Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pin Pesan di Grup WhatsApp

Cara Pin Pesan di Grup WhatsApp - Salah satu bukti dari kemajuan teknologi adalah semakin mudahnya informasi tersebar ke seluruh penjuru dunia. Semakin berkembangnya media komunikasi yang memudahkan manusia dalam mendapatkan informasi. Tak perlu dengan repot mengirim surat ke kantor pos dan menunggu ber hari – hari untuk mendapatkan balasan. Dengan mudahnya sarana mengirim surat yang hanya menggunakan ponsel saja dan tinggal menunggu beberapa menit untuk mendapatkan balasan. 


Cara Pin Pesan di Grup WhatsApp
Cara Pin Pesan di Grup WhatsApp


Dengan berbagai perkembangan teknologi pada handphone yang semakin canggih, seperti smartphone yang anda pegang, semakin berkembang juga aplikasi – aplikasi pengirim pesan yang semakin memudahkan orang untuk berkirim kabar. 


Dengan berkembangnya aplikasi mengirim surat, fitur utama handphone, yaitu SMS kini mulai jarang digunakan. Hanya sedikit orang yang menggunakan fitur SMS, paling – paling hanya digunakan untuk menampung pesan dari operator penyedia layanan internet atau semacamnya.



Perkembangan Aplikasi Pengirim Surat

Ada banyak sekali aplikasi pengirim surat yang dapat anda gunakan di smartphone anda, seperti Telegram, Whatsapp, Line, dan Messenger. Dan yang paling populer digunakan oleh banyak orang adalah whatsapp. Whatsapp merupakan aplikasi pengirim surat yang paling banyak digunakan saat ini. Hampir sama kegunaanya dengan SMS. Namun bedanya adalah jika SMS menggunakan pulsa sebagai biaya mengirim pesan, di sini anda hanya perlu menggunakan paket data selular. 


Dan perbedaan lainya yaitu dari fitur – fitur yang di hadirkan. Whatsapp hadir dengan fitur – fitur unik yang mempermudah kita dalam berbalas pesan. Walaupun Whatsapp merupakan aplikasi mengirim pesan berbasis android, tapi tetap tidak lepas dari fitur utama smartphone seperti kontak. Untuk memasukkan daftar nomor yang baru anda perlu mengakses kontak pada hp anda dan memasukkan nomor baru yang akan terhubung langsung dengan aplikasi Whatsappnya.


Dengan semakin pesatnya pengguna Whatsapp yang menjadikannya sebagai aplikasi kirim surat paling populer, kini pihak Facebook menaruh perhatian terhadap pengembangan aplikasi whatsapp. Baru – baru ini pada awal tahun 2021 para penggunanya mendapatkan notifikasi khusus untuk update versi terbaru, dan yang mengejutkan terdapat embel – embel nama Facebook di bagian bawah saat proses membuka aplikasi. 


Dengan update tersebut menandakan berlangsungnya kerjasama antara pihak Facebook dengan Whatsapp, dan tentunya dengan kebijakan – kebijakan baru yang diterapkan oleh pihak Facebook terhadap aplikasi ini.



Cara Pin Pesan Di Grup Whatsapp

Banyak diantara pengguna Whatsapp yang merupakan seorang pebisnis yang mengandalkan aplikasi ini sebagai alat komunikasi. Pastinya tersimpan ratusan nomor konsumen atau teman anda di kontak yang anda simpan. Anda bingung dengan pesan menumpuk yang memenuhi Whatsapp, sehingga ada pesan penting yang terkubur di antara pesan pesan itu. 


Whatsapp menyediakan fitur pin yang memungkinkan anda untuk memprioritaskan suatu pesan. Dengan begitu, pesan yang anda prioritaskan tetap berada di urutan paling atas, dan tidak perlu khawatir dengan pesan yang tertimbun. 


Bagaimanakah cara menerapkan fitur pin di aplikasi Whatsapp anda? Berikut ini cara pin pesan di grup Whatsapp. 


Masuk Ke Halaman Chat Whatsapp

Langkah pertama cara pin pesan di grup Whatsapp, anda perlu masuk ke aplikasi Whatsapp, lalu masuk ke halaman chat anda.







Pilih Obrolan

Anda perlu memilih pesan mana yang akan anda prioritaskan. Dalam fitur pin chat pada Whatsapp anda bisa menandai maksimal tiga obrolan yang dapat anda prioritaskan. Lebih dari itu tidak akan bisa. Tandai pesan anda dengan menekan agak lama pesan yang anda pilih.


Pilih Fitur Pin Chat

Jika anda sudah menandai, Cara pin pesan di grup Whatsapp selanjutnya adalah pilih fitur pin yang terdapat pada menu bar bagian atas. Menu bar tersebut akan muncul otomatis saat anda menekan obrolan dengan agak lama. Pin memiliki logo berbentuk paku dinding.


Selesai

Dengan memilih obrolan dan menerapkan fitur pin maka tiga obrolan yang ditandai sebelumnya. Pesan ini akan tetap diprioritaskan atau tidak akan tenggelam oleh pesan – pesan lain yang bermunculan. 


Jika anda sudah mengerti dengan cara pin pesan di grup Whatsapp, dan berhasil untuk menerapkan fitur pin chat maka anda bisa me nonaktifkan fitur tersebut. Dengan cara pilih dan tahan obrolan yang dipin, lalu pada menu bar bagian atas akan muncul tanda pin disilang yang berarti untuk melepas prioritas pada chat tersebut.


Walaupun sudah menandai obrolan dengan fitur pin chat, terkadang pengguna Whatsapp bingung dengan pesan yang terlalu ramai bermunculan di grup, sehingga pesan penting yang ingin anda pelajari tertimbun jauh dan susah untuk mencari. Sebelum kejadian itu menimpa anda, anda bisa menggunakn fitur pesan berbintang. 


Selain cara pin pesan di grup Whatsapp, juga bisa langsung menandai pesan penting yang kemungkinan akan tertimpa pesan lainya sehingga sulit untuk ditemukan. Bagaimanakah cara menerapkan fitur pesan berbintang?



Berikut ini cara menerapkan fitur pesan berbintang

Pilih Pesan

Pertama perlu masuk ke grup atau obrolan, lalu tandai beberapa pesan yang sekiranya penting, dengan cara menekan dan menahan hingga muncul menu bar di bagian atas.


Pilih Opsi Pesan Berbintang

Selanjutnya anda bisa memilih opsi berbentuk bintang pada menu bar yang di tampilkan. 


Selesai

Pesan yang anda kategorikan sebagai pesan berbintang bisa anda akses kembali tanpa ribet, dengan menekan pengaturan atau titik tiga di pojokan kanan atas. Lalu pilih pesan berbintang. Di dalam menu pesan berbintang anda bisa melihat kembali pesan yang sudah anda tandai, walaupun tertimbun banyak pesan di grup atau obrolan anda.



Cara Pin Pesan Di Grup Whatsapp Versi iPhone

Beberapa dari anda mungkin menggunakan tipe iPhone yang memiliki fitur dan pengaturan sedikit berbeda dari Android. Termasuk dalam menyematkan pesan Whatsapp, atau menerapkan fitur pin chat. Versi Whatsapp di iPhone sedikit berbeda dari Whatsapp di android. Lalu bagaimanakah cara menyematkan pesan di iPhone?


Berikut cara pin pesan di grup Whatsapp versi iPhone

  1. Masuk ke halaman chat. Langkah pertama yang anda lakukan adalah masuk ke halaman chat anda. 
  2. Pilih pesan. Pilih pesan yang ingin disematkan atau diprioritaskan. 
  3. Geser pesan ke kanan. Inilah perbedaan menyematkan pesan di iPhone dan android, anda harus menggeser ke kanan pesan untuk memunculkan menu bar.
  4. Pilih sematkan. Opsi pin chat di iPhone sama dengan android, yaitu berbentuk paku dinding, dan obrolan yang anda pilih sudah terprioritas.


Cara pin pesan di grup Whatsapp sangatlah mudah dan simpel, tetapi beberapa orang tidak mengetahui, atau sebenarnya mengetahui, tapi malas untuk menggunakan. Dari berbagai pengalaman seperti pesan penting yang tidak terbaca atau sulit ditemukan karena pesan menumpuk, memberi pelajaran bahwa setiap fitur yang disediakan oleh pihak pengembang. Sekecil apapun itu sangatlah berguna untuk membantu kita dan memudahkan kegiatan mengirim pesan. 

Apa sajakah pengalaman dalam berkirim surat yang pernah anda alami? Tuliskan di kolom komentar ya.


tags : how to pin chat in whatsapp group, cara pin grup wa di iphone, cara pin pesan di wa, how to pin a message in a group chat, pin symbol in whatsapp, cara pin chat wa di android, unpin whatsapp chat iphone, how to pin message in whatsapp group chat android