Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar HP Realme 3 Terbaru

Cara Merekam Layar HP Realme 3 - Diketahui HP Realme merupakan produk ponsel cerdas buatan perusahaan teknologi dari negara Tiongkok. Bukan hanya berhasil melakukan bisnis di bidang teknologi komunikasi saja, namun Realme juga berhasil memulai bisnis aksesoris komputer dan smartphone dengan spesifikasi handal sekaligus harga terjangkau. Fitur yang ada dalam ponsel Realme juga terhitung canggih, diantaranya adalah untuk cara merekam layar hp Realme 3. 

 

Cara Merekam Layar HP Realme 3
Cara Merekam Layar HP Realme 3


Bagaimana Cara Melakukan Perekaman Layar HP Realme 3?

Aktivitas rekam layar atau Screen Recording merupakan salah satu aktivitas ponsel yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Fitur yang satu ini akan memberikan kemudahan pada pengguna HP untuk melakukan perekaman pada semua aktivitas yang ada di smartphone dengan mudah dan cepat sesuai keinginan pengguna. Lalu bagaimana tutorial cara merekam layar hp Realme 3 dengan lancar dan sukses?

 

Munculkan menunya di Quick Menu
Agar supaya lebih mudah untuk mengaktifkan fitur rekam layar, terlebih dahulu Anda harus memunculkan menu rekam layar di Quick Menu ponsel.

  1. Caranya adalah dengan masuk ke home screen smartphone, lalu buka Quick Menu yang ada di notifikasi bagian atas. Anda bisa menemukannya dengan melakukan swipe layar atas ke bawah atau swipe layar dari bawah ke atas (untuk beberapa jenis ponsel tertentu).
  2. Pilih menu Arrange Icon yang tampil dengan ikon bergambar 9 titik yang ada di layar bagian kanan sebelah atas
  3. Temukan menu Screen Recording di Arrange Icon tersebut kemudian pindahkan ke laman utama Quick Menu yang terdapat di bar notifikasi hp.
  4. Jangan lupa untuk meng-klik tombol Done untuk menyimpan pengaturan yang sudah Anda lakukan.

 

Buka Quick Menu
Lakukan swipe layar di hp Anda untuk membuka fitur Screen Record. Lalu tekan ikon fitur Screen Recording yang sudah ditambahkan ke Quick Menu. 

Beri izin akses
Berikan izin akses jika sistem operasi HP memintanya. Biasanya hal ini dilakukan karena fitur akan mengakses layar secara penuh. 

Tampilan screen recording
Dalam waktu sekitar 3 detik, layar akan tampil dengan tombol yang terlihat melayang di layar HP yang memberikan tanda bahwa fitur Screen Recording sudah aktif. 

Fungsi tombol melayang
Bahwa adanya tombol yang terlihat melayang memiliki tujuan untuk memberikan keterangan mengenai durasi waktu cara merekam layar hp Realme 3 yang sedang dilakukan. Tombol tersebut juga berfungsi untuk menghentikan proses rekam layar dengan lebih mudah. 

Video otomatis tersimpan
Untuk menyimpan video hasil rekam layar akan dilakukan secara otomatis. Anda bisa mendapatkannya di memori penyimpanan internal smartphone Realme 3. 

 


Manfaat Lakukan Screen Recording Pada HP Realme 3

Umumnya fitur untuk rekam layar ini dipakai untuk membuat dokumentasi kegiatan yang dilakukan pada ponsel atau dipakai pada kegiatan demonstrasi penggunaan sesuatu atau jenis aplikasi tertentu pada sebuah ponsel cerdas. Biasanya hasil rekaman memiliki bentuk format mp4, yang bisa dimainkan di aneka macam aplikasi pemutar video yang diinstall di smartphone. 


Berikut adalah beberapa manfaat dari screen recording yang dilakukan dengan Realme 3.

  1. Sarana untuk mendukung demonstrasi cara penggunaan sebuah aplikasi yang terinstal di smartphone agar supaya bisa dipahami dengan mudah dan cepat
  2. Tutorial untuk melakukan perbaikan pada smartphone atas berbagai masalah yang dihadapi
  3. Untuk membuat rekaman khusus tentang kegiatan bisnis online sehingga bisa menjadi bukti jika suatu waktu dibutuhkan

Sekian ulasan tentang tutorial cara merekam layar hp Realme 3 yang lengkap, mudah dan berhasil untuk dilakukan. Selamat mencoba.