Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset Factory HP Realme

Cara Mereset HP Realme - Informasi mengenai cara mereset HP Realme tentu sangat bermanfaat,  terutama bagi para pengguna smartphone Realme yang kadang kala ingin melakukan reset pabrik pada smartphone kesayangannya.  Lalu bagaimana caranya dan apa saja kekurangan maupun kelebihannya?  Simak ulasan di bawah ini. 


Cara Mereset HP Realme
Cara Mereset HP Realme


Kelebihan Dan Kekurangan Reset HP

Sebenarnya tak hanya tentang bagaimana cara mereset HP Realme saja yang dicari masyarakat. Karena hampir semua pengguna smartphone dari berbagai merk lain pun juga membutuhkan informasi yang serupa.


Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri mengapa mencari tahu tentang cara mereset HP Realme. Namun alasan umum yang melatarbelakangi keinginan untuk melakukan reset pabrik ini adalah karena HP mulai lemot. 


Reset Factory atau yang lebih dikenal dengan reset pabrik merupakan sebuah tindakan untuk melakukan pengaturan ulang.  Tujuannya adalah agar HP kembali ke pengaturan pabrik sehingga kondisi HP akan sama seperti saat pertama kali dibeli. 


Kelebihan dari reset pabrik ini adalah buat kinerja HP lebih cepat karena semua direset serta chace atau data terhapus.  Sehingga kinerjanya agar lebih ringan. Namun kekurangannya adalah dimana semua data aplikasi yang tersimpan akan menghilang saat reset pabrik tersebut dilakukan. 


Agar file - file penting yang anda miliki tidak hilang saat direset,  maka anda wajib melakukan back up data.  Anda bisa memback up data pada micro SD maupun pada cloud seperti google drive dan lainnya. Dengan begitu, meskipun sudah direset ulang maka data bisa dikembalikan seperti semula. 








Cara Reset HP Realme

Setelah mengetahui tentang bagaimana cara mereset HP Realme, maka tentunya anda perlu tahu tentang bagaimana cara melakukan reset pabrik pada HP Realme tersebut. Berikut ini adalah caranya. 

  1. Persiapkan menu homescreen pada smartphone Realme
  2. Pilih menu Settings (Pengaturan) 
  3. Cari menu Backup & Reset
  4. Dari pilihan menu yang ada, tekan Reset Phone
  5. Pilih Erase Everything (Hapus Semua)
  6. Tekan Yes (Ya)
  7. Tunggulah sampai prosesnya selesai
  8. Biarkan saat HP melakukan restart karena setelah HP mati dan nyala maka HP Realme ada sudah dalam keadaan seperti pengaturan pabrik
  9. Selesai.



Tips Melakukan Reset Pabrik

Jika anda ingin menerapkan cara mereset HP Realme yang sudah dijelaskan di atas,  sebenarnya tidak masalah karena pastinya setiap orang memiliki alasan mengapa ingin melakukan reset factory. Bisa karena kinerja HP sudah lemot hingga sering hang.  Atau bisa juga karena ingin menjual smartphone tersebut. 

Namun ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan reset pabrik pada smartphone,  yaitu :


Pastikan Data Sudah Dibackup 

Hal pertama yang perlu dilakukan saat ingin melakukan reset pabrik pada HP adalah dimana anda wajib membackup semua data pada smartphone anda tersebut.  Ada beberapa cara yang bisa dilakukan,  seperti menyimpan data pada cloud storage seperti google drive,  menyimpan data pada kartu memory (SD Card) serta bisa juga dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga yang fungsinya memang untuk membackup data dan aplikasi. 

Tujuannya agara setelah HP direset,  anda bisa mengembalikan semua data aplikasi yang ingin anda tampilkan kembali.  Sehingga meskipun HP sudah fresh namun data lama masih bisa dikembalikan. 


Pastikan Baterai Cukup

Sebelum melakukan reset pabrik, pastikan baterai anda minimal 50% karena biasanya proses reset ini akan menyerap banyak daya.  Akan lebih baik lagi jika baterai anda full 100% untuk menghindari agar HP tidak mendadak mati saat resermt berlangsung akibat low bat. 


Lakukan Double Reset

Jika anda melakukan reset pabrik karena ingin menjual HP,  maka anda perlu melakukan double reset factory.  Karena ternyata meskipun sudah direset satu kali,  data - data masih tersimpan pada memory internal HP.

Tentunya akan sangat berbahaya setelah HP anda dijual kemudian dipulihkan kembali datanya oleh orang tidak bertanggung jawab,  maka data - data penting seperti data akun google akan diketahui dan disalahgunakan.  Sehingga cara terbaiknya adalah dengan melakukan reset factory berkali - kali sebelum HP dijual agar semua data pada smartphone benar - benar terhapus permanen. 

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai pengertian reset pabrik pada HP,  apa saja kekurangan dan kelebihannya,  cara melakukan reset pabrik serta seperti apa sajakah tipsnya.  Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.