Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Sensitif Layar Realme 3 Supaya Sensitif

Cara Mengatur Sensitif Layar Realme 3 - Layar Android terus mengalami perubahan desain guna memudahkan para penggunanya salah satunya yaitu pada bagian touchscreen mudah untuk ditekan. Akan tetapi kembali lagi itu semua tergantung pada tipe layar yang digunakan.

 

Cara Mengatur Sensitif Layar Realme 3
Cara Mengatur Sensitif Layar Realme 3


Memang beberapa diantaranya kurang sensitif namun ada pula yang karena sudah lama digunakan sehingga sensitivitasnya berkurang. Jika sudah demikian maka cara mengatur sensitif layar Realme 3 sangat diperlukan bagi para penggunanya.



Cara Mengatur Sensitif Layar Agar Responsif

Sebenarnya pengaturan langsung untuk melakukan perubahan sensitivitas secara langsung pada layar tidaklah ada. Akan tetapi untuk alternatifnya terdapat beberapa pengaturan yang dapat kalian lakukan untuk mengaturnya.

 

Kalibrasi layar
Untuk kalian yang ingin layar kembali sensitif maka kalibrasi layar diperlukan. Fungsinya supaya untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan pada bagian layar dan juga untuk memperbaiki sensitivitas layar.
Pengaturan kalibrasi ini hanya tersedia untuk beberapa merk saja. Untuk hp yang tidak memiliki pengaturan tersebut bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang tersedia di Play Store.


Pengaturan kalibrasi ini hanya dapat ditemukan di smartphone Android dengan merk tertentu saja. Untuk itu, jika di smartphone Anda tidak mendukung pengaturan kalibrasi, Anda bisa mencoba aplikasi dari pihak ketiga yang ada di Google Playstore. Melalui proses kalibrasi kalian dapat mengetahui sebenarnya seberapa sensitif layar hp kalian dan jika menggunakan bantuan aplikasi akan ditampilkan melalui nilai respon yang akan terlihat.

 

Mengurangi skala animasi pada layar
Skala animasi merupakan pengaturan yang dapat memungkinkan hp melakukan perubahan waktu respon touchscreen pada saat memperoleh sentuhan.
Tentu saja semakin tinggi nilainya itu menandakan semakin lambat responnya. Maka hal tersebut secara tidak langsung dapat membuat sensitivitas pada layar berkurang jadi lebih baik melakukan pengaturan ulang. Pengaturannya dapat ditemukan pada pilihan pengembang di setelan dan berikut ini adalah caranya.

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Masuk ke menu tentang hp
  3. Klik nomor bentukan sampai 5 kali hingga keluar tulisan “Opsi Pengembang Sudah Aktif”
  4. Ketika telah aktif nantinya akan keluar menu baru yaitu Opsi Pengembang (setelan>opsi pengembang)
  5. Di opsi pengembang terus scroll sampai bagian bawah hingga menemukan kolom draw>pengaturan skala animasi jendela> ganti ke 0.5x

Perlu diketahui disini skala 0.5x merupakan nilai terendah pada pengaturan. Jika ingin touchscreen bisa segera merespon saat disentuh maka kalian matikan saja pengaturannya. Langkah ini juga merupakan cara mengatur sensitif layar Realme 3 yang bisa kalian praktekan.

 

Kurangi pointer speed
Cara lain yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan pointer speed yang bisa kalian praktekan. Beberapa langkah-langkahnya seperti berikut.

  1. Buka setelan hp
  2. Masuk ke menu bahasa dan masukan
  3. Cari pointer speed / kecepatan penunjuk lalu klik kemudian geser hingga full nilainya
  4. Jika sudah maka tutup saja seluruh jendelannya

Untuk kalian yang ingin merubah kembali ke pengaturan awal cukup ulangi berbagai langkah-langkahnya untuk melakukan penyesuaian kembali. Pengaturan ini bisa dengan mudah ditemukan pada hp versi lama hingga baru.

 


Tips Lain Agar Layar Jadi Sensitif

Berbagai pengaturan di atas adalah solusi yang bisa diterapkan untuk softwarenya. Cara lainnya bisa kalian terapkan pada segi hardwarenya agar layar kembali sensitif. Bagi yang merasa setelah pemasangan tempered glass dan layar menjadi lemot maka kalian bisa mencoba untuk melepasnya dahulu.


Cara mengatur sensitif layar Realme 3 lainnya dari segi hardware yaitu jika kalian menggunakan charger yang bukan original dan layar menjadi lemot maka kalian perlu menggantinya. Cobalah ganti charger original dari Realme.