Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hard Reset Realme ke Pengaturan Pabrik

Cara Hard Reset Realme - Cara hard reset Realme bisa kamu coba jika terjadi masalah dengan hp. Beberapa masalah kerusakan ringan karena penggunaan hp sehari-hari, seperti force stop, hang, restart atau bootloop. Langkah awal untuk mengatasi masalah tersebut di hp Realme bisa dilakukan dengan cara hard reset sehingga akan kembali ke pengaturan pabrik. 

 

Cara Hard Reset Realme
Cara Hard Reset Realme


Hard reset ini dilakukan untuk mengembalikan performa dan kondisi hp Realme Anda menjadi seperti masih baru lagi. Bagi Anda yang merupakan pengguna Realme baru dan masih awam mengenai hard reset tidak perlu khawatir. Di bawah ini adalah cara hard reset hp Realme ke pengaturan pabrik paling mudah.


Cara Hard Reset Realme Paling Mudah

Cara hard reset Realme ke pengaturan pabrik paling mudah adalah :


Cara Hard Reset Melalui Pengaturan

Cara hard reset hp Realme paling mudah adalah melalui pengaturan dari hp, caranya ialah :

Buka ke pengaturan
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan hard reset adalah ke pengaturan hp. Setiap hp pasti memiliki menu pengaturan dan di sana Anda bisa melakukan hard reset dengan mudah.

Pilih opsi cadangkan dan pulihkan
Pilih opsi cadangkan dan pulihkan (backup dan restore) di dalam pengaturan hp Realme Anda. Klik opsi cadangkan dan pulihkan untuk ke proses hard reset berikutnya. 

Pilih opsi kembalikan ke setelan pabrik
Pilih opsi kembalikan ke setelan pabrik (factory data reset) untuk melakukan hard reset dari pengaturan hp. 

Pilih setel ulang telepon
Memilih setal ulang telepon dan pilih opsi hapus semua. Apabila Anda ingin format Micro SD bisa klik tanda centang di opsi tersebut dan jika tidak ingin melakukan format tersebut tidak usang dicentang. Semua file yang ada di Micro SD hp Anda akan hilang semua setelah melakukan hard reset. 

Proses hard reset
Tunggu sampai proses hard reset hp Realme Anda selesai dan otomatis akan melakukan restart. Proses hard reset bisa memakan beberapa waktu karena tergantung dengan kondisi hp Realme Anda. Jangan pencet apapun saat melakukan proses hard reset supaya berhasil. 


Setelah hp melakukan restart maka bisa digunakan seperti semula dan kondisinya seperti hp baru. 


 

Cara Hard Reset Melalui Recovery Mode

Cara hard reset Realme yang kedua adalah melalui recovery mode, dan caranya ialah :

Matikan hp
Hal pertama yang Anda lakukan untuk hard reset hp Realme adalah matikan hp terlebih dahulu. Setelah hp benar-benar mati kemudian tekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan sambil ditahan beberapa saat. Setelah logo Realme muncul lepaskan tombol power dan tahan tombol power bawah sampai muncul mode recovery.

Pilih wipe data and cache
Memilih wipe data dan cache untuk melakukan hard reset hp Realme Anda dengan mudah. Pilih Yes, Delete All User Data untuk melakukan konfirmasi hard reset. 

Masuk ke opsi wipe cache partition
Setelah wiping selesai kemudian Anda masuk ke opsi wipe cache partition dengan tujuan membersihkan sisa-sisa data atau file, seperti cache, cookie serta lainnya sampai bersih. 

Pilih reboot
Pilih reboot untuk melakukan restart hp Realme dan tunggu sampai proses selesai. 

Selesai
Proses hard reset akan selesai jika sudah restart dan hp menyala kembali. Tampilan hp Realme Anda sekarang seperti baru lagi dan hard reset sudah berhasil dilakukan dengan baik.
Begitulah cara hard reset Realme ke pengaturan pabrik dengan mudah sehingga bisa dicoba.