Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti No WA di Grup Chat

    Cara Mengganti No WA di Grup Chat - WhatsApp sebagai salah satu aplikasi chat memiliki fitur grup chat. Setiap akun yang masuk ke grup chat akan terdaftar dengan nomor akun tersebut. Cara mengganti no WA di grup sendiri bisa dilakukan dengan mengganti nomor akun WhatsApp. Tidak ada cara lain karena satu akun WhatsApp terdaftar dengan satu nomor ponsel.


    Cara Mengganti No WA di Grup Chat
    Cara Mengganti No WA di Grup Chat


    Fitur Ganti Nomor di Grup Chat WhatsApp

    Grup Chat memungkinkan banyak orang bisa mengirim pesan satu sama lain. Ini seperti sebuah forum yang tak hanya bisa mengirim pesan namun juga file seperti foto, suara, dan video. Masuk ke dalam grup chat bisa dilakukan melalui admin grup chat tersebut. Caranya bisa dengan admin yang menambahkan peserta atau lewat tautan untuk join group chat tersebut.


    Sayangnya kadang setelah masuk ke dalam grup chat tersebut tak semua orang betah. Itulah mengapa ada fitur untuk bisa keluar dari grup chat. Jika merasa sibuk atau kurang nyaman dengan grup chat tertentu maka bisa memilih untuk keluar dari grup chat. Ada juga yang ingin mengganti nomor WhatsApp di grup chat. Mengganti nomor tidak bisa dilakukan untuk grup chat, namun untuk akun WhatsApp tersebut. 


    Sebuah akun WhatsApp terdaftar dengan satu nomor ponsel. Begitu juga dengan aplikasi WhatsApp dalam sebuah ponsel hanya bisa memuat satu nomor ponsel saja. Meskipun saat ini ada trik mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi cloning untuk WhatsApp.


    Fitur mengganti nomor WA di grup chat tidak ada. Jadi cara mengganti no WA di grup chat hanya bisa dilakukan dengan mengganti nomor akun WhatsApp tersebut. Perlu ada nomor baru yang benar-benar aktif dan belum didaftarkan. Mengganti nomor WhatsApp sendiri masih tetap dapat memulihkan riwayat chat dan grup. Pemulihan data bisa dilakukan jika data cadangan lokal masih tersimpan atau menggunakan data cadangan dari Google Drive.


    Jika merasa terganggu dengan notifikasi grup chat tapi tidak ingin keluar maka bisa memilih membisukannya. Pengguna bisa memilih grup chat tertentu supaya dibisukan sehingga tidak muncul notifikasi pesan baru. 



    Tips Mengganti Nomor WA di Grup

    WhatsApp memiliki fitur untuk mengganti nomor namun di akun yang sama. Jadi meski nomor diganti, tetap masuk grup chat yang ada sebelumnya. Di grup chat, akan muncul notifikasi jika ada anggota yang mengganti nomor ponselnya untuk WhatsApp. Jadi untuk mengganti nomor WhatsApp di grup pada dasarnya juga mengganti nomor untuk WhatsApp. 


    Berikut ini tips mengganti nomor WhatsApp untuk grup chat.

    Gunakan Kartu SIM Baru yang Aktif

    Siapkan kartu SIM baru yang digunakan untuk mengganti nomor WA yang lama. Kartu tersebut tidak harus baru dibeli, namun bisa jadi kartu lama namun tidak pernah dipakai untuk mendaftar WhatsApp. Atau kartu tersebut sudah tidak memiliki akun WhatsApp yang aktif. Pastikan kartu SIM yang baru tersebut terhubung dengan jaringan provider. 


    Masukkan Kartu SIM yang Baru ke dalam Ponsel

    Kartu SIM yang akan digunakan untuk mengganti nomor WA tersebut perlu dimasukkan ke dalam ponsel dan diaktifkan. Ini diperlukan agar nanti bisa dilakukan proses verifikasi saat mengganti nomor. Jadi ponsel dan kartu tersebut harus aktif agar bisa menerima kode verifikasi.


    Memastikan Nomor Ponsel Lama yang Digunakan di WhatsApp

    Pastikan nomor ponsel lama yang akan diganti memang benar. Pada menu ganti nomor nantinya akan diminta memasukkan nomor WhatsApp yang lama. Kadang pengguna lupa nomor mana yang dipakai untuk WhatsApp mereka. Jadi agar tidak memasukkan nomor yang salah maka periksa dulu nomor yang dipakai di profile akun WhatsApp.







    Transfer Data WhatsApp yang Diperlukan

    Jika menggunakan ponsel baru dengan nomor baru maka perlu untuk memastikan data WhatsApp sebelumnya bisa dipulihkan. Ini bisa dilakukan dengan mentransfer data WhatsApp dari ponsel lama ke ponsel baru. Bisa juga dengan menggunakan pemulihan lewat Google Drive. Pemulihan ini tidak diperlukan jika data yang lama tidak penting dan ingin dihapus saja.


    Setelah melakukan beberapa tips tersebut, selanjutnya mengikuti cara mengganti no WA di grup. Caranya yaitu dengan menggunakan fitur ganti nomor yang tersedia di aplikasi WhatsApp. Fitur ganti nomor tersebut berada di Pengaturan - Akun - Ganti Nomor. Pengguna bisa mengganti nomor akunnya dan otomatis akan ikut terganti juga di grup chat.



    Mengganti Nomor WhatsApp di Grup untuk Tujuan Memalsukan

    Fitur ganti nomor WhatsApp bisa digunakan untuk tetap menggunakan akun lama tapi dengan nomor baru. Sedangkan bagi yang ingin mengganti nomor WA di grup tujuannya bisa jadi beragam. Salah satu tujuan untuk mengganti nomor WA di grup yaitu untuk memalsukan nomor. Ini biasanya dilakukan oleh orang yang sebenarnya tidak ingin diketahui bahwa ia keluar dari grup chat.


    Untuk memalsukan nomor di grup, maka caranya tidak jauh berbeda. Berikut cara mengganti no WA di grup agar bisa keluar dari grup chat.


    Siapkan Kartu Baru

    Pakai kartu baru yang digunakan untuk ganti nomor. Masukkan ke dalam ponsel, ada baiknya ponsel yang digunakan untuk WhatsApp agar verifikasinya bisa otomatis.


    Ganti Nomor WhatsApp

    Di ponsel, masuk ke menu Setelan. Kemudian pilih Akun lalu Ganti Nomor. Masukkan nomor lama dan nomor baru sebagai nomor pengganti.


    Bersihkan Data atau Cache

    Setelah sukses mengganti nomor, selanjutnya bersihkan data dan cache aplikasi. Riwayat chat dan grup akan hilang. 


    Masuk ke WhatsApp, Daftarkan Kembali Nomor Lama

    Kembali masuk ke aplikasi WhatsApp. Saat login masukkan kembali nomor lama. 


    Lakukan Verifikasi Akun

    Lakukan verifikasi akun dengan nomor lama. Pastikan nomor lama tersebut masih aktif dan terhubung dengan jaringan.


    Cara tersebut digunakan agar nomor di grup WA terganti, namun pengguna tetap bisa menggunakan nomor lama. Akun baru dengan nomor lama tersebut tidak akan masuk ke grup chat yang lama. 


    Sebenarnya menggunakan dua nomor atau lebih untuk WhatsApp bisa dilakukan namun dengan akun yang berbeda pula. Ini bisa dilakukan jika memiliki perangkat lebih dari satu. Selain itu saat ini bisa juga menggunakan dua aplikasi WhatsApp di dalam satu perangkat. Satu aplikasi resmi, sedangkan aplikasi lainnya merupakan aplikasi kloning.


    Menggunakan banyak nomor WhatsApp memang kadang tidak praktis. Jadi fitur ganti nomor ini bisa membantu jika ingin menggunakan nomor yang lebih baru, atau untuk perangkat baru. Fitur ganti nomor ini juga otomatis akan memunculkan notifikasi di grup chat. Selain itu bisa juga memberitahu teman-teman lain di WhatsApp jika mengganti nomor.


    Cara mengganti no WA di grup sama saja dengan mengganti nomor akun WhatsApp. Asalkan ada nomor baru yang bisa dipakai dan aktif maka bisa digunakan untuk fitur ganti nomor. Grup chat dan riwayat chat tidak akan berubah jika hanya mengganti nomor saja. Kecuali jika pengguna memang ingin data-data lamanya terhapus maka bisa dihapus lewat pengaturan aplikasi.


    tags : apakah ganti nomor whatsapp grup akan hilang, cara mengganti nomor wa di grup tertentu, pemberitahuan ganti nomor whatsapp, cara ganti nomor wa tanpa verifikasi, cara mengganti nomor wa di iphone, cara ganti nomor wa tanpa menghilangkan chat, ganti nomor wa tanpa diketahui kontak, cara memindahkan grup wa ke nomor lain