Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Menyambungkan Hp Realme 3 ke TV

Cara Menyambungkan Hp Realme 3 ke TV - Perlombaan di bidang teknologi informasi, terutama pada ponsel pintar membuat kemajuan yang diberikan semakin cepat dan canggih. Jika beberapa tahun yang lalu ponsel hanya bisa dijadikan sebagai pengirim pesan teks dan suara, kini ponsel bertransformasi menjadi alat serba bisa yang menyediakan fitur-fitur canggih.


Cara Menyambungkan Hp Realme 3 ke TV
Cara Menyambungkan Hp Realme 3 ke TV


Realme sebagai brand ponsel pintar yang baru masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 2018 juga tak kalah dalam menyediakan fitur-fitur canggih dalam produknya. Salah satunya adalah fitur screen mirroring, yaitu fitur yang membuat tampilan di layar hp bisa dilihat di layar tv juga atau dengan kata lain merupakan cara menyambungkan hp Realme 3 ke tv.


Sebagian besar tipe hp keluaran Realme memiliki fitur canggih ini, mulai dari realme tipe c2, c3, c11, 12, dan 15, 5i hingga 6 pro memilikinya. Sedangkan untuk merk tv yang sinkron dengan fitur tersebut diantaranya adalah Polytron, LG, Panasonic, Sharp, dan lain sebagainya.


Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari fitur ini. Mulai dari menampilkan gambar atau video di hp, menonton video atau film bersama dari hp, membuat orang lain bisa melihat dengan mudah ketika anda bermain game, hingga untuk kebutuhan akademik atau profesional seperti presentasi dan lain sebagainya.







Lalu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Simak tutorialnya berikut ini.


Menyambungkannya tanpa kabel

Ini merupakan cara termudah dan cepat dalam menggunakan fitur screen mirroring karena tidak perlu alat tambahan untuk melakukannya. Berikut tahapan caranya:

  1. Pastikan tv yang ingin anda sambungkan memiliki fitur proyeksi layar atau smart tv untuk menggunakan cara ini
  2. Nyalakan atau aktifkan terlebih dahulu WiFi pada ponsel realme 3 anda. 
  3. nyalakan atau aktifkan fitur proyeksi layar di tv anda
  4. Kemudian menuju ke menu pengaturan di ponsel anda dan pilih pada menu sambungan atau wireless
  5. Lalu pilih fitur screen mirroring dengan klik untuk mengaktifkannya
  6. Jika sudah aktif maka selanjutnya perangkat ponsel anda akan melakukan proses scanning pada tv anda
  7. Jika sudah bertemu sambungan antar perangkat, akan tertera nama perangkat tv di ponsel anda
  8. Terakhir pilih perangkat tv tersebut dan tunggu proses keduanya saling tersambung karena syarat dari proses ini adalah kedua perangkat berada dalam jaringan yang sama
  9. Setelah tersambung maka anda bisa segera menikmati fitur tersebut


cara menyambungkan hp Realme 3 ke tv Melalui aplikasi pihak ketiga

Aplikasi pihak ketiga seperti screen mirroring, Cassto, dan lain sebagainya bisa anda gunakan apabila ponsel anda tidak menyediakan fitur proyeksi layar. Berikut tahapan caranya:

  1. Yang pertama anda harus memiliki aplikasi pihak ketiga tersebut. Anda bisa mengunduhnya di google play store, app store, atau bisa juga di apkpure. Aplikasi yang bisa direkomendasikan adalah screen mirroring dan Cassto merupakan yang terbaik
  2. Buka aplikasi yang telah anda unduh
  3. Sambungkan perangkat ponsel dengan tv menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sudah anda unduh tadi. Prinsipnya sama seperti cara yang pertama yaitu kedua perangkat antara ponsel dan tv anda perlu berada di jaringan WiFi yang sama agar bisa saling tersambung.


Untuk memastikan apakah ponsel anda memiliki cara menyambungkan hp Realme 3 ke tv, anda bisa mengeceknya dengan cara apakah ponsel anda kompatibel dengan Miracast. Miracast adalah yang memungkinkan ponsel anda bisa terkoneksi melalui audio maupun video ke perangkat lain.


tags : cara menghubungkan hp ke tv biasa, cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel, cara mengaktifkan screen mirroring di tv samsung, cara menyambungkan hp oppo ke tv, cara menyambungkan hp vivo ke tv, cara connect hp ke smart tv