Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Scan Barcode di HP Oppo Tanpa Aplikasi, Cuman Modal Kamera Bawaan!

Cara Scan Barcode di HP Oppo Tanpa Aplikasi - Tahukah Anda kalau ada cara scan barcode di HP Oppo tanpa aplikasi? Artinya, Anda tak perlu lagi pakai aplikasi barcode scanner tambahan yang ada di Google Play Store. Dengan begitu, memori HP Anda tidak perlu terisi dengan aplikasi-aplikasi tambahan yang mungkin sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.


Cara Scan Barcode di HP Oppo Tanpa Aplikasi
Cara Scan Barcode di HP Oppo Tanpa Aplikasi


Apa Fungsi Barcode?

Barcode atau yang sekarang juga dikenal dengan nama QR code alias kode QR punya banyak kegunaan. Pada dasarnya, barcode maupun kode QR dibuat untuk menyimpan informasi tertentu. 


Contohnya seperti yang biasa Anda amati di swalayan saat kasir memindai barcode barang. Setelah scan barcode, mesin kasir akan menampilkan informasi barang dan harganya.


Fungsi barcode yang lainnya bisa Anda simak berikut ini:

Membuka website tanpa mengetik alamat di address bar

Salah satu contoh penggunaan barcode yang paling umum adalah untuk mempermudah orang mengakses website tanpa harus mengetik alamatnya di address bar. Cukup scan barcode di HP, perangkat akan langsung membuka halaman website tersebut.


Menjadi kartu nama

Saat ini, penggunaan barcode maupun QR code sebagai pengganti kartu nama jadi semakin umum, apalagi di dunia kerja. Cukup scan barcode, informasi seperti nama, nomor HP, alamat email, dan akun medsos, bisa langsung tampil di layar HP.







Menghubungkan perangkat ke koneksi WiFi

Di samping itu, barcode juga bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi, apalagi di HP Oppo maupun merek lain seri terbaru. Pemilik jaringan WiFi hanya perlu memberikan barcode atau QR code sehingga pengguna tak perlu mengetik password WiFi.



Cara Scan Barcode di HP Oppo Tanpa Aplikasi

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja fungsi barcode maupun QR code yang paling umum ditemukan saat ini. Lalu, bagaimana ya cara scan barcode di HP Oppo tanpa aplikasi? 


Bagi Anda pengguna HP Oppo, Anda sudah bisa scan barcode tanpa menggunakan aplikasi tambahan, lho! Karena pada dasarnya, Anda hanya perlu gunakan kamera bawaan saja untuk scan barcode di HP. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka kamera bawaan di HP Oppo yang Anda gunakan. Kemudian tap ikon tiga garis, dan pilih “Google Lens”. Atau Anda bisa langsung tap ikon Google Lens, bergantung pada tipe HP Oppo yang Anda pakai.
  2. Arahkan kamera pada barcode atau QR code untuk memulai scan barcode.
  3. Tunggu selama beberapa saat sampai barcode atau QR code tersebut terpindai.
  4. Layar akan menampilkan informasi dari barcode tersebut di bagian bawah.
  5. Setelah itu, Anda bisa lakukan tindakan lebih lanjut sesuai dengan jenis informasi barcode yang Anda scan. Misalnya melakukan panggilan atau menyimpan nomor kontak, informasi produk, menambahkan event ke kalender, atau membuka halaman website.

Bagaimana, ternyata cara scan barcode di HP Oppo tanpa aplikasi sangat gampang, kan?


Tips Scan Barcode di HP Oppo

Agar proses scan barcode langsung sukses, Anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Pegang HP dengan stabil ketika Anda scan barcode. Jika diperlukan, sesuaikan jarak untuk mengatur fokus apabila barcode terlihat buram di layar.
  2. Lakukan scan barcode di HP dalam kondisi pencahayaan cukup.


Nah, itu seperti itu cara scan barcode di HP Oppo tanpa aplikasi. Apabila kamera HP Oppo Anda ternyata belum memiliki fitur Google Lens, Anda bisa download dulu aplikasi Google Lens dari Google Play Store. Selamat mencoba!


tags : cara scan barcode di hp sendiri, cara scan barcode di hp vivo tanpa aplikasi, cara scan barcode di hp tanpa aplikasi, cara melihat barcode wifi di hp oppo, cara scan barcode di hp sendiri iphone, cara scan qr code tanpa aplikasi, cara scan qr code dari galeri, cara scan barcode di hp samsung