Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Cara Screenshot di HP Realme dengan Simple dan Tanpa Ribet

Cara Screenshot di HP Realme - Screenshot atau screen capture merupakan cara untuk menangkap gambar atau mengabadikan gambar pada layar. Tentu fitur ini sudah ada di semua smartphone tak terkecuali Realme. Di Realme cara menangkap layar ada beberapa cara dan semuanya mudah untuk dilakukan. Ada beberapa fitur tambahan juga di Realme yang bisa menjadi pilihan untuk melakukan screenshot. Ini cara screenshot di HP Realme. 


Cara Screenshot di HP Realme
Cara Screenshot di HP Realme


Screenshot Dengan 3 Jari

Cara pertama yang bisa digunakan untuk screenshot di Realme adalah dengan menggunakan 3 jari. Hanya dengan usapan 3 jari gambar layar akan tercapture. Tentunya cara ini sangat simpel dan mudah untuk dilakukan. Jika ada momen menarik tinggal usap 3 jari maka momen tersebut akan tertangkap dengan cepat.  Tidak semua tipe smartphone bisa menggunakan cara ini. Hanya Realme dan beberapa jenis lagi yang bisa. 


Untuk caranya benar-benar sangat mudah. 3 jari tempelkan pada jari lalu usapkan ke bawah secara bersamaan. Jika berhasil maka akan muncul flash mini dan ada notifikasi bahwa gambar terlalu berhasil ditangkap. Pastikan bahwa menggunakan 3 jari dan juga diusapkan secara bersamaan. Jika tidak maka screenshot tidak akan berhasil. Untuk mudahnya letakkan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. 



Screenshot Dengan Tombol

Cara kedua adalah cara yang paling mainstream untuk melakukan screenshot di Realme yaitu dengan menggunakan tombol. Tombol yang digunakan di sini adalah tombol power dan volume down/turun. Hampir semua jenis smartphone memiliki fitur yang sama dengan Realme untuk urusan screenshot ini.  Caranya yang simpel dan tidak memerlukan waktu yang lama membuat screenshot di HP Realme dengan cara ini sangat direkomendasikan.  







Langkah yang harus dilakukan adalah memastikan gambar layar yang akan di capture setelah itu tinggal pencet tombol power dan volume down secara bersamaan. Tunggu hingga ada flash mini di layar dan juga suara jika berhasil maka akan notifikasi nantinya. Menekan tombol power dan volume turun harus bersamaan jangan bergantian. Tombol power hanya bisa dikombinasikan dengan power down tidak bisa jika menggunakan power up. 



Menggunakan Fitur Smart Sidebar

Fitur screenshot Realme memang sangat beragam salah satunya adalah adanya fitur Smart Sidebar. Fitur yang satu ini hanya bisa ditemukan di Realme dan mampu membantu penggunanya dalam mengakses berbagai menu dengan cepat. Selain itu fitur ini memiliki opsi screenshot yang bisa digunakan dengan mudah. Fitur yang menarik ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan kapan saja sesuai kebutuhan penggunanya. 


Cara menggunakannya adalah dengan mengakses menu Pengaturan lalu pilih opsi menu Alat Serba Guna dan pilih menu Smart Sidebar kemudian aktifkan. Jika fitur ini sudah aktif maka di pojok kanan layar akan ada simbol berwarna putih. Tekan simbol tersebut lalu pilih opsi screenshot maka layar akan tercapture. Cara screenshot di HP Realme ini sangat eksklusif hanya ada di Realme.


Langsung saja aktifkan fitur ini jika memang butuh bukan hanya untuk screenshot namun mempermudah mengakses beberapa menu. Simbol di pojok kanan atas tidak akan mengganggu penglihatan karena semi transparan. 


Realme memang mempunyai berbagai fitur untuk screenshot yang tidak ada atau tidak bisa dilakukan di smartphone lain. Maka cara screenshot di HP Realme ini terasa sangat eksklusif.  Caranya yang mudah dan ada berbagai pilihan membuat proses screenshot menjadi lebih efektif. Pastikan gambar layar yang akan terlebih dahulu jika ingin hasilnya maksimal. 


tags : cara meningkatkan kualitas screenshot xiaomi, cara screenshot hp realme c15, cara screenshot realme c2, cara screenshot realme 7i, cara mengatur kamera realme c15, pengaturan screenshot realme c3