Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Screenshot Oppo Realme C2

Tutorial Cara Screenshot Oppo Realme C2 - Salah satu fitur dari gawai telepon genggam yang tak asing lagi kini adalah tangkapan layar atau screenshot. Hampir semua telepon pintar jaman sekarang memiliki fitur ini. Disebut juga screen capture atau cuplikan layar, fitur ini memungkinkan para pengguna telepon pintar untuk menyimpan tampilan layar dalam bentuk gambar. Kebanyakan orang menggunakan fitur ini untuk menyimpan bukti transaksi online lewat aplikasi e-wallet maupun mobile banking.


Tutorial Cara Screenshot Oppo Realme C2
Tutorial Cara Screenshot Oppo Realme C2


Kendati sudah tidak asing, nyatanya tak semua orang dapat mengeksekusi fitur yang memberi kemudahan pada penggunanya ini. Tak terkecuali pada unit telepon pintar Realme C2. 


Tutorial Screenshot Hp Realme

Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara screenshot Oppo Realme c2 dengan singkat, padat dan jelas. Simak pendahuluan dan caranya di bawah ini ya! Untuk Realme c2, screenshot dapat dilakukan dengan empat cara atau teknik, yakni teknik tiga jari, teknik tombol fisik, Game Space dan Smart Sidebar. Untuk lebih memahami cara screenshot Oppo Realme c2, mari simak rangkuman informasinya di bawah ini:


Teknik Tiga Jari Untuk Screenshot Pada Realme C2

Cara atau teknik pertama adalah teknik tiga jari. Fitur macam ini memang sudah banyak dibenamkan pada perangkat pabrikan telepon pintar dari jenama lain, baik lokal sampai mancanegara. Untuk dapat mengambil tangkapan atau cuplikan layar dengan tiga jari pada perangkat Realme c2, terlebih dahulu Anda harus masuk menu pengaturan, kemudian pilihlah alat serba guna, lantas pilih lagi pada gestur dan gerakan, dan yang terakhir pilih tombol yang terletak pada samping menu screenshot tiga jari. Nantinya, setelah menu tersebut diaktifkan, akan terlihat garis vertikal putih pada sisi sebelah kanan layar. Cukup geser garis tersebut ke arah kiri lalu pilih menu screenshot dan Anda sudah dapat menikmati fitur tersebut.


Teknik Kombinasi Tombol Fisik

Adalah teknik paling umum dan familiar di kalangan pengguna telepon pintar untuk mengaplikasikan fitur tangkapan layar atau screenshot. Teknik ini bahkan dapat digunakan pada semua telepon pintar yang menggunakan sistem operasi android. Cara menggunakan teknik ini adalah sebagai berikut:

  1. Tampilkan cakupan layar yang perlu untuk di screenshot.
  2. Tekan dan tahan tombol power serta tombol volume bawah selama satu hingga dua detik secara bersamaan.
  3. Lepaskan segera apabila telah terdengar bunyi atau setelah layar telepon pintar Anda berkedip.
  4. Untuk melihat hasil tangkapan layar yang baru saja dilakukan, Anda cukup menyentuh ikon notifikasi atau membuka folder galeri, karena hasil foto screenshotnya langsung otomatis tersimpan.

 

Teknik Game Space

Fitur game space ini, selain dapat berfungsi sebagai akselerator performa saat bermain game, ternyata juga dapat dipakai untuk mengambil tangkapan layar pada saat bermain game. Ketika Anda sedang memainkan game, fitur ini akan otomatis aktif. Akan ada tombol navigasi berukuran kecil yang terdapat pada sisi kanan atau kiri layar telepon pintar Anda.


Teknik Smart Sidebar

Teknik ini merupakan fitur spesial yang sengaja disematkan Realme pada perangkat telepon pintarnya. Kemudahan untuk mengakses beberapa menu oleh para penggunanya merupakan tujuan dari fitur canggih ini. Untuk mengaplikasikan fitur ini, terlebih dulu Anda harus masuk ke menu pengaturan, pilih alat serba guna, kemudian pilih smart side bar lalu aktifkan tombol pada samping menu smart sidebar. Mirip dengan teknik tiga jari, nantinya setelah aktif, akan terlihat garis vertikal putih pada sisi sebelah kanan layar. Untuk mengambil tangkapan layar, cukup geser garis tersebut ke sebelah kiri kemudian pilihlah menu screenshot. Yap itulah beberapa cara screenshot Oppo Realme c2. Semoga bermanfaat.