Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Screenshot Realme Pro 2 Dengan Mudah

Cara Screenshot Realme Pro 2 - Sebenarnya cara screenshot Realme pro 2 tidaklah rumit seperti yang dibayangkan. Sebenarnya cara yang perlu dilakukan sangatlah mudah bahkan bagi yang baru pernah mengoperasikan Realme Pro 2 bisa dengan mudah melakukannya.

 

Cara Screenshot Realme Pro 2
Cara Screenshot Realme Pro 2


Screenshot sendiri artinya yaitu kalian mengabadikan sesuatu di ponsel kalian baik itu berupa tulisan, foto, dan lainnya. Umumnya screenshot ini dilakukan dengan bantuan tombol shutter dan untuk cara screenshot masing-masing merk smartphone tentunya akan berbeda.



Cara Mudah Screenshot Realme Pro 2

Banyak yang beranggapan jika melakukan screenshot hanya memiliki satu cara saja yaitu dengan bantuan tombol shutter. Jika kalian beranggapan demikian maka salah besar karena di smartphone Realme terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan seperti di bawah ini.

 

Kombinasi tombol fisik
Cara screenshot yang satu ini terbilang tidak asing lagi dan banyak dari kalian yang telah menggunakannya. Penggunaan tombol fisik ini dapat dipakai pada seluruh smartphone Android tidak terkecuali Realme Pro 2.

  1. Bila layar smartphone yang ingin di screenshot
  2. Lalu tekan serta tahan tombol power dan volume bawah bersamaan lalu tekan sekitar 1-2 detik
  3. Nantinya akan terdengar bunyi cekrek atau layar hp akan berkedip lalu lepaskan
  4. Nantinya hasil tangkapan bisa langsung tersimpan pada galeri

Untuk melihat hasil tangkapan kalian bisa mengklik icon notifikasi maupun masuk ke folder galeri. Saat menggunakan tombol fisik ketika menahan 1-2 detik namun layar tidak berkedip atau tidak terdengar bunyi cekrek maka lepaskan dan ulangi lagi cara tersebut.

 

Screenshot menggunakan 3 jari
Cara screenshot Realme pro 2 selanjutnya yaitu memakai 3 jari. Fitur yang satu ini memang sudah banyak disematkan oleh beberapa brand ke dalam smartphone buatannya. Untuk bisa memanfaatkan fitur tersebut pada Realme maka kalian masuk ke pengaturan dan pilih opsi alat serba guna dan klik gestur & gerakan. Nantinya klik tombol yang letaknya di bagian samping pada menu screenshot 3 jari. Setelah itu kalian bisa dengan langsung mencobanya yaitu usapkan ujung tiga jari mulai dari atas hingga bawah.

 

Smart sidebar
Fitur khusus ini memang sengaja dibuat oleh Realme guna mempermudah para penggunanya dalam mengakses berbagai jumlah menu tertentu seperti screenshot. Untuk mengaktifkannya kalian masuk ke pengaturan lalu alat serba guna dan pilih smart sidebar. Nantinya kalian cukup mengaktifkan tombol pada bagian samping menu di smart sidebar. Nantinya setelah aktif kalian akan melihat adanya garis vertikal berwarna putih pada bagian sisi kanan layar. Selanjutnya tinggal geser garisnya ke sebelah kiri lalu pilih menu screenshot.

 

Game space
Cara terakhir yang bisa dimanfaatkan yaitu menggunakan fitur game space. Fitur tersebut tidak hanya berguna meningkatkan performa ketika bermain game namun bisa untuk melakukan screenshot ketika bermain game.

 

Fitur tersebut akan secara otomatis aktif saat kalian memainkan ataupun membuka game. Selanjutnya akan keluar tombol navigasi kecil pada bagian sisi kanan atau sisi kiri layar. Jadi itulah empat cara screenshot Realme pro 2 yang bisa kalian praktekan. Tentunya masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Jika ingin cara paling praktis bisa menggunakan fitur 3 jari karena lebih cepat dan tidak perlu repot-repot menekan tombol fisik. Namun jika ingin melakukan screenshot pada saat bermain game maka fitur pada game space adalah pilihan yang paling tepat karena akan secara otomatis aktif.