Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara 4G Only Realme Agar Internet Cepat dan Stabil

Cara 4G Only Realme Agar Internet Cepat dan Stabil - Sinyal 4G kini menjadi jaringan yang dimiliki oleh semua HP Realme. Jaringan 4G bisa mengakses internet dengan cepat dan stabil. Maka dari itu, ketika jaringan 4G bermasalah dan sering berganti ke 3G atau 2G, Anda sebagai pengguna HP Realme tentu ingin mengatur jaringan tetap pada 4G.

 

Cara 4G Only Realme Agar Internet Cepat dan Stabil
Cara 4G Only Realme Agar Internet Cepat dan Stabil


Ada cara khusus yang bisa Anda lakukan sebagai pengguna HP Realme untuk melalukan penguncian jaringan 4G only. Namun, cara 4G only Realme memang belum banyak yang mengetahuinya. Meskipun fitur penguncian ini umum ditemukan pada HP Android, tidak semua tipe HP Realme memiliki fitur penguncian ini.


Agar pengaturan jaringan 4G only bisa berjalan dengan baik, pastikan paket internet yang digunakan adalah 4G, serta daerah Anda tinggal mendukung sinyal tersebut.


Cara Mengunci Jaringan 4G Only HP Realme

Mengunci jaringan 4G only merupakan cara yang bisa dilakukan agar HP menolak sinyal selain 4G LTE. Ini tentu berguna ketika Anda ingin jaringan internet tetap stabil dan tidak berganti menjadi 3G atau 2G apabila daerah tempat tinggal Anda kesulitan menerima sinyal 4G yang membuat jaringan internet menjadi lemot.


Berikut ini, ada cara yang bisa dilakukan pengguna Realme agar HP bisa memiliki jaringan internet 4G dengan kecepatan tinggi dan stabil tanpa ada gangguan. Simak cara-caranya di bawah ini!

Melalui Menu Pengaturan
Cara mengatur jaringan 4G only lewat menu Pengaturan adalah cara paling mudah dilakukan karena sudah ada di HP Realme yang Anda miliki. Langkahnya yaitu:

  1. Masuk menu Pengaturan.
  2. Pilih menu Kartu SIM dan Data Seluler.
  3. Pilih jenis kartu SIM mana ingin diatur jaringan 4G only.
  4. Masuk ke Info Pengaturan SIM.
  5. Ubahlah jenis jaringan yang disukai agar menjadi 4G LTE only.
  6. Tunggu proses selesai.

 

Melalui Kode Rahasia
Selain menu Pengaturan, Anda bisa mencoba menggunakan kode rahasia. Sebelum menerapkan langkah berikut, buka terlebih dulu mode pengembang HO Realme Anda.

  1. Buka aplikasi Telephone
  2. Ketik kode *#*#3646633#*#* dan klik Panggil atau Call
  3. Jika tidak berhasil, coba opsi lainnya, ketik *#*#4636#*#* atau *#800#. Kegagalan kode rahasia tersebut bisa saja karena kode sudah tidak berlaku
  4. Selanjutnya akan ada tampilan Log dan Debugging
  5. Geser layar ke kiri untuk menampilkan Telephon
  6. Klik menu Networking Selecting
  7. Pilih jenis kartu SIM yang diinginkan untuk 4G only
  8. Di kolom Set Preference Network Type, pilih opsi LTE Only
  9. Tunggu proses selesai

Untuk memastikan pengaturan 4G only berhasil, ikon jaringan HP Realme Anda akan berubah menjadi tulisan 4G LTE. 

 

Menggunakan Aplikasi Tambahan
Jika cara-cara di atas belum berhasil juga, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mengubah jaringan menjadi 4G LTE. Aplikasi ini bisa diunduh dan diinstal melalui platform resmi seperti Play Store secara gratis.


Setelah berhasil menginstall, Anda secara otomatis akan diarahkan ke tampilan mengenai HP Realme milik Anda. Setiap aplikasi ini memiliki cara pengaturan 4G only yang berbeda. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk secara tepat agar pengaturan jaringan 4G only bisa berhasil.
Perubahan jaringan menjadi 4G only memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Salah satunya yaitu, kecepatan internet akan semakin baik dan stabil, tetapi kuota internet juga cepat habis dan ponsel cepat panas.


Nah, pertimbangan tersebut perlu Anda perhatikan sebelum menerapkan cara 4G only Realme. Meskipun begitu, jika Anda sangat memerlukan internet cepat dan stabil, tidak ada salahnya mencoba cara di atas. Selamat mencoba!