Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Penyebab dan Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri di Hp Oppo

Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri di Hp Oppo - Kejadian ini mungkin pernah Anda alami saat menghubungi seseorang yakni panggilan diakhiri padahal belum ada nada tut tut. Anggapan pertama yang muncul pastinya nomor rusak atau jaringan sedang mengalami gangguan. Untuk lebih jelasnya, dalam artikel ini akan diulas sumber penyebab dan cara mengatasi panggilan diakhiri di Hp Oppo. 


Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri di Hp Oppo
Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri di Hp Oppo


3 sumber penyebab panggilan diakhiri Oppo

Terkunci 4G LTE

Dalam setiap settingan pabrik ponsel terbaru akan dilengkapi dengan 3 macam jaringan yaitu 2G, 3G dan 4G. Setiap jaringan tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan daerah, ada kalanya Anda sangat baik sinyalnya 3G. Untuk, pilihan jaringan 4G only yang Anda klik akan membuat sistem mengunci telepon dan pesan (sms) tidak bisa beroperasi. 

Jadi, jangan masuk ke pilihan jaringan 4G only agar Anda bisa tetap melakukan panggilan keluar. 


VoLTE tidak aktif 

Untuk VoLTE bagi operator smartfren sangat penting diaktifkan sebagai penunjang komunikasi telepon dan sms. Khusus operator smartfren memang ketersediaan jaringan 4G hanya satu bagian jaringan saja sedangkan untuk operator lainnya telah banyak memenuhi VoLTE sehingga sistem VoLTEnya otomatis aktif berjalan sendiri. Resiko VoLTE smartfren yang tidak aktif akan membuat panggilan keluar terus diakhiri. 


Nomor tujuan tidak masuk VoLTE 

Jika nomor yang Anda hubungi tidak mengaktifkan VoLTE maka Anda tidak akan mungkin bisa menelepon dan muncul pemberitahuan diakhiri. Biasanya, nomor smartfren yang seringkali diakhiri adalah yang VoLTEnya non aktif. Untuk panggilan nomor lainnya selain smartfren bisa dihubungi. 







Nomor tujuan mengaktifkan 4G

Jika nomor tujuan mengaktifkan 4G resikonya juga panggilan tidak bisa dilakukan. Dalam kasus ini, nomor tertentu saja yang tidak bisa dipanggil tetapi nomor lainnya bisa kendati masih dalam 1 operator yang sama. 



Cara mengatasi panggilan diakhiri Oppo

Untuk ponsel Oppo yang seringkali mengalami kendala panggilan diakhiri bisa diatasi dengan:

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke kolom More
  3. Klik Cellular networks
  4. Klik SIM yang dipakai untuk melakukan panggilan, karena saat ini ada 2 pilihan, SIM untuk panggilan dan sms serta SIM data internet.
  5. Klik Network Operation
  6. Klik Choose automatically
  7. Selesai


Jika cara mengatasi panggilan diakhiri di Hp Oppo di atas telah Anda lakukan tapi tidak memberikan efek panggilan pulih maka cobalah untuk menggunakan cara lain:


Data roaming dinonaktifkan 

  1. Anda cek di bagian Pengaturan Hp Oppo
  2. Klik kolom Call Setting dan klik jaringan seluler
  3. Cek pada kolom data roaming, apabila data roaming aktif geserlah tombol non-aktifkan   
  4. Cek juga mode Bluetooth untuk kondisi OFF. 


Ubahlah ke jaringan lain

  1. Klik call setting  (pengaturan panggilan)
  2. Klik menu Jaringan
  3. Lalu klik kolom saluran
  4. Kemudian klik Tipe Jaringan Prioritas. Apabila dalam pengaturan itu Anda memakai Prioritas LTE sebaiknya ubah ke Prioritas 3G/2G.
  5. Setelah selesai, coba pakai panggilan ke nomor lain.


Ada juga alternatif lain yang lebih cepat untuk mengubah jaringan ke 3G/2G menggunakan *#*#4636#*#* kemudian ganti ke jaringan WCDMA Only. 


Itulah beberapa sumber penyebab dan cara mengatasi panggilan diakhiri di Hp Oppo. Sebelum Anda menuju ke call centre Oppo sebaiknya cek mandiri dulu dengan cara di atas. Jangan lupa untuk lakukan langkah utama registrasi nomor ponsel sebelum digunakan karena tanpa registrasi Anda tidak bisa lakukan panggilan keluar atau menerima panggilan.


tags : cara mengatasi call ended, kenapa panggilan tidak dapat dilakukan, telepon sering terputus sendiri iphone, panggilan diakhiri vivo, cara mengatasi call ended telkomsel, panggilan tidak diperbolehkan pada nokia, indosat tidak bisa telepon, cara mengatasi hp oppo tidak bisa melakukan panggilan keluar