Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Multitasking! Begini Cara Membuat 2 Layar di Hp Realme

Cara Membuat 2 Layar di Hp Realme - Pernahkan kamu merasa kesal saat sedang asyik menonton video di Youtube, tiba-tiba mendapat pesan yang wajib dibalas? Hal-hal tersebut pasti sangat menjengkelkan karena kita terpaksa harus menghentikan aktivitas menonton Youtube sejenak, kemudian membalas pesan.  


Cara Membuat 2 Layar di Hp Realme
Cara Membuat 2 Layar di Hp Realme


Teknologi semakin berkembang, kini ponsel bisa membuka dua aplikasi dalam satu layar sekaligus. Namun, Tidak semua Handphone memiliki fitur layar belah, untuk jenis merk-merk tertentu kamu harus membeli Handphone dengan kualitas lebih tinggi untuk menunjang fitur layar belah. Hanya saja kamu harus mengeluarkan biaya sedikit lebih mahal untuk mendapatkan jenis Handphone seperti itu.


Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Handphone merk Realme, ponsel ini menghadirkan banyak fitur canggih dan mumpuni tapi harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Performanya pun lumayan dan mampu bersaing dengan ponsel jenis lain, hal ini membuat Realme masuk dalam kategori lima brand  ponsel terpopuler di Indonesia.


Fitur layar belah atau split screen adalah fitur yang memungkinan satu layar handphone dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan. Layar belah menjadi fitur andalan bagi android, tapi  cara membuat 2 layar di Hp Realme, akan berbeda dengan merk Handphone lain.







Bagi kamu para pengguna Hp Realme, sebelum mengetahui cara membuat 2 layar di Hp Realme alangkah baiknya untuk mengaktifkan terlebih dahulu fitur tersebut. Jika tidak diaktifkan, maka split screen juga tidak bisa digunakan. 



Langkah Mengaktifkan Fitur Layar Belah

Pada dasarnya fitur bawaan ini sudah secara default telah diaktifkan, hanya saja kamu perlu memeriksa apakah pengaturan layar belah bekerja secara maksimal. Berikut cara mengaktifkan spilt screen.

  1. Pilih pengaturan.
  2. Scroll sampai bawah dan pilih fitur Layar Pisah Apl.
  3. Pastikan aplikasi tersebut sudah aktif, jika belum aktif kamu tinggal pilih tombol dan geser ke kanan. 
  4. Setelah itu, usap dengan tiga jari ke arah atas untuk akses lebih cepat.


Setelah memastikan jika aplikasi layar belah sudah aktif dan layak digunakan, berikut adalah cara membuat 2 layar di Hp Realme, ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.



Cara Menggunakan Layar Belah/ Split Screen

Realme diketahui sangat memudahkan para penggunanya, salah satunya adalah cara penggunaan fitur layar belah. Realme mempunyai empat cara atau tahap yang bisa dijadikan referensi saat  menggunakan aplikasi tersebut. Simak penjelasanya berikut ini!

  1. Cara pertama adalah para pengguna bisa menggunakan usapan tiga jari ke arah atas layar. Pilih aplikasi utama (ex: Youtube) kemudian usap dengan tiga jari ke arah atas, tampilan berubah menjadi dua layar dan pilihlah aplikasi ke dua (ex:WA).
  2. Cara ke dua yang bisa dipakai adalah penggunaan tombol recent apps. Caranya cukup mudah yaitu pencet tombol recent apps agak lama sampai fitur layar belah terbuka. 
  3. Cara ketiga, kamu masih bisa menggunakan tombol recent apps. Berbeda dengan cara sebelumnya, tekan tombol recent apps kemudian pilih icon dua titik yang berada di kanan, klik layar belah. 
  4. Alternatif lain yang bisa digunakan sebagai cara membuat 2 layar di Hp Realme adalah melalui Smart Sidebar. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengaktifkan aplikasi Smart sidebar, pastikan mengaktifkan layar belah. Cara memakai Smart sidebar yaitu buka aplikasinya terlebih dahulu, lalu ‘tarik aplikasi Smart sidebar ke space kosong. 


Aplikasi Smart Sidebar adalah aplikasi bawaan dari Handphone realme yang memiliki fungsi mempermudah saat menggunakan berbagai macam aplikasi. Aplikasi ini sangat multitasking, pengguna bisa mengakses aplikasi secara lebih cepat dalam waktu bersamaan. 


tags : cara membuat 2 layar di hp realme c21, cara membuat 2 layar di hp realme c11, cara membuat 2 layar di hp realme 5i, cara membagi 2 layar hp redmi, smart sidebar realme c15 hilang, cara mengaktifkan jendela apung di realme c11, cara mengecilkan layar hp realme