Apa Penyebab Baterai pada HP OPPO Cepat Habis? Lalu Bagaimana Solusinya? Info Selengkapnya Ada di Sini!




Banyak pengguna smartphone android terutama pengguna Hp Oppo sering bertanya-tanya mengapa baterai Hp Oppo nya menjadi cepat sekali habis? Padahal baru saja di charge penuh hingga 100 %. Rasanya belum sampai seharian, bahkan belum sampai setengah hari namun kapasitasnya sudah terkuras habis. Namun mereka belum banyak paham penyebab utama mengapa baterai pada Hp Oppo menjadi cepat sekali habis, sehingga langsung menganggap baterainya tidak bagus. Hal-hal berikut ini yang menjadi penyebab mengapa baterai pada Hp Oppo cepat habis ;

1. Menggunakan Mode Dual SIM


Bagi pengguna Hp Oppo biasanya mereka tidak menyadari bahwa pemakaian dua kartu sekaligus justru akan membuat daya baterai menjadi 2 kali lipat lebih banyak dan boros jika dibandingkan dengan satu sim. Cara mengatasinya dengan mematikan salah satu jaringan SIM 1 atau SIM 2 Hp Oppo yang jarang di pakai untuk sementara waktu saja.

2. Konektivitas dan Jaringan Internet.


Ada baiknya jika sedang tidak melakukan aktivitas browsing, koneksi internet diturunkan dari mode 4G LTE/HSPA menjadi 2G/EDGE, karena jikalau kecepatan jaringan pada Hp Oppo baik saat melakukan browsing ataupun tidak, maka akan mempengaruhi daya penggunaan baterai, hal ini dapat diubah melalui menu Setting. Selain internet, beberapa konektivitas yang dapat menguras baterai yakni mengaktifkan bluetooth, terhubung ke wifi, mengaktifkan GPS, serta matikan mode Keep Wifi on During Sleep, untuk penghematan energi pada saat smartphone dalam keadaan standby.

3. Kecerahan pada Layar


Tingkat kecerahan pada layar akan sangat mempengaruhi penggunaan daya baterai pada Hp Oppo anda. Dengan menurunkan tingkat kecerahannya maka dapat menjadi daya tahan baterai sehingga menjadi lebih awet. Terlebih lagi lakukan pada saat sedang dalam perjalanan jauh ataupun di dalam mode standby.

Baca Juga




4. Getaran pada Tombol


Tanpa disadari ternyata getaran yang timbul pada tombol entah itu di softkey ataupun di keypad ternyata menggunakan daya baterai yang cukup besar, fungsi getaran yang muncul pada keyboard merupakan pertanda bahwa keyboard sedang berfungsi dengan baik. Namun jika dinonaktifkan untuk beberapa saat saja ketika Hp Oppo tidak sedang digunakan, hal itu cukup untuk memberikan daya tahan terhadap baterai.

5. Aplikasi yang sedang digunakan


Pada saat menggunakan aplikasi, baik itu berupa game ataupun social media yang dibuka secara online bersamaan akan dapat mempengaruhi daya baterai, ada banyak sekali vendor smatphone lain yang menawarkan fitur RAM yang besar sehingga anda dapat lebih leluasa di dalam membuka beberapa aplikasi sekaligus. Namun, jangan lupa untuk membersihkan aplikasi yang telah selesai atau jika terlalu banyak dibuka melalui task manager dengan menekan tombol home kita dapat mengetahuinya. Cara ini dapat disesuaikan dengan tipe hp. Berikut beberapa aplikasi yang secara continue menghabiskan baterai dan diantaranya Snapchat, Netflix, Facebook, BBM, Instagram, Messenger, ChatON voice and video chat, The weather channel, Sportify music, Clean Master (boost & App lock), dan Line

6. Memasang Live Wallpaper


Pengguna Hp Oppo tidak menyadarinya bahwasanya penggunaan live wallpaper atau gambar bergerak dapat memakan daya baterai semakin cepat. Menggantinya dengan wallpaper biasa dapat membantu penghematan baterai. jadi gunakan live wallpapar sekedarnya meskipun wallpaper tersebut bagus dan menarik hati.

7. Penggunaan Kamera


Ternyata kamera membutuhkan daya yang cukup besar untuk menghabiskan baterai, menangkap gambar dan merekam video dapat menguras baterai lebih cepat. Sehingga anda diharuskan untuk menurunkan kualitas gambar atau video sehingga kamera bekerja lebih cepat dan ringan, minimalkan penggunaan fitur HDR, serta gunakan lampu Flash saat pengambilan foto atau video.

8. Widget pada Homescreen.


Penggunaan widget yang terletak pada Homescreen memang sangat menyenangkan, namun, jika kita lihat dan rasakan secara instan dengan penggunaannya yang cukup praktis dan tidak perlu repot. Namun sayangnya ternyata terlalu banyak widget di homescreen dapat menjadi faktor baterai pada Hp Oppo anda menjadi cepat habis. Untuk penghematan, segera minimalisir penggunaan widget pada Homescreen agar baterai menjadi awet.