Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Root HP Realme 3 dengan Mudah

Cara Root HP Realme 3 dengan Mudah - Ponsel dengan operating sistem Android saat ini menjadi smartphone dengan pangsa pasar terbanyak di dunia, karena bersifat open source maka smartphone dengan sistem operasi ini lebih banyak di pasaran dari range harga yang paling murah atau entry-level hingga kelas yang mahal atau biasa disebut flagship.

 

Cara Root HP Realme 3 dengan Mudah
Cara Root HP Realme 3 dengan Mudah


Selain itu, Smartphone dengan OS ini lebih mudah untuk di kustomisasi oleh pengguna, sehingga jika bosan dengan tampilan smartphone kalian dan ingin melakukan perubahan disistemnya kalian cukup melakukan rooting, agar lebih leluasa dalam mengutak-atik perangkat smartphone kalian.


Rooting atau yang biasa dikenal dengan proses root pada smartphone Android adalah sebuah proses untuk membuka akses pada smartphone secara menyeluruh yang ada di dalam sistem Android agar memungkinkan pengguna untuk melakukan pengelolaan secara lebih bebas. Nah, untuk smartphone Realme, ada cara root HP Realme 3 yang bisa dilakukan dengan mudah.



Cara Melakukan Root Pada Smartphone Realme

Realme salah satu produsen smartphone yang sudah terkenal gaungnya di dunia ini juga mengizinkan untuk perangkat mereka bisa dilakukan rooting agar pelanggan bebas melakukan modifikasi tanpa harus terbatas pada aturan android pada umumnya.


Jadi bagaimana cara root smartphone di Realme series 5 dan Realme Narzo dengan mudah dan cepat? Berikut akan saya bantu penjelasannya, namun sebelumnya siapkan hal yang perlu dilakukan.

  1. Unduh dan lakukan penginstalan aplikasi root yang paling terbaru di smartphone Anda
  2. Pastikan baterai smartphone setidaknya memiliki daya sekitar 60%. Lakukan isi daya baterai terlebih dahulu jika memang kadar presentasi dari baterai masih kurang.

Jika persiapan yang telah disebutkan sudah tersedia, maka smartphone Realme sudah bisa melakukan proses root dengan cara yang cukup mudah hanya dengan perangkat smartphone kalian tanpa harus menggunakan sistem yang lain.


Proses Instalasi dan Rooting Pada Smartphone Realme

Cara root HP Realme 3 yang pertama, jika sudah unduh aplikasi root di smartphone kalian dan juga dipastikan mengunduh aplikasi root yang terpercaya maka install aplikasi terlebih dahulu. Tapi sebelum digunakan pastikan untuk sudah mengaktifkan mode pengembang yang ada di pengaturan smartphone Realme kalian.


Untuk pengaktifan mode ini caranya cukup mudah, disini kalian bisa membuka pengaturan terlebih dahulu, kemudian cari menu Tentang Ponsel selanjutnya ketuk di menu tersebut sebanyak tujuh kali dan nanti akan muncul menu tersembunyi tentang Build Number.


Berikutnya kalian dapat kembali ke pengaturan utama yang nanti akan ada menu Pengembang, pilih menu tersebut dan aktifkan fitur USB Debugging.


Selanjutnya kalian bisa buka aplikasi root yang tadi sudah diinstall di smartphone dan akan ada menu yang bertuliskan ROOT MY DEVICE, silahkan kalian klik selanjutnya tunggu hingga proses rooting selesai. Pastikan untuk selama proses ini berlangsung jangan operasikan smartphone karena hal itu bisa menyebabkan proses root menjadi gagal.


Fungsi dari Rooting Smartphone Realme

Alasan terbesar pengguna Android melakukan root adalah untuk mendapatkan user experience atau pengalaman yang berbeda dan lebih maksimal dalam menggunakan smartphone-nya. Beberapa fungsi yang didapat setelah melakukan root adalah:

  1. Bisa melakukan penambahan atau pengurangan pada file daya yang ada di dalam perangkat smartphone.
  2. Bisa mengakses fitur yang sebelumnya terkunci oleh sistem bawaan.
  3. Bisa install aplikasi yang sebelumnya tidak disetujui
  4. Menghapus file bawaan dari sistem android yang tidak berguna
  5. Mengganti firmware
  6. Dapat melakukan kustomisasi pada tampilan android secara menyeluruh
  7. Bisa menginstal custom ROM dengan cara flashing smartphone

Jadi itulah cara root HP Realme 3 yang dapat kalian lakukan sebagai pengguna smartphone Realme jika ingin melakukan root pada smartphone kalian dengan cara yang cukup mudah. Pastikan kalian tahu resikonya jika ingin melakukan proses rooting agar kalian tidak menyesalinya nanti.