Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Menonaktifkan Kunci Layar Di Ponsel Dengan Benar

Cara Menonaktifkan Kunci Layar Realme C - Penggunaan smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan primer saat ini. Banyaknya fungsi yang bisa didapat dari ponsel pintar dengan segala kemudahan nan praktis menjadi alasannya. Banyak hal penting pun kini disimpan di ponsel, mulai dari urusan pekerjaan hingga urusan personal. Sehingga fitur keamanan ponsel jadi perhatian lebih.


Cara Menonaktifkan Kunci Layar Realme C
Cara Menonaktifkan Kunci Layar Realme C


Salah satu fitur keamanan tersebut adalah kunci layar pada ponsel yang bisa terdiri dari kunci layar PIN atau sandi pola. Namun ada kalanya anda bisa lupa pada PIN atau sandi pola di ponsel anda sehingga cukup merepotkan. Atau anda sudah merasa tidak perlu lagi menggunakan kunci layar namun karna kunci layar sudah otomatis di setting saat anda membelinya maka berikut cara menonaktifkan kunci layar realme c:


1. Sadari dulu konsekuensinya

Sebelum menonaktifkan kunci layar ponsel anda, terlebih dahulu sadari konsekuensinya yaitu semua orang bisa mengakses ponsel anda dengan mudah


2. Buka pengaturan pada ponsel anda

klik pada simbol pengaturan di layar utama atau bisa anda cari di menu daftar aplikasi. 


3. Masuk ke menu “personal”

Cari menu personal lalu masuk lagi ke bagian  fitur keamanan.







4. Pilih menu “kunci layar” atau “screen lock” jika anda menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengaturan ponsel anda


5. Lalu jika  sebelumnya anda memasang kata sandi di ponsel maka anda harus memasukkan PIN atau sandi pola untuk mengakses menu tersebut.


6. Setelah menu kunci layar terbuka maka selanjutnya akan muncul beberapa opsi jenis kunci layar yang mau diterapkan. Jika anda berniat untuk menghilangkan kunci layar maka pilih opsi none atau tidak ada. Kemudian akan muncul layar peringatan sehingga pastikan anda membacanya secara teliti sebelum melanjutkan cara menonaktifkan kunci layar realme c.


7. Jika sudah membaca secara cermat dan yakin, maka pada layar peringatan tersebut pilih “Yes” dan setelahnya kunci layar di ponsel anda akan hilang sehingga anda tak perlu lagi untuk memasukkan sandi atau PIN saat hendak membuka ponsel.


8. Terdapat cara kedua untuk mematikan kunci layar di ponsel anda. Yitu dengan cara menggulirkan layar ponsel ke bawah kemudian ketuk “tidak ada” atau “none” dua kali yang membuat kunci layar anda secara otomatis tidak akan aktif lagi. Jangan lupa memasukkan kata sandi atau PIN jika anda menggunakan salah satu dari keduanya sebelumnya.


Seperti yang sudah disebutkan, bahwa terdapat konsekuensi jika anda menonaktifkan kunci layar anda yaitu orang akan dengan mudah membuka ponsel anda. Namun anda bisa mencegahnya dengan mengaktifkan kunci layar hanya pada beberapa aplikasi yang anda anggap penting dan privasi, misalnya seperti WhatsApp, Instagram, E-mail, dan lain sebagainya. 


Berikut cara mengaktifkan kunci layar aplikasi di ponsel anda.

  1. Buka pengaturan lalu pilih keamanan
  2. Pilih Advanced
  3. Pilih toggle yang berada di sebelah Pin windows
  4. lalu nyalakan toggle pin screening agar aktif.
  5. Lalu pilih Ask for PIN sebelum unpinning untuk meningkatkan keamanan anda
  6. klik ikon Overview lalu pilih aplikasi yang ingin anda kunci
  7. Lalu masukkan PIN, kata sandi, keamanan biotrik atau opsi lainnya 
  8. Selesai kini aplikasi tertentu di ponsel anda sudah terkunci dan perlu akses sandi untuk membukanya

Itulah cara menonaktifkan kunci layar realme c  dan cara mengunci aplikasi tertentu di ponsel anda.