Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Realme C1

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Realme C1 - Kehabisan memori penyimpanan internal pada HP menjadi permasalahan yang umum dirasakan para pengguna, termasuk pengguna HP Realme C1. Maka dari itu, keberadaan memori penyimpanan eksternal atau kartu SD menjadi solusi untuk memindahkan file berukuran besar.

 

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Realme C1
Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Realme C1


Sayangnya, fitur untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD secara default belum tersedia, termasuk HP Realme C1. Karenanya, banyak sekali pengguna Realme mencari cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Realme C1 agar penyimpanan internal lebih lega.


Namun, ada hal yang perlu Anda pahami yaitu, tidak semua jenis aplikasi bisa dialihkan ke kartu SD, terutama untuk sistem operasional Android Oreo atau Pie serta ColorOS Oppo pada HP Realme.



Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di HP Realme C1

Atur Kartu SD Menjadi Penyimpanan Default
Cara ini merupakan langkah awal agar konten yang Anda download bisa langsung tersimpan otomatis di kartu SD. Untuk mengubah pengaturan kartu SD menjadi penyimpanan default, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Masuk ke menu Settings di HP Realme C1.
  2. Pilih menu Penyimpanan dan klik agar masuk ke menunya.
  3. Pilih lokasi penyimpanan default sebagai opsi tempat pemasangan aplikasi yang diinstal.
  4. Selanjutnya akan muncul beberapa opsi termasuk kartu SD. Pilih kartu SD sebagai penyimpanan default.

Jika nanti Anda menginstall aplikasi pihak ketiga dan mendownload konten lain semisal foto atau gambar, musik, video, atau sejenisnya, penyimpanan akan otomatis masuk ke memori SD Card. Setidaknya, kapasitas kartu SD yang perlu Anda sediakan berukuran 64GB agar bisa memenuhi kebutuhan penyimpanan file.

 

Memindah Aplikasi ke Kartu SD Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara selanjutnya yaitu memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa aplikasi tambahan. Ini berlaku untuk HP Realme C1 yang sudah pernah di-root, sehingga Anda bisa melakukan pengaturan ini melalui menu Setelan.
Hanya saja, cara tersebut tidak bisa dilakukan sembarang pada semua HP Android. Namun, untuk tipe HP Realme C1 bisa melakukannya dengan memperhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings di HP Realme C1
  2. Pilih menu Kelola Aplikasi (App Manager) atau Penyimpanan dan USB.
  3. Cari dan pilih aplikasi yang Anda ingin pindah ke penyimpanan kartu SD dari memori internal.
  4. Setelahnya, akan muncul tampilan berupa opsi pada aplikasi. Anda tinggal klik tombol Pindah Ke Kartu SD.
  5. Tinggal menunggu proses, dan pemasangan aplikasi akan dipindahkan ke kartu SD.

 

Memindah Aplikasi ke Kartu SD Tanpa Root
Cara ini berkebalikan dengan cara sebelumnya. Agar berhasil memindahkan pemasangan aplikasi di penyimpanan kartu SD tanpa root, Anda harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.


Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan seperti, AppMgr III, App2SD, Greenify, ES Explorer, Files to SD Card, Link2SD, dan Mi File Manager. Aplikasi-aplikasi ini bisa Anda unduh dan install secara gratis di Play Store.


Setelah berhasil install, buka aplikasi tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan untuk memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal yaitu kartu SD tanpa harus melalukan root pada HP Realme C1 Anda.


Cara ini sangat berguna bagi Anda yang tidak mau mengutak-atik HP Realme C1 Anda, misalnya melakukan root. Alasannya bisa jadi karena tidak paham caranya dan takut HP Anda menjadi eror, masih dalam masa garansi, atau faktor lainnya.


Itu dia cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Realme C1 yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Tentunya, ruang penyimpanan yang lega membuat kinerja HP Realme C1 Anda menjadi lebih cepat dan bisa memuat banyak aplikasi.