Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme 3 agar Tidak Dilihat Orang Lain

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme 3 - Ketika ada orang lain yang meminjam HP kita, terkadang kita akan merasa tidak nyaman karena khawatir mereka membuka aplikasi atau file tanpa izin. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme 3 sebagai solusinya.
Anda tidak perlu lagi khawatir karena Anda telah menyimpan aplikasi yang sensitif agar tidak bisa dilihat oleh orang lain. Lalu, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di perangkat Realme 3? Berikut beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di Realme. 

 

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme 3
Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme 3


Cara Mudah untuk Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme 3

Apakah sudah tahu kalau Anda bisa menyembunyikan aplikasi di perangkat Realme 3? Nah, berikut ini langkah-langkah untuk menyembunyikan aplikasi di HP Realme dengan mudah. 

Membuka menu pengaturan pada HP Realme 3
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ada masuk ke menu pengaturan atau setting yang ada pada perangkat Realme 3 yang Anda miliki. Fitur untuk menyembunyikan aplikasi terdapat pada menu pengaturan atau setting. 

Pilih opsi menu keamanan
Setelah Anda masuk ke menu pengaturan atau setting, maka langkah berikutnya adalah memilih menu keamanan atau privacy tergantung bahasa apa yang Anda gunakan pada perangkat Realme 3. 

Pilih opsi menu App Encryption
Selanjutnya adalah pilih menu App Encryption yang ada di perangkat Realme 3. Menu ini memang tersedia di HP Realme yang merupakan salah satu fitur untuk mengamankan aplikasi agar tidak sembarang dibuka oleh orang lain.

Scroll saja ke bawah hingga Anda menemukan opsi App Encryption untuk fitur mengaktifkan fitur app lock. Pada perangkat Realme tipe lain, seperti Realme 6, 6, 7, dan 7 Pro, fitur ini bisa diaktifkan melalui menu App Lock. Meski nama menunya berbeda, namun fungsinya sama yaitu fitur untuk mengunci atau menyembunyikan aplikasi.

 

Masukan password
Jika sudah memilih App Lock, Anda akan dimintai password sebagai kode keamanannya. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme 3 membutuhkan password HP Realme yang Anda pasang. Jadi, password ini sesuai yang Anda gunakan di HP Realme 3, bisa kode angka atau PIN, pattern atau pola, dan finger print. Password ini juga yang nantinya akan digunakan untuk membuka aplikasi yang sudah disembunyikan. Tanpa password, maka orang lain tidak akan bisa mengakses aplikasi-aplikasi tersebut.

 

Atur kunci keamanan
Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mulai untuk mengatur kunci keamanan pada HP Realme 3 yang digunakan. Pada bagian ini juga Anda bisa memilih aplikasi-aplikasi apa saja yang ingin disembunyikan. Anda bisa masukan pilihannya dengan ketuk aplikasi yang ada di daftar pengaturan tersebut. Pilih semua aplikasi yang berisi data-data sensitif atau aplikasi yang memang tidak ingin Anda bagikan dengan orang lain. 

Encrypt aplikasi
Jika Anda sudah memilih aplikasi-aplikasi mana saja yang ingin disembunyikan, langkah terakhir yaitu encrypt aplikasi. Caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu klik tombol encrypt yang muncul di layar ponsel. Setelah aplikasi di-encrypt, maka aplikasi-aplikasi tersebut akan tersembunyi. Saat ada yang mencoba membuka aplikasi, akan dimintai kode keamanan dulu untuk dapat mengaksesnya. Jadi, hanya Anda saja yang tahu password-nya yang dapat membuka aplikasi-aplikasi yang disembunyikan tersebut. 


Itulah beberapa langkah mudah untuk menyembunyikan aplikasi di hp Realme. Setelah mengetahui caranya, Anda bisa lebih paham untuk menjaga privasi dengan tidak membiarkan orang lain membuka aplikasi tanpa seizin Anda. 


Cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme 3 memang sangat mudah melalui pengaturan keamanan. Selamat mencoba!