Bagi yang Belum Tahu Apa Itu RAM, ROM, Internal Storage, Phone Storage, dan USB Storage pada HP OPPO, Cek Info Lengkapnya disini!




Bagi anda yang suka membaca tabloid pengguna ponsel android oppo, atau saat anda sedang membaca spesifikasi pada ponsel oppo, seringkali anda pasti mendengar istilah kapasitas memori, RAM, ataupun memori internal. Pada saat anda memutuskan untuk membelinya ternyata spesifikasi ponsel atau tablet android oppo tersebut tidak sesuai dengan informasi yang anda ketahui. Oleh karena itu, kami bagikan informasi mengenai istilah-istilah yang ada pada ponsel android oppo mengenai RAM, ROM, Internal Storage, Phone Storage, atau USB Storage Android oppo dan Penyebab Mengapa Kapasitas Memori yang tercantum di Ponsel tidak sesuai dengan Perangkat Sistem Ponsel Android oppo tersebut? Berikut Informasi selengkapnya ; Pola penyimpanan file di dalam perangkat ponsel atau android oppo terbagi menjadi dua atau tiga bagian, yakni ;


1. Untuk ponsel android generasi awal biasanya terbagi menjadi dua bagian memori, yakni Internal Storage atau SD Card
2. Untuk Hp yang tidak memiliki Slot SD Card terbagi menjadi dua bagian, yakni Internal/System Storage dan Phone/USB Storage.
3. Untuk ponsel dan tablet android pada saat ini pada umumnya terbagi menjadi tiga bagian, yakni Internal/System Storage, Phone/USB Storage, dan SD Card.





Penjelasan secara lengkap mengenai perbedaan istilah memori pada ponsel android oppo ;
1. Internal Storage/System Storage digunakan untuk menyimpan file yang berkaitan dengan aplikasi atau game serta tidak dapat menyimpan konten pengguna seperti foto, video, musik, dokumen, dan sebagainya. Setiap kali anda melakukan instalasi game/aplikasi, maka kapasitas memori akan berkurang.
2. Phone Storage/USB Storage digunakan untuk menyimpan file aplikasi dan game tapi tetap dapat untuk menyimpan semua jenis file yang lain seperi foto, dokumen, dsb.
3. SD Card/Kartu SD biasanya terinstal di perangkat Android oppo. Bentuk SD Card semacam kartu kecil dan dapat dilepas pasang dan dapat diganti besaran kapasitasnya. Fungsi SD Card ialah untuk menyimpan file pengguna berupa foto, video, musik, dll.
Jika spesifikasi yang tercantum pada memori telepon, biasanya total dari System Storage + Phone (USB) Storage. Besaran pembagiannya antara system storage dengan phone stoarge berbeda-beda pada tiap produsen, tergantung dari pengaturan pabrik, ada yang dibagi 50:50, ada yang lebih banyak USB Storage dibanding system storage dan sebaliknya. Sebagai contoh, pada spesifikasi tertulis memori internal 4 GB, maka 4 GB tersebut terdiri dari 1GB System Storage, 2GB Phone Storage, sedangkan 1GB sisanya digunakan untuk file instalasi sistem operasi android oppo atau dsebut dengan ROM (Read Only Memory).

Tentang RAM
RAM disingkat dengan Random Access Memory, difungsikan untuk menyimpan data sementara, processor membutuhkan data atau informasi berkecepatan tinggi setiap kali ingin melakukan proses dan data-data tersebut diambil dari RAM. Karena kegunaannya tersebut, kecepatan transfer (transfer rate) RAM di bentuk jauh lebih tinggi dibandingkan memori biasa. Processor yang memiliki kinerja baik jika digabungkan dengan kapasitas RAM yang lebih kecil kerjanya tidak dapat optimal. Jika anda memutuskan untuk membeli sebuah ponsel android oppo, ternyata besar RAM tidak sesuai yang tercantum di spesifikasi, maka hal tersebut bisa dikatakan wajar, karena RAM yang terbaca merupakan besaran RAM yang dapat difungsikan untuk menjalankan aplikasi dan game yang tidak dapat terbaca untuk menjalankan sistem android oppo.

Baca Juga

Tentang Kapasitas SD Card
Saat anda memulai untuk membeli SD Card, adakala pasti melihat tulisan yang tertera pada kartu/box memori yang berbeda dengan perangkat anda, sehingga memunculkan pertanyaan, apakah micro sd telah berkurang padahal belum diisi apa-apa? Hal tersebut disebabkan karena cara penghitungan dari produsen memori dengan cara ponsel android oppo membaca memori. Kapasitas memori umumnya dikenal dengan sebutan Byte, Kilobyte, Megabyte, Gigabyte, Terrabyte, dsb. Produsen SD Card menggunakan satuan 1000 untuk setiap tingkatannya, jadi 1 GB = 1000 x 1000 x 1000 byte, 1 MB = 1000 x 1000 byte, 1 Kb = 1000 byte, sedangkan untuk ponsel android oppo menggunakan 1024 untuk setiap satuannya, jadi 1 GB = 1024x1024x1024 Byte, 1 MB = 1024 x 1024 Byte, dan 1 Kb = 1024 Byte. Hal inilah yang membuat kapasitas SD Card yang tertulis tidak dapat terbaca, Anda membeli MicroSD berkapasitas 32 GB, maka kapasitas aktual yang terbaca adalah sekitar : 32 GB = 32 000 000 000 : 1024 : 1024 : 1024 = 29, 802 GB.

Tentang Bit dan Byte
Beberapa produsen ponsel yang menggunakan satuan yang tidak berstandar dalam menuliskan satuan memori, dikarenakan untuk mengelabui calon pembeli yang kurang teliti dan cermat serta berpikir bahwa spesifikasi produk yang dibeli lebih baik daripada yang sebenarnya,  Caranya adalah dengan menuliskan spesifikasi dengan menggunakan satuan bit (b/huruf “b” kecil) dan bukan byte (B/ huruf B besar).  Perbandingan antara Byte dengan Bit adalah sekitar 1 : 8. Sebagai contoh di spesifkasi tertera besaran RAM sebesar 1Gb (Gigabit), maka besar kapasitas RAM kalau dihitung berdasarkan satuan byte sebagai berikut 1 Gb (Gigabit) = 1024 Mb (Megabit) : 8 = 128 MB (MegaByte).