Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Downgrade Realme 5 Pro Android Versi 10 ke Versi 9

Cara Downgrade Realme 5 Pro - Setiap keluaran baru dari smartphone yang beredar di pasaran ini pasti mengalami berbagai peningkatan seperti fitur yang ditawarkan, bentuk maupun versi softwarenya. Namun beberapa pengguna justru merasakan kinerja yang lebih lambat dari fitur sebelumnya, seperti pada smartphone Realme 5 Pro. Hal ini ternyata dapat diatasi dengan cara downgrade realme 5 pro android versi 10 kembali ke versi 9. 


Cara Downgrade Realme 5 Pro Android Versi 10 ke Versi 9
Cara Downgrade Realme 5 Pro Android Versi 10 ke Versi 9


Melakukan downgrade atau rollback pada smartphone Realme 5 Pro kalian ini bisa meningkatkan kinerja sistem maupun aplikasi, apalagi bagi kalian yang kerap menjalankan aplikasi maupun game. Kebanyakan pengguna yang mengeluhkan smartphonenya lemot ini gara-gara melakukan upgrade ke versi yang terbaru. 


Versi terbaru dari sistem android ini tentunya akan menawarkan berbagai keunggulan seperti fitur yang ditawarkan, kinerja sistem dan keamanan yang lebih baik. Karena kebutuhan pemakaian smartphone yang terlalu sering membuat kinerja menurun, sehingga banyak yang menggunakan cara downgrade realme 5 android 10 ke 9. 



Persiapan Sebelum Melakukan Downgrade Realme 5 Pro

Sebelum kalian memutuskan untuk melakukan downgrade Realme 5 Pro, sebaiknya pahami terlebih dahulu efek setelah dilakukannya proses tersebut. Pastikan juga untuk melakukan persiapan terlebih dahulu agar tidak mengganggu proses downgrade atau rollback tersebut. 







Mengetahui Efek Downgrade Software

Apabila kamu sudah memutuskan untuk melakukan downgrade, pahami terlebih dahulu beberapa efek samping yang akan kalian terima setelah melakukan proses tersebut. 

  1. Data berupa foto, video, aplikasi maupun kontak telepon yang berada dalam smartphone kamu akan terhapus secara otomatis. Sehingga lebih baik lakukan backup smartphone kamu terlebih dahulu, terutama data-data yang penting bisa dipindahkan ke perangkat lain maupun memori eksternal.
  2. Cara downgrade realme 5 pro ini memang cukup mudah, namun setelah selesai melakukan downgrade smartphone tidak akan menerima pemberitahuan, apabila mengalami update pada versi terbarunya. 
  3. Jika ingin melakukan update versi android yang terbaru kembali, maka harus melakukan proses pengunduhan kembali software lengkap berdasarkan versi maupun disesuaikan dengan tipe Realme kamu.



Melakukan Persiapan Sebelum Melakukan Downgrade

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada saat melakukan proses downgrade yaitu memastikan kode akhiran dari versi software. Biasanya untuk versi software realme ini C35 atau C.55. Misalnya Realme dengan versi software yang bisa dilakukan proses downgrade seperti RMX1911EX_11_C.55.

Selain itu, pastikan juga kondisi baterai ini masih dalam keadaan charge 70 persen keatas, sehingga tidak mengganggu proses downgrade Realme 5 Pro kamu. 



Cara Downgrade Realme 5 Pro 

Berikut terdapat beberapa cara dalam melakukan downgrade pada smartphone Realme 5 Pro yaitu:

  1. Pastikan semua data-data penting sudah dipindahkan ke memori eksternal maupun perangkat lain
  2. Lalu jangan lupa untuk mengunduh software yang digunakan untuk melakukan downgrade atau rollback pada Realme 5 Pro atau sesuaikan dengan tipe yang kamu miliki. Untuk tipe Realme 5 Pro bisa menggunakan link berikut ini : https://download.c.realme.com/flash/Rollbackpack/realme_5Pro/RMX1971EX_11_OTA_2010_all_8gP9lLejwvDm.ozip
  3. Pindahkan hasil unduhan dalam folder download ke luar folder.
  4. Silahkan melanjutkan prosesnya dengan membuka file yang kamu unduh dan tekan “Update Sekarang”
  5. Maka secara otomatis smartphone kalian akan mati dan melakukan proses wipe data
  6. Tunggu hingga proses downgrade selesai dan jangan menghentikannya secara paksa yang bisa mengakibatkan smartphone mati total.
  7. Setelah proses selesai, maka layar akan muncul screen welcome dan smartphone kamu bisa digunakan kembali. Itulah cara downgrade realme 5 pro secara mudah. 

tags : cara downgrade realme 5 android 10 ke 9, cara downgrade realme 5i, realme 5 pro rollback, coloros realme 5 pro, realme software downgrade, realme 5i android 9 download, realme update indonesia, realme com indonesia