda hanya perlu memasukkan nomor anda hingga terdaftar.


    Beli Paket

    Anda sudah berada di dalam MySmartfren? Maka temukan ikon Beli. Ada banyak pilihan pembelian paket Smartfren di sini. Namun, anda hanya perlu memilih Paket Internet. Carilah paket 10N+. Setelah anda memilihnya, akan ada 3 jenis paket. Paket pertama adalah Plan 3GB yang memiliki masa aktif 365 hari. Harganya hanya Rp. 15 ribu. Kedua ada Plan 9GB dengan masa aktif 365 hari, dan harganya Rp. 35 ribu. Lalu jenis pilihan ketiga adalah Plan 18GB. Masa aktifnya 365 hari dengan harga Rp. 55 ribu.


    Pilih Jenis Paket

    Pilihlah jenis paket yang anda butuhkan. Semakin besar plan kuota yang dipilih maka semakin besar pula kelebihan yang akan anda dapatkan.


    Bayar

    Tahap terakhir adalah bayar. Klik Beli Sekarang. Lalu pilih metode pembayaran, kemudian bayar paket Smartfren yang anda beli. Setelah pembelian selesai dan paket aktif, kartu Smartfren anda akan bertambah masa aktifnya hingga 365 hari. Mudah, bukan?

    Nah, demikian itu adalah cara-cara memperpanjang masa aktif kartu Smartfren yang bisa anda lakukan. Anda tidak hanya harus mengisi ulang pulsa agar masa aktif kartu tidak hangus. Saran saja, ketika anda sudah beli pulsa ada baiknya membeli paket 10N+. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir lagi soal masa aktif kartu.