Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Panik, Begini Cara Ampuh Mengatasi HP Realme Lemot Agar Kembali Bekerja Optimal

    Cara Mengatasi HP Realme Lemot - Bagi pengguna HP Realme pasti pernah merasakan kinerja smartphone yang tiba-tiba melambat. Terlebih lagi jika Anda mengalaminya setelah melakukan pembaruan sistem ke Android terbaru. Tentunya hal ini membuat aktivitas di smartphone Anda menjadi terhambat bukan?.


    Cara Mengatasi HP Realme Lemot
    Cara Mengatasi HP Realme Lemot


    Meski begitu, Anda tidak perlu panik!, ada banyak berbagai cara mengatasi HP Realme lemot yang bisa dilakukan. Sebelum membahas itu, sebaiknya Anda perlu memahami terlebih dahulu apa penyebab kinerja HP Realme Anda melambat.



    Penyebab HP Realme Tidak Bekerja Optimal

    Ada beberapa penyebab mengapa HP Realme lemot dan tidak dapat bekerja secara optimal. Umumnya, setiap smartphone akan lemot jika penggunaannya yang berlebihan seperti terlalu banyak menggunakan aplikasi, penggunaan RAM yang berlebihan hingga menumpuknya file sampah.


    Hal-hal sepele seperti ini, tentu perlu dipahami agar smartphone Anda tidak mengalami kinerja yang semakin memburuk bahkan hingga rusak. Agar HP Anda dapat bekerja secara optimal, ada beberapa cara yang mudah dilakukan untuk mengembalikan fungsi smartphone kembali normal.



    Cara Mengatasi HP Realme yang Lemot


    Pasang Aplikasi yang Diperlukan

    Jika Anda memiliki HP Realme dengan kapasitas RAM yang terbatas, sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak aplikasi yang tidak terlalu penting untuk kebutuhan Anda. Mengunduh aplikasi dengan kapasitas yang besar akan menyebabkan HP Anda terbebani sehingga membuat kinerjanya semakin lemot.







    Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

    Sebagian dari pengguna HP Realme pasti memiliki aplikasi bawaan atau unduhan yang sudah lama tidak terpakai. Untuk itu, sebaiknya hapuslah aplikasi yang tidak terpakai untuk mengurangi kapasitas memori dalam HP Anda. Ini menjadi pencegahan dini agar kinerja HP Realme tidak lambat.


    Menutup Semua Aplikasi yang Dibuka

    Saat HP Realme lemot, hal yang tentu wajib Anda lakukan adalah menutup semua aplikasi yang sedang dibuka. Cara menutup semua aplikasi yang sedang dibuka bisa dilakukan dengan mengatur manajemen aplikasi atau recent app pada bagian sebelah kiri. Tujuan ini dilakukan agar dapat menurunkan konsumsi pada RAM HP yang Anda gunakan.


    Rutin Bersihkan File Sampah / Cache

    Hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mengembalikan kinerja HP Realme secara optimal adalah rutin membersihkan file sampah atau cache. File cache perlu dibersihkan agar tidak terjadi penumpukan memori internal dan menjaga agar HP tetap stabil digunakan. Lakukan pembersihan file cache secara manual melalui aplikasi manager HP Realme.


    Restart Ulang HP Realme

    Salah satu cara mengatasi HP Realme Lemot yang mudah adalah dengan melakukan restart ulang. Dengan merestart ulang HP Realme Anda, tentu semua sistem aplikasi yang sedang dijalankan akan kembali lagi seperti semula dan membuat kapasitas RAM Anda akan berkurang.


    Matikan Semua Konektivitas

    Anda dapat mematikan semua konektivitas seperti Data Seluler, Bluetooth, Wifi, Hotspot pada HP Realme yang Anda gunakan. Cara ini dilakukan untuk menghindari penggunaan baterai dan penggunaan data smartphone secara berlebihan.


    Reset Ulang HP Realme

    Berbeda dengan cara restart, dengan reset ulang HP Realme Anda, maka semua sistem dan aplikasi akan kembali seperti awal Anda membeli HP Realme. Data yang tersimpan di memori internal seperti lagu, foto dan video akan terhapus secara permanen. Cara ini dapat dilakukan sebagai jalan akhir jika HP Realme Lemot Anda tidak bisa bekerja optimal meski sudah diatasi dengan berbagai cara.


    tags : cara mengatasi hp vivo lemot, cara mengatasi hp lemot samsung, cara mengatasi iphone lemot, cara mengatasi hp xiaomi lemot, kenapa hp lemot padahal memori masih banyak, cara mengatasi hp lemot oppo, cara menghilangkan lag di hp, kenapa realme 5i jadi lemot